Analysis of The Differentiated Learning Implementation in Science and Social Science Learning on the Independent Curriculum at Elementary School
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Astuti, Ika, and Achmad Ruslan Afendi. 2022. “Implementation of Differentiated Learning Through Play Activities in Early Childhood.” EduLine: Journal of Education and Learning Innovation 2(3):358–65. doi: 10.35877/454ri.eduline1264.
Avandra Ricky, and Desyandri. 2023. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas Vi Sd.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8(2):2944–60. doi: 10.36989/didaktik.v8i2.618.
Budihastuti, Sri Utiarsi, Ghufron Abdullah, and Soedjono. 2023. “Manajemen Program Peminatan Untuk Mengembangkan Potensi Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Batang.” 09(September). DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i01.5716
Cahyono, Arie Eko. 2023. “Membangun Kemandirian Belajar Untuk Mengatasi Learning Loss Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi.” Education Journal : Journal Educational Research and Development 7(2):167–74. doi: 10.31537/ej.v7i2.1257.
Digna, Dea, and Choiriyah Widyasari. 2023. “Teachers’ Perceptions of Differentiated Learning in Merdeka Curriculum in Elementary Schools.” International Journal of Elementary Education 7(2):255–62. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i2.54770
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21(1):33–54. doi: 10.21831/hum.v21i1.38075. 33-54
Fauzia, Redhatul, and Zaka Hadikusuma Ramadan. 2023. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9(3):1608–17. doi: 10.31949/educatio.v9i3.5323.
Gee, Efrata, and Darmawan Harefa. 2021. “Analysis of Students’ Mathematic Analisis Kemampuan Koneksi Dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” Musamus Journal of Primary Education 4(1):1–11. doi: 10.35724/musjpe.v4i1.3475.
Halimah, Nurul, Hardiyanto, and Rusdinal. 2023. “Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka.” Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar 08(01):1–15. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.24555
Hasanah, Oktavia Nur, and Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2024. “Di Sekolah Dasar Else ( Elementary School Education.” 8(1):204–13. DOI http://dx.doi.org/10.30 651/else.v8i1.20798
Ikhsani, Nasa Mayyisi Ikhsani, and Iqnatia Alfiansyah Alfiansyah. 2023. “Persepsi Guru Terkait Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPAS.” Jurnal Elementaria Edukasia 6(4):1597–1608. doi: 10.31949/jee.v6i4.7132.
Komalasari, Mahilda Dea. 2023. “Pemetaan Kebutuhan Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi.” Prosidng Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(1):27–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Ni Komang Arie Suwastini. 2021. “Differentiated Instruction for Efl Classroom.” TELL-US Journal 7(1):14–41. doi: 10.22202/tus.2021.v7i1.4719.
Kurniawati, Fitria Nur Auliah. 2022. “Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi.” Academy of Education Journal 13(1):1–13. doi: 10.47200/aoej.v13i1.765.
Kusumaningpuri, Aditya Rini. 2024. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran IPAS Fase B Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar 8(1):199–220. doi: 10.26811/didaktika.v8i1.1321.
Langoday, Yohanes Redan, Nurrahma Nurrahma, and Syamsul Rijal. 2024. “Policy Reflection: Kurikulum Merdeka as Educational Innovation in the Era of Society 5.0.” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 5(2):957–78. doi: 10.51276/edu.v5i2.915.
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, and Anjani Putri Belawati Pandiangan. 2022. “Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial 1(3):290–98. doi: 10.58540/jipsi.v1i3.53.
Meitasari, Intan, Suyoto Suyoto, and Nur Ngazizah. 2020. “Pengembangan Video Animasi Stop Motion Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Agama Di Negeriku IV SD.” Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo 1(01):667–74. doi: 10.33503/prosiding.v1i01.949.
Millah, Ahlan Syaeful, Apriyani, Dede Arobiah, Elsa Selvia Febriani, and Eris Ramdhani. 2023. “Analisis Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1(2):140–53. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758
Mulyawati, Yuli, MS Zulela, and Edwita Edwita. 2022. “Differentiation Learning to Improve Students Potential in Elementary School.” Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan 6(1):68–78. doi: 10.55215/pedagonal.v6i1.4485.
