Pemikiran Pendidikan Pesantren K.H. Hasyim Asy’ari dan Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan pesantren tradisional K.H. Hasyim Asy’ari selama 48 tahun memimpin Pesantren Tebuireng. Penelitian ini merupakan penelitian kepustrakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah buku-buku tentang biografi K.H. Hasyim Asy’ari dan website Pesantren Tebuireng. Kemudian data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada beberapa pemikiran yang ditawarkan oleh K.H. Hasyim Asy’ari yang identik dengan pengelolaan pesantren tradisional terdapat pada enam konsep, pertama, tujuan pendidikan adalah ibadah mengharap rida Allah Swt. untuk kebahagaian di dunia dan akhirat, mendidik calon ulama yang menguasiai pengetahuan umum (ulama intelektual) dan sarjana dalam bidang pengetahuan umum yang juga menguasai pengetahuan Islam (intelektual ulama). Kedua, pendidik terkait etika pendidik, etika ketika mengajar, dan etika pendidik kepada peserta didik. Ketiga, peserta didik terkait etika peserta didik selama belajar, etika kepada guru, dan etika terhadap mata pelajaran. Keempat, kurikulum terkait pengetahuan agama yang bersumber dari kitab kuning dan pengetahuan umum. Kelima, metode pembelajaran yaitu metode wetonan dan sorogan, metode hafalan, muhawarat, dan metode mudhaharat. dan keenam, evaluasi terkait tes lisan, tertulis, dan pengamatan.
Article Details
How to Cite
“Pemikiran Pendidikan Pesantren K.H. Hasyim Asy’ari Dan Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia”. Intizar 27, no. 1 (July 1, 2021): 45–56. Accessed April 18, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/8730.
Section
Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
“Pemikiran Pendidikan Pesantren K.H. Hasyim Asy’ari Dan Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia”. Intizar 27, no. 1 (July 1, 2021): 45–56. Accessed April 18, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/8730.
References
Amiruddin, M. F. (2018). Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Hasyim Asy’ari. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 17–31.
Arifin, I. (1993). Kepemimpinan Kiai: Kasus Pondok Pesantren Tebuireng. Kalimasada Press.
Bull, R. A. L. (2004). Jihad Ala Pesantren di Mata Antropologi Amerika. Gema Media.
Dhofier, Z. (1985). Tradisi Pesantren:, Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai. LP3ES.
Fata, A. K., & Najib, M. A. (2014). Kontekstualisasi Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari Tentang Persatuan Umat Islam. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 38(2).
Fox, J. J. (1991). Ziarah Visits to the Tombs of the Wali, the Founders of Islam on Java. Islam in the Indonesian Social Context, 19–38.
Haedari, A. (2004). Masa Depan Pesantren. IRD Press.
Harahap, S. (2006). Metodologi Studi Tokoh Pemikiran Islam. Istiqamah Mulya Press.
Ibrahim, R., & Syaodih, N. (2010). Perencanaan Pengajaran. Rineka Cipta.
Khuluq, L. (2001). Fajar Kebangunan Ulama : Biografi K.H. Hasyim Asy’ari. LKiS.
Kurniawan, S., & Marhus, E. (2011). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Ar-Ruzz Media.
Lbs, M. (2020). Konsep Pendidikan menurut Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari. Jurnal As-Salam, 4(1), 79–94.
Mujib. (2004). Intelektualisme Pesantren. Diva Pustaka.
Muthoharoh, M. (2011). Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari tentang Pendidikan. Miftahul Muthoharoh. http://miftahul-muthoharoh.blogspot.com/2011/11/pemikiran-khhasyim-asyari-tentang.html
Niswah, C. (2010). Sejarah Pendidikan Islam (Timur Tenggah dan Indonesia). Rafah Press.
Nizar, M. C. (2017). Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang Persatuan. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 1(1), 63–74.
Nurhadi, R. (2017). Pendidikan Nasionalisme-Agamis dalam Pandangan KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy’ari. CAKRAWALA: Jurnal Studi Islam, 12(2), 121–132.
Putra, A. (2016). Pemikiran Hadis KH. M. Hasyim Asy’ari dan Kontribusinya terhadap Kajian Hadis di Indonesia. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 1(1), 46–55.
Sahal, M. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut KH Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’alim. IAIN Raden Intan Lampung.
Taufik, S. I. (2008). Konsep pendidikan Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim dalam perspektif progresivisme. IAIN Walisongo.
Us, K. A. (2010). Kepemimpinan kiai pesantren: studi terhadap pondok pesantren di kota jambi. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 25(2), 37095.
Zuhro, F. (2014). Pemikiran pendidikan Islam menurut KH Hasyim Asy’ari. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Arifin, I. (1993). Kepemimpinan Kiai: Kasus Pondok Pesantren Tebuireng. Kalimasada Press.
Bull, R. A. L. (2004). Jihad Ala Pesantren di Mata Antropologi Amerika. Gema Media.
Dhofier, Z. (1985). Tradisi Pesantren:, Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai. LP3ES.
Fata, A. K., & Najib, M. A. (2014). Kontekstualisasi Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari Tentang Persatuan Umat Islam. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 38(2).
Fox, J. J. (1991). Ziarah Visits to the Tombs of the Wali, the Founders of Islam on Java. Islam in the Indonesian Social Context, 19–38.
Haedari, A. (2004). Masa Depan Pesantren. IRD Press.
Harahap, S. (2006). Metodologi Studi Tokoh Pemikiran Islam. Istiqamah Mulya Press.
Ibrahim, R., & Syaodih, N. (2010). Perencanaan Pengajaran. Rineka Cipta.
Khuluq, L. (2001). Fajar Kebangunan Ulama : Biografi K.H. Hasyim Asy’ari. LKiS.
Kurniawan, S., & Marhus, E. (2011). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Ar-Ruzz Media.
Lbs, M. (2020). Konsep Pendidikan menurut Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari. Jurnal As-Salam, 4(1), 79–94.
Mujib. (2004). Intelektualisme Pesantren. Diva Pustaka.
Muthoharoh, M. (2011). Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari tentang Pendidikan. Miftahul Muthoharoh. http://miftahul-muthoharoh.blogspot.com/2011/11/pemikiran-khhasyim-asyari-tentang.html
Niswah, C. (2010). Sejarah Pendidikan Islam (Timur Tenggah dan Indonesia). Rafah Press.
Nizar, M. C. (2017). Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang Persatuan. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 1(1), 63–74.
Nurhadi, R. (2017). Pendidikan Nasionalisme-Agamis dalam Pandangan KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy’ari. CAKRAWALA: Jurnal Studi Islam, 12(2), 121–132.
Putra, A. (2016). Pemikiran Hadis KH. M. Hasyim Asy’ari dan Kontribusinya terhadap Kajian Hadis di Indonesia. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 1(1), 46–55.
Sahal, M. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut KH Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’alim. IAIN Raden Intan Lampung.
Taufik, S. I. (2008). Konsep pendidikan Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim dalam perspektif progresivisme. IAIN Walisongo.
Us, K. A. (2010). Kepemimpinan kiai pesantren: studi terhadap pondok pesantren di kota jambi. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 25(2), 37095.
Zuhro, F. (2014). Pemikiran pendidikan Islam menurut KH Hasyim Asy’ari. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.