Paired Storytelling Learning to Improve Students' Speaking Skill at Elementary School
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2442–9511. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800/http
Adini, D., Nikmah, A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Buluh 2. 618–625.
Agung, A., & Dewi, I. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3).
Anggun Firdausia, T., Prima Artharina, F., & Arief Budiman, M. (2021). Implementasi Model Paired Story Telling Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Ketrampilan Bercerita Siswa Kelas Iv Tema Kayanya Negeriku Sdn 4 Damarjati Kalinyamatan Jepara. Dwijaloka, 02, 139–142.
Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327–7333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3495
Aripi, A., & Rohani, R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Komunikatif. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 155–170. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.1046
Bayu Permana, W., Wachid Bambang Suharto, A., & Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto, U. (2024). Melatih Keterampilan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Wawancara Kelas 3 MIN 1 Banyumas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.6746
Br Sitepu, L., Simanungkalit, E., Simanjuntak, E. B., Faisal, & Sembiring, M. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Tema 1 Subtema 1 Kelas 3 Sd Negeri 105401 Namo Linting. Indonesian Journal Of Languange and Literature, 01, 100–106.
Brada, E., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2023). Penerapan model pembelajaran paired story telling untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 149–159. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.6486
Damayanti, R., Yudiana, K., & Antara, P. A. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 3(2), 81–91. https://doi.org/10.23887/iji.v3i2.49164
Elita, N., & Suci Perwita Sari. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Paired Storrytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 104255 Paluh Sibaji. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(2), 86–97. https://doi.org/10.47766/ga.v3i2.726
Farhan Arib, M., Suci Rahayu, M., Sidorj, R. A., & Win Afgani, M. (2024). Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan. Journal Of Social Science Research, 4, 5497–5511.
Fitri, ||, Sayidah, K., || H., Keterampilan, H., Khoiroh, F., Harahap, S., Ulkhaira, N., Puspitasari, P., & Sahla Nasution, J. (2024). Hakikat Keterampilan Berbicara pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).
Fitri, N., & Rambe, R. N. (2024). Pengaruh Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas Iv Sd/Mi. Research and Development Journal of Education, 10(2), 1282. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25882
Fitriani Basri, O., & Sahib, H. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cetak) Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(8).
Hadaina Rusyda, S., Sanusi, far, Guru Madrasah Ibtidaiyah, P., Jakarta Jl Juanda No, U. H., & Tangerang Selatan, K. (2024). Pengaruh Model Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Bercerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar, 4(1), 49–57. https://doi.org/10.15408/elementar.v4i1
Hasnah Annisa, D., Wayan, N., Susanti, M., & Wardana, L. A. (2022). The Effect Of Storytelling On Students’ Speaking Ability. Journal of English Education Forum, 2(2#).
Jannah, M., & Darwis, U. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah 43 Firdaus. Eduglobal: Jurnal Penelitian Pendidikan , 01, 1–16.
Juli Laurensia Br Ginting, & Rosmaini Rosmaini. (2024). Pengaruh Model Paired Storytelling terhadap Keterampilan Berbicara pada Materi Menceritakan Kembali Isi Fabel di Kelas VII SMP Negeri 1 Tigabinanga. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(4), 77–89. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i4.1725
Maharani, A., Anas, N., & Zunidar. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edukatif, 2(2), 383–390. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/edukatif
Marlinda, N., Surahman, B., & Mukti, W. A. H. (2024). Penerapan Metode Paired Storytelling dan pengaruh terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Innovative Teaching and Learning , 1, 98–104. https://ojs.aeducia.org/index.php/ijitl/article/view/48
Muadilah, Q., & Rohana, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling The Influence of Paired Storytelling Learning Model on Speaking Skill of Elementary School Students in Bulukumba Regency. 100–113.