Mutiara Intan Lestari, Ichsan Anshory, Arinta Rezty Wijayaningputri. 2024. “Analisis Gaya Belajar Pada Pembelajaran IPAS Dengan Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Sebagai Optimalisasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” 10(2):11–22. DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v10i2.25436
Naibaho, Dwi Putriana. 2023. “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik.” Journal of Creative Student Research 1(2):81–91. DOI: https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1150
Ngazizah, Nur, Risma Yulianty, Dwi Septiana, Dheliana Suwardi, atus Sholihah, and Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2023. “5493 Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas V Sd Muhammadiyah Se-Kabupaten Purworejo.” 08:2477–2143. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.26652
Pratiwi, Ega Syafira, and Sukartono Sukartono. 2023. “Implementasi Media Variatif Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III Sekolah Dasar.” ELSE (Elementary School Education Journal) 7(2):219–29. Http://dx.doi.org/10.30 651/else.v7i2.20245
Purwowidodo, A., & Mufidah, L. N. 2024. “Differentiated Learning Models : Students ’ Learning Style , Readiness , And Interesrt In Learning Regarding The Resutl Of FIQH Agus Purwowidodo Sayyid Ali Rahmatullah State Islamic University ( UIN SATU Tulungagung ) Lukluk Nur Mufidah Sayyid Ali Rahmatu.” 18(6):4063–86. DOI : 10.35931/aq.v18i6.3802
Rafiska, Rafiska, and Rahmi Susanti. 2023. “Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Sebagai Data Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas Xii Sma Negeri 1 Palembang.” Research and Development Journal of Education 9(1):474. doi: 10.30998/rdje.v9i1.17043.
Rahayu, Putri, Dwi Yulianti, Muhammad Mona Adha, Ryzal Perdana, and Muhammad Nurwahidin. 2024. “Discovery Learning Learning Analysis to Develop High Level Cognitive Learning Outcomes Based on Student Metacognitive Characteristics.” Lectura : Jurnal Pendidikan 15(1):107–18. doi: 10.31849/lectura.v15i1.17514.
Rony Zulfirman. 2022. “Implementasi Metode Outdoor Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam Di MAN 1 Medan.” Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP 3(2):147–53. doi: 10.30596/jppp.v3i2.11758.
Rosiyani, Adela Intan, Aqilah Salamah, Chindy Ayu Lestari, Silva Anggraini, and Winsi Ab. 2024. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Ipas Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(3):10. doi: 10.47134/pgsd.v1i3.271.
Rusadi, Bobi Erno, and Isnaini Munawaroh. 2024. Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara Ditinjau Dari Nilai-Nilai Religius Dan Relevansinya Dengan Kurikulum Merdeka. Vol. 11. doi: 10.35931/aq.v18i6.3802
Sarie, Fitria Novita. 2022. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI.” Tunas Nusantara 4(2):492–98. doi: 10.34001/jtn.v4i2.3782.
Setyo Adji Wahyudi, Mohammad Siddik, and Erna Suhartini. 2023. “Analisis Pembelajaran IPAS Dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Mipa 13(4):1105–13. doi: 10.37630/jpm.v13i4.1296.
Sulastianingrumm, E., Fauziati, E., Rohmah, W., & muhibbin, A. 2023. “Jurnal Paedagogy.” Jurnal Paedagogy 10(2):308–19. doi: https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7030
Sulistyosari, Yunike, Hermon Maurits Karwur, and Habibi Sultan. 2022. “Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN 7(2):66–75. doi: 10.15294/harmony.v7i2.62114.
Supriyanto, Achmad, Wasih DS, and Roni Herdianto. 2020. “Peningkatan Kompetensi Mengembangkan RPP Melalui Lesson Study Bagi Guru SD Laboratorium.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 5(2):243. doi: 10.17977/jptpp.v5i2.13187.
Susetyo, Dwinanto Priyo, Eka Pranajaya, Teddy Setiawan, and Asep Suryana. 2022. “Kualitas Pelayanan Akademik Dan Citra Institusi Sebagai Determinan Kepuasan Mahasiswa.” Formosa Journal of Applied Sciences 1(4):473–92. doi: 10.55927/fjas.v1i4.1250.
Sutrisno, Lucky Taufik, Tatang Muhtar, and Yusuf Tri Herlambang. 2023. “Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan Untuk Kemerdekaan.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 7(2). doi: 10.20961/jdc.v7i2.76475.
Suwartiningsih. 2021. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah Dan Keberlangsungan Kehidupan Di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 1(2):80–94. doi: 10.53299/jppi.v1i2.39.
Syahrir, Syahrir, Pujiriyanto Pujiriyanto, Musdalifa Musdalifa, and Sakinah Fitri. 2024. “The Implementation of Merdeka Curriculum to Realize Indonesia Golden Generation: A Systematic Literature Review.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 16(2):1434–50. doi: 10.35445/alishlah.v16i2.4872.
Thana., Hanipah. 2023. “Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad Ke-21.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 4:281–88. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Ultra Meria Gusteti, Neviyarni. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3(3):636–46. doi: 10.4324/9781003175735-15.
Wahyuni, Indah. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(6):5840–49. doi: 10.31004/obsesi.v6i6.3202.
Widyawati, Reza, and Putri Rachmadyanti. 2023. “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPS Di Sekolah Dasar.” Jpgsd 11(2):365–79. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i1.625