Pemikiran Pendidikan Pesantren K.H. Hasyim Asy’ari dan Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia

Main Article Content

Faisal Faisal
Munir Munir
Afriantoni Afriantoni
Mardiah Astuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan pesantren tradisional K.H. Hasyim Asy’ari selama 48 tahun memimpin Pesantren Tebuireng. Penelitian ini merupakan penelitian kepustrakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif.  Adapun sumber data yang digunakan adalah buku-buku tentang biografi K.H. Hasyim Asy’ari dan website Pesantren Tebuireng. Kemudian data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada beberapa pemikiran yang ditawarkan oleh K.H. Hasyim Asy’ari yang identik dengan pengelolaan pesantren tradisional terdapat pada enam konsep, pertama, tujuan pendidikan adalah ibadah mengharap rida Allah Swt. untuk kebahagaian di dunia dan akhirat, mendidik calon ulama yang menguasiai pengetahuan umum (ulama intelektual) dan sarjana dalam bidang pengetahuan umum yang juga menguasai pengetahuan Islam (intelektual ulama). Kedua, pendidik terkait etika pendidik, etika ketika mengajar, dan etika pendidik kepada peserta didik. Ketiga, peserta didik terkait etika peserta didik selama belajar, etika kepada guru, dan etika terhadap mata pelajaran. Keempat, kurikulum terkait pengetahuan agama yang bersumber dari kitab kuning dan pengetahuan umum. Kelima, metode pembelajaran yaitu metode wetonan dan sorogan, metode hafalan, muhawarat, dan metode mudhaharat. dan keenam, evaluasi terkait tes lisan, tertulis, dan pengamatan.

Article Details

How to Cite
“Pemikiran Pendidikan Pesantren K.H. Hasyim Asy’ari Dan Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia”. Intizar 27, no. 1 (July 1, 2021): 45–56. Accessed April 18, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/8730.
Section
Artikel

How to Cite

“Pemikiran Pendidikan Pesantren K.H. Hasyim Asy’ari Dan Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia”. Intizar 27, no. 1 (July 1, 2021): 45–56. Accessed April 18, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/8730.

References

Amiruddin, M. F. (2018). Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Hasyim Asy’ari. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 17–31.
Arifin, I. (1993). Kepemimpinan Kiai: Kasus Pondok Pesantren Tebuireng. Kalimasada Press.
Bull, R. A. L. (2004). Jihad Ala Pesantren di Mata Antropologi Amerika. Gema Media.
Dhofier, Z. (1985). Tradisi Pesantren:, Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai. LP3ES.
Fata, A. K., & Najib, M. A. (2014). Kontekstualisasi Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari Tentang Persatuan Umat Islam. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 38(2).
Fox, J. J. (1991). Ziarah Visits to the Tombs of the Wali, the Founders of Islam on Java. Islam in the Indonesian Social Context, 19–38.
Haedari, A. (2004). Masa Depan Pesantren. IRD Press.
Harahap, S. (2006). Metodologi Studi Tokoh Pemikiran Islam. Istiqamah Mulya Press.
Ibrahim, R., & Syaodih, N. (2010). Perencanaan Pengajaran. Rineka Cipta.
Khuluq, L. (2001). Fajar Kebangunan Ulama : Biografi K.H. Hasyim Asy’ari. LKiS.
Kurniawan, S., & Marhus, E. (2011). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Ar-Ruzz Media.
Lbs, M. (2020). Konsep Pendidikan menurut Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari. Jurnal As-Salam, 4(1), 79–94.
Mujib. (2004). Intelektualisme Pesantren. Diva Pustaka.
Muthoharoh, M. (2011). Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari tentang Pendidikan. Miftahul Muthoharoh. http://miftahul-muthoharoh.blogspot.com/2011/11/pemikiran-khhasyim-asyari-tentang.html
Niswah, C. (2010). Sejarah Pendidikan Islam (Timur Tenggah dan Indonesia). Rafah Press.
Nizar, M. C. (2017). Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang Persatuan. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 1(1), 63–74.
Nurhadi, R. (2017). Pendidikan Nasionalisme-Agamis dalam Pandangan KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy’ari. CAKRAWALA: Jurnal Studi Islam, 12(2), 121–132.
Putra, A. (2016). Pemikiran Hadis KH. M. Hasyim Asy’ari dan Kontribusinya terhadap Kajian Hadis di Indonesia. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 1(1), 46–55.
Sahal, M. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut KH Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’alim. IAIN Raden Intan Lampung.
Taufik, S. I. (2008). Konsep pendidikan Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim dalam perspektif progresivisme. IAIN Walisongo.
Us, K. A. (2010). Kepemimpinan kiai pesantren: studi terhadap pondok pesantren di kota jambi. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 25(2), 37095.
Zuhro, F. (2014). Pemikiran pendidikan Islam menurut KH Hasyim Asy’ari. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.