Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia Siswa

Main Article Content

Abdul Rokhman
Muhammad Hanief
Dwi Fitri Wiyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang ditanamkan di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Kraton Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian yaitu berupa pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, pengujian keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) nilai-nilai pendidikan Islam yang ditanamkan yaitu keikhlasan, kedisiplinan, amanah, tawadhu’, dan istiqomah; 2) proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung maupun diluar pembelajaran dan juga melalui kegiatan-kegiatan keagamaan dan pembiasaan sekolah seperti istighosah, sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, dan hafalan surah-surah pendek Al-Qur’an; dan 3)  dampak internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam membentuk akhlak mulia siswa adalah terbiasa melaksanakan ibadah, terbentuknya akhlak al-karimah siswa, keakraban dengan teman yang lain, memiliki kepedulian terhadap orang lain yang terkena musibah, bersikap toleran, dan taat peraturan.

Article Details

How to Cite
“Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Siswa”. Intizar 29, no. 2 (December 30, 2023). Accessed October 14, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/17012.
Section
Artikel

How to Cite

“Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Siswa”. Intizar 29, no. 2 (December 30, 2023). Accessed October 14, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/17012.