Implementasi Hidden Curriculum Melalui Ekstrakurikuler Keagamaan: Studi Kasus
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program pembinaan keberagamaan siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dan implementasi hidden curriculum di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif analitis, maka dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan analisis datanya menggunakan analisis data model Milles dan Huberman, yaitu melalui proses reduksi, display dan verifikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi hidden curriculum dalam ekstrakurikuler keagamaan melalui tiga cara yaitu 1) kegiatan rutin yaitu doa bersama, salat zuhur berjamaah, salat Duha, salaman pagi, dan silaturahmi siswa dengan guru; 2) kegiatan mingguan yaitu Tahsinul Qur’an, Marhaba, Barzanji. Muhadhoroh, dan salat Jumat; dan 3) keteladanan guru yaitu kedisplinan, silaturahmi dewan guru, berpakaian rapi dan sopan, dan hidup Bersih.
Article Details
How to Cite
“Implementasi Hidden Curriculum Melalui Ekstrakurikuler Keagamaan: Studi Kasus”. Intizar 27, no. 1 (July 1, 2021): 57–65. Accessed April 18, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/8741.
Section
Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
“Implementasi Hidden Curriculum Melalui Ekstrakurikuler Keagamaan: Studi Kasus”. Intizar 27, no. 1 (July 1, 2021): 57–65. Accessed April 18, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/8741.
References
Balantine, J. H. (1983). The Sociology of Education a Systematic Analysis. Intence Hall Inc.
BNN. (2016). Hasil Survei Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba pada Kelompok Pelajar dan Mahasiswa di 18 Provinsi Tahun 2016. Badan Narkotika Nasional. http://www.bnn.go.id/_multimedia/document/20170227/ringkasan_eksekutif_rev_cetak_18_feb.pdf
Fajar, A. (2012). Pembinaan Akhlak melalui Tahfidh Al-Qur’an: Studi Deskriptif Analitis di PesantrenPersatuan Islam Karangpawitan Tingkat Tsanawiyah Garut. Universitas Pendidikan Indonesia.
Fajar, A. M. (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Hidayat, R. (2011). Pengantar Sosiologi Kurikulum. Rajawali Pers.
Kosasih, A., & Fahrudin, S. A. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran PAI Melalui Pembinaan Keaagamaan Berbasis Tutorial Menuju Terciptanya Kampus UPI Religius. Jurnal Penelitian Vol, 9(1).
Latifah, Y., Fakhruddin, A., & Suresman, E. (2015). Pembinaan Keagamaan Siswa Smp Di Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 2(2), 137–150.
Martalinda, E. (2011). Meningkatkan Prestasi dan Prestise SMA Negeri 6 Palembang Unggulan Berbasis Imtak Melalui Pemberdayaan Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis.
Muhaimin. (2009). Rekonstruksi Pendidikan Islam: dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Noor, R. M. (2012). The Hidden Curriculum (Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler). Insan Madani.
Palembang, M. 3. (2015). Program Asrama MAN 3 Palembang. MAN 3 Palembang.
Palembang, S. P. N. 17. (2015). SMA Plus Negeri 17 Palembang.
Penyusun, T. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Pemerintah Republik Indonesia.
Rindawan, S. (2014). Evaluasi pelaksanaan program iman dan taqwa SMPN di kecamatan Gerung. Jurnal Evaluasi Pendidikan–Volume, 2(1).
Shodiq, S. (2012). Strategi Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa di Sekolah Dasar Negeri Tlogoarum 01 dan Sekolah Dasar Negeri Trangkilan Kecamatan Wedari Jaksa Kabupaten Pati. IAIN Walisongo.
Suryana, E., & Maryamah, M. (2013). Pembinaan keberagamaan Siswa Melalui Pengembangan Budaya Agama di SMA Negeri 16 Palembang. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 18(02), 169–214.
BNN. (2016). Hasil Survei Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba pada Kelompok Pelajar dan Mahasiswa di 18 Provinsi Tahun 2016. Badan Narkotika Nasional. http://www.bnn.go.id/_multimedia/document/20170227/ringkasan_eksekutif_rev_cetak_18_feb.pdf
Fajar, A. (2012). Pembinaan Akhlak melalui Tahfidh Al-Qur’an: Studi Deskriptif Analitis di PesantrenPersatuan Islam Karangpawitan Tingkat Tsanawiyah Garut. Universitas Pendidikan Indonesia.
Fajar, A. M. (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Hidayat, R. (2011). Pengantar Sosiologi Kurikulum. Rajawali Pers.
Kosasih, A., & Fahrudin, S. A. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran PAI Melalui Pembinaan Keaagamaan Berbasis Tutorial Menuju Terciptanya Kampus UPI Religius. Jurnal Penelitian Vol, 9(1).
Latifah, Y., Fakhruddin, A., & Suresman, E. (2015). Pembinaan Keagamaan Siswa Smp Di Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 2(2), 137–150.
Martalinda, E. (2011). Meningkatkan Prestasi dan Prestise SMA Negeri 6 Palembang Unggulan Berbasis Imtak Melalui Pemberdayaan Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis.
Muhaimin. (2009). Rekonstruksi Pendidikan Islam: dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Noor, R. M. (2012). The Hidden Curriculum (Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler). Insan Madani.
Palembang, M. 3. (2015). Program Asrama MAN 3 Palembang. MAN 3 Palembang.
Palembang, S. P. N. 17. (2015). SMA Plus Negeri 17 Palembang.
Penyusun, T. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Pemerintah Republik Indonesia.
Rindawan, S. (2014). Evaluasi pelaksanaan program iman dan taqwa SMPN di kecamatan Gerung. Jurnal Evaluasi Pendidikan–Volume, 2(1).
Shodiq, S. (2012). Strategi Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa di Sekolah Dasar Negeri Tlogoarum 01 dan Sekolah Dasar Negeri Trangkilan Kecamatan Wedari Jaksa Kabupaten Pati. IAIN Walisongo.
Suryana, E., & Maryamah, M. (2013). Pembinaan keberagamaan Siswa Melalui Pengembangan Budaya Agama di SMA Negeri 16 Palembang. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 18(02), 169–214.