Manajemen Program Gerakan Literasi Sekolah di SMP Islam Az-Zhahiriyah
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manajemen program gerakan literasi di SMP Islam Az-Zhahiriyah Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi data dan penyajian data dalam bentuk naratif. Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) perencanaan gerakan literasi sekolah dilakukan dengan mengadakan rapat agar dapat dukungan dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, kesiswaan, dan sarana prasarana untuk mengadakan program gerakan literasi sekolah, 2) pelaksanaan gerakan literasi sekolah dilaksanakan dengan tiga tahapan sebagaimana pada buku pedoman gerakan literasi sekolah menengah pertama, dan 3) evaluasi gerakan literasi sekolah dilakukan dengan dua kegiatan inti yaitu melakukan penilain dan perbaikan.
Article Details
How to Cite
[1]
“Manajemen Program Gerakan Literasi Sekolah di SMP Islam Az-Zhahiriyah”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 319–324, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6829.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Manajemen Program Gerakan Literasi Sekolah di SMP Islam Az-Zhahiriyah”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 319–324, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6829.
References
Hikmat, Manajemen Pendidikan Pengantar Prof.Dr.Akdon.M.Pd (Bandung: Pustaka Setia, 2009) (Guru Besar ,Manajemen Pendidikan UPI)
Wand, Edwin, And Brown, Gerald W. (1957). Essentials Of Educational Evaluation, New York: Holt Rinehart And Winston
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: KeIslaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1 - 14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Zaini, H., Hadi, A., Sofyan, F. A., & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1).
Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti
Wand, Edwin, And Brown, Gerald W. (1957). Essentials Of Educational Evaluation, New York: Holt Rinehart And Winston
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: KeIslaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1 - 14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Zaini, H., Hadi, A., Sofyan, F. A., & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1).
Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti