Implementasi Manajemen Kurikulum 2013 di SMP IT Az-Zhahiriah

Main Article Content

Iqrimah Silvi Ulviana
Abubakar Abubakar
Khalid Ramdhani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum 2013 di SMP IT Az-Zhahiriah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi data dan penyajian data dalam bentuk naratif. Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) perencanaan kurikulum 2013 di SMP IT Az-Zhahiriah terbagi menjadi dua yaitu perencanaan kurikulum internal dan eksternal. Perencanaan internal meliputi a) penyusunan perangkat pembelajaran; b) pembuatan  kalender akademik; c) menganalisa kebutuhan guru, mengintegrasikan kurikulum umum dan tahfiz, menyesuaikan dengan silabus yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Sedangkan perencanaan eksternal yaitu dengan mengundang pengawas untuk sosialisasi terkait perangkat pembelajaran; dan 2) evaluasi manajemen kurikulum dilakukan dengan  a) evaluasi input yang meliputi alokasi waktu evaluasi mingguan, semester, dan tahunan; b) evaluasi proses yang meliputi pembahasan evaluasi dimana dalam pembahasan evaluasi yaitu yang berkaitan dengan permasalahan-permasalahan yang belum tuntas tentang perangkat pembelajaran dan penyebaran angket ke siswa; dan c) evaluasi output yang meliputi perbaikan kurikulum kedepannya.

Article Details

How to Cite
[1]
“Implementasi Manajemen Kurikulum 2013 di SMP IT Az-Zhahiriah”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 303–308, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6830.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Implementasi Manajemen Kurikulum 2013 di SMP IT Az-Zhahiriah”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 303–308, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6830.

References

Djuwarijah. 2008. Strategi Peningkatan Manajemen Kurikulum Dalam Pengembangan Mutu SDM Menuju Terwujudnya Lulusan Madrasah Aliyah Berwawasan Internasional. El-Tarbawi. Vol. 1. No. 2
Tim Redaksi Sinar Grafika. 2007. Undang-Undang Sisdiknas 2003 (Jakarta: Sinar Grafika) Undang-Undang Guru dan Dosen:UU RI No.14 Th. 2005 dan Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional)UU RI No. 20 Th. 2003(Asa Mandiri, 2007)
Hamalik, Oemar. 2011. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Bandung: Remaja Rosdakarya.
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: KeIslaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1 - 14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Zaini, H., Hadi, A., Sofyan, F. A., & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1).
Kurinasih, Imas dan Berlin Sani. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution S. 2010. Kurikulum dan Pengajaran. Bumi Aksara
Hamid Hasan, S. 2009. Evaluasi Kurikulum (Bandung: Remaja Rosdakarya)