Fungsi Laten Penziarahan Makam Keramat (Analisis Sosio-Religius Terhadap Makam Ki Marogan Palembang)

Main Article Content

Abdul Karim

Abstract

Penelitian ini secara khusus mengkaji tentang penziarahan makam Ki Marogan dengan menggunakan pendekatan sosio-religius yang berusaha mengungkap tentang fungsi laten dari penziarah makam Ki Marogan. Penelitian ini dilakukan di Jl. Ki Marogan Kelurahan Kertapati Kecamatan Kertapati kota Palembang. Data primer dalam penelitian ini bersumber dari hasil observasi langsung dan wawancara mendalam. Setelah memperoleh data kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menemukan dua fungsi laten dari fenomena penziarahan makam keramat Ki Marogan; sebagai pengembangan tradisi ke-NU-an di kota Palembang dan sebagai bentuk pelestarian nilai-nilai sufistik dalam umat beragama. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa fenomena ziarah harus dijaga dan dilestarikan oleh umat Muslim itu sendiri, karena dengan berziarah umat Muslim dapat mengintegrasikan aspek hukum atau fikih, spiritual dan kultural dalam ajaran Islam, sehingga dengan terpenuhinya ketiga aspek tersebut dapat melahirkan sikap moderat dalam diri seseorang

Article Details

How to Cite
Karim, A. (2023). Fungsi Laten Penziarahan Makam Keramat (Analisis Sosio-Religius Terhadap Makam Ki Marogan Palembang). Jurnal Studi Agama, 7(1), 20-28. https://doi.org/10.19109/jsa.v7i1.17947
Section
Articles

How to Cite

Karim, A. (2023). Fungsi Laten Penziarahan Makam Keramat (Analisis Sosio-Religius Terhadap Makam Ki Marogan Palembang). Jurnal Studi Agama, 7(1), 20-28. https://doi.org/10.19109/jsa.v7i1.17947

References

Bakir, M. (2019). Studi Tafsir Tentang Dimensi Epistemologi Tasawuf. KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 9(1). https://doi.org/10.36781/KACA.V9I1.3011
Connoly, P. (2012). Aneka Pendekatan Studi Agama, terj. Imam Khoiri. Lkis.
Hasil observasi pada hari Sabtu 18 Maret 2023 di makam Ki Marogan. (2023).
Hasil wawancara dengan pengelola makam Ki Marogan, pada hari Sabtu 18 Maret. (2023).
Hidayat, K. (2012). Agama Punya Seribu Nyawa. Naura Books.
Julian Utama, N., & Sair, A. (2014). Peranan Masagus Haji Abdul Hamid (Ki Marogan) terhadap Perkembangan Masjid Lawang Kidul di Kampung 5 Ilir Palembang (1881-1914). Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(2). https://doi.org/10.36706/JC.V3I2.4763
Lestari, O., & Hudaidah, H. (2023). Potensi wisata religi makam Ki Marogan sebagai upaya pelestarian kearifan lokal di kota Palembang. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 7(1), 167–176. https://doi.org/10.22219/SATWIKA.V7I1.25265
Maulani. (2023). Analisis Komparatif Tentang Corak Ajaran Tarekat Tijaniah. HUMANISTIKA : Jurnal Keislaman, 9(1), 59. https://doi.org/10.55210/HUMANISTIKA.V9I1.923
Moh Nazir. (2005). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Muslimin. (2020). Kajian Dakwah Kultural Pondok Pesantren Tahfidz Kiai Marogan Palembang dalam Mengembangkan Masyarakat Islam. Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan, 4(1). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JKPI/article/view/5454/2934
Nasution, A. K. (2003). Makna Ziarah ke Makam Ulama Keramat. IAIN Raden Fatah.
PBNU. (2019). Madrasah Kader Nahdlatul Ulama. PBNU.
Ritzer, G., & Goodman, D. J. (2007). Teori Sosiologi Modern. Kencana.
Sajiwa, B., Syawaluddin, M., & Guna, L. A. (2022). Politik Kebudayaan Zuriat Kiyai Marogan Dalam Mempertahankan Nilai-Nilai Budaya Di Pulau Kemaro. Ampera: A Research Journal on Politics and Islamic Civilization, 3(03). https://doi.org/10.19109/AMPERA.V3I03.13480
Setiawan, C., Maulani, & Busro. (2020). Sufism as the Core of Islam: A Review of Imām Junayd Al-Baghdadī’s Concept of Taṣawwuf. Teosofia: Indonesian Journal of Islamic Mysticism, 9(2). https://doi.org/10.21580/TOS.V9I2.6170
Simuh. (1999). Sufisme Jawa Transformasi Tasawuf ke Sufistik Jawa. Bentang Budaya.
Syamsuddin Abdullah, H. (1990). Agama Dalam Perspektif Teori-Teori Sosial. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 0(40), 23. https://doi.org/10.14421/AJIS.1990.040.20-24
Syukur, A. (1999). Menggugat Tasawuf. Pustaka Pelajar.
Tebba, S. (2003). Tasawuf Positif. Prenada Media.
Trisiah, A., Puspita, W., & Septiyanti, R. (2019). VISIT THE TOMB OF KI MAROGAN: PRESERVATION OF RELIGIOUS TRADITION IN MUSLIM MALAY COMMUNITY. Journal of Malay Islamic Studies, 3(1), 75–88. https://doi.org/10.19109/JMIS.V3I1.4577