Implementasi Manajemen Kurikulum 2013 di SMP IT Az-Zhahiriah
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum 2013 di SMP IT Az-Zhahiriah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi data dan penyajian data dalam bentuk naratif. Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) perencanaan kurikulum 2013 di SMP IT Az-Zhahiriah terbagi menjadi dua yaitu perencanaan kurikulum internal dan eksternal. Perencanaan internal meliputi a) penyusunan perangkat pembelajaran; b) pembuatan kalender akademik; c) menganalisa kebutuhan guru, mengintegrasikan kurikulum umum dan tahfiz, menyesuaikan dengan silabus yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Sedangkan perencanaan eksternal yaitu dengan mengundang pengawas untuk sosialisasi terkait perangkat pembelajaran; dan 2) evaluasi manajemen kurikulum dilakukan dengan a) evaluasi input yang meliputi alokasi waktu evaluasi mingguan, semester, dan tahunan; b) evaluasi proses yang meliputi pembahasan evaluasi dimana dalam pembahasan evaluasi yaitu yang berkaitan dengan permasalahan-permasalahan yang belum tuntas tentang perangkat pembelajaran dan penyebaran angket ke siswa; dan c) evaluasi output yang meliputi perbaikan kurikulum kedepannya.
Article Details
How to Cite
[1]
“Implementasi Manajemen Kurikulum 2013 di SMP IT Az-Zhahiriah”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 303–308, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6830.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Implementasi Manajemen Kurikulum 2013 di SMP IT Az-Zhahiriah”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 303–308, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6830.
References
Djuwarijah. 2008. Strategi Peningkatan Manajemen Kurikulum Dalam Pengembangan Mutu SDM Menuju Terwujudnya Lulusan Madrasah Aliyah Berwawasan Internasional. El-Tarbawi. Vol. 1. No. 2
Tim Redaksi Sinar Grafika. 2007. Undang-Undang Sisdiknas 2003 (Jakarta: Sinar Grafika) Undang-Undang Guru dan Dosen:UU RI No.14 Th. 2005 dan Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional)UU RI No. 20 Th. 2003(Asa Mandiri, 2007)
Hamalik, Oemar. 2011. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Bandung: Remaja Rosdakarya.
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: KeIslaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1 - 14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Zaini, H., Hadi, A., Sofyan, F. A., & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1).
Kurinasih, Imas dan Berlin Sani. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution S. 2010. Kurikulum dan Pengajaran. Bumi Aksara
Hamid Hasan, S. 2009. Evaluasi Kurikulum (Bandung: Remaja Rosdakarya)
Tim Redaksi Sinar Grafika. 2007. Undang-Undang Sisdiknas 2003 (Jakarta: Sinar Grafika) Undang-Undang Guru dan Dosen:UU RI No.14 Th. 2005 dan Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional)UU RI No. 20 Th. 2003(Asa Mandiri, 2007)
Hamalik, Oemar. 2011. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Bandung: Remaja Rosdakarya.
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: KeIslaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1 - 14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Zaini, H., Hadi, A., Sofyan, F. A., & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1).
Kurinasih, Imas dan Berlin Sani. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution S. 2010. Kurikulum dan Pengajaran. Bumi Aksara
Hamid Hasan, S. 2009. Evaluasi Kurikulum (Bandung: Remaja Rosdakarya)