Peran Tokoh Agama dalam Membina Akhlak Remaja Melalui Aktivitas Dakwah

Main Article Content

Nurjannah Nurjannah
Cindi Amelia
Amalia Serena
Ayu Selpiana
Triyanti Nur Aprida

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami Peran Tokoh Agama dalam membentuk akhlak remaja di Kelurahan Talang Benih Curup, mengidentifikasi hambatan yang dihadapi oleh Tokoh Agama dalam melakukan kegiatan dakwah di wilayah tersebut, serta menemukan solusi untuk membina akhlak remaja di sana. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan dua sumber data, yaitu data primer dan sekunder, yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dilakukan analisis degan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa tokoh agama memiliki peran penting dalam membimbing remaja menuju perilaku yang lebih baik dan pengembangan karakter yang bertanggung jawab melalui kegiatan dakwah dan pendekatan yang terstruktur. Pembentukan wadah-wadah seperti TPA, RISMA, dan Majelis Taklim menjadi sarana utama dalam memberikan pemahaman agama yang mendalam kepada remaja. Partisipasi dalam kegiatan keagamaan berkorelasi positif dengan perilaku remaja, tetapi tantangan muncul dalam menghadapi pengaruh negatif media sosial, membutuhkan pengawasan dan pendampingan dari tokoh agama dan orang tua. Pembinaan akhlak remaja memerlukan keterlibatan berbagai pihak, termasuk peran ibu sebagai pendidik utama. Di Kelurahan Talang Benih Curup, tokoh agama menghadapi hambatan seperti kesibukan sebagai PNS, kurangnya dukungan orang tua, dan kurangnya motivasi remaja. Solusi konkret yang diajukan mencakup pembentukan kaderisasi pemuda dan peran aktif generasi muda dalam aktivitas di masjid dan langgar, dengan penyelenggaraan program pelatihan, pembinaan akhlak, pengembangan kepemimpinan, dan pembentukan jaringan sosial. Ini menjadi landasan dalam membina akhlak remaja, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan moral dan spiritual.

Article Details

How to Cite
Nurjannah, N., Amelia, C., Serena, A., Selpiana, A., & Nur Aprida, T. (2023). Peran Tokoh Agama dalam Membina Akhlak Remaja Melalui Aktivitas Dakwah. Muaddib: Islamic Education Journal, 6(1), 19-26. https://doi.org/10.19109/muaddib.v6i1.18978
Section
Articles

How to Cite

Nurjannah, N., Amelia, C., Serena, A., Selpiana, A., & Nur Aprida, T. (2023). Peran Tokoh Agama dalam Membina Akhlak Remaja Melalui Aktivitas Dakwah. Muaddib: Islamic Education Journal, 6(1), 19-26. https://doi.org/10.19109/muaddib.v6i1.18978

References

Creswell, J. W. (2007). Qualitative inquiry and research design: choosing among five approaches. Thousand Oaks, California: Sage Publications.

Erika, P., Harahap, I., & Nasution, M. A. A. (2023). Eksistensi masyarakat Islam dan Kristen terhadap kegiatan keagamaan dalam perspektif Islam dan Kristen di Desa Jawi Jawi. ANWARUL, 