Mufidatul Khusna, Debby Rahmawati, Befa Damai Revolusi, Shofiatul Karimah, Gesti Kinasih Hardhini, & Conny Dian Sumadi. (2023). Identifikasi Keterampilan Berbicara Yang Diajarkan Guru Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 19–26. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1541
Munadah, S., Ibda, H., & Fadloli Al Hakim, M. (2023). Peningkatan keterampilan berbicara siswa SD melalui program SAPU TUWA. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 7(2), 136–155. https://doi.org/10.32505/azkiya.v7i2.4822
Muthi’ah, M., Kasiyun, S., Ghufron, H. S., & Marianti, P. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bermain Peran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5289–5298. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2543
Nurfaizah, A., Nurhaedah, A., & Selti, R. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Paired Story Telling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Negeri Bontoramba Kabupaten Gowa. Pinisi: Journal Of Education , 2(1).
Rahma Dita, Sapri Sapri, & Lailatun Nur Kamalia Siregar. (2024). Pengaruh Model Storytelling terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Bergambar pada Siswa Kelas V MIS Insan Ikhlas Islamic School Medan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 88–100. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2919
Raihan Kamilah, H., Hermaen, D., & Fatin Fauziyyah, D. (2023). Implikasi Teknik Paired Storytelling Pada Pembelajaran Teks Cerita Inspiratif. In Jurnal Pesona (Vol. 9, Issue 1).
Ramadhaniar, R., Rafida, T., & Hasibuan, H. Br. (2022). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Bernyanyi Terhadap Kemampuan Membaca Iqro’ Anak Usia Dini. Jurnal Basicedu, 6(1), 717–725. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2035
RayhanNur, Ananda, R., Syahrul Rizal, M., & Syafari Jamel Sutiyan, O. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2).
Rifai, M. (2021). Penerapan Model Discovery Learning berbantuan Video dalam Pembelajaran IPS guna meningkatkan HOTS Siswa Kelas VIIA SMPN 3 Sambit. In Jurnal Pendidikan Multidisipliner (Vol. 1, Issue 1). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/WEWARAH
Rikmasari, R., & Hakim, M. N. (2023). Model Pembelajaran Paired Storytelling Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. In Pedagogik: Vol. XI (Issue 1).
Safitri, R. S., & Safaat, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Paired Story Telling Berbantuan Media Video Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Dongeng Fabel Siswa Kelas IV SDN Jatisampurna X. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 4(1), 123–128. https://doi.org/10.37012/jpkmht.v4i1.2176
Saputra, I. B. M. Y. M., Musaddat, S., & Angga, P. D. (2024). Pengaruh Metode Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9789
Suryana, E., Prasyur Aprina, M., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan , 5(7), 2614–8854. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Syahrani, A., Adrias, & Syam, S. S. (2025). Keterampilan Berbicara Siswa Sebagai Faktor Penunjang Sikap Percaya Diri Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial , 3(2).
Syahruddin, Fachruddin, & Mardianto. (2017). Pengaruh Strategi Everyone is A Teacher Here (ETH), Contextual Teaching and Learning (CTL), Dan Crossword Puzzle (CWP) Serta Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTS Darul Falah Aek Songsongan. Ittihad, 1(2).
Syarif, A., Suryana, A., & Nasional Laa Roiba Bogor Hayatul Istiqomah, I. (2024). Pembelajaran Teknik Bercerita Berpasangan (Paired Story Telling) Pada Pelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Journal Edusociety, 01, 19–27. https://doi.org/10.xxxxxx/xxxx.v1i1.xxx
Syarizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1).
Tyas Kinasih, M., Winarni, R., Ismail Sriyanto, M., & Guru Sekolah Dasar, P. (2020). Penggunaan model pembelajaran paired storytelling untuk meningkatkan keterampilan menceritakan kembali pada peserta didik kelas II sekolah dasar. DIDAKTIKA DWIJA INDRIA, 8(2).
Widana, I. K., & Mustikayasa, G. (2021). Pola Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Siswa Siswi Di Sd Negeri 1 Tajun. Jurnal Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 1(1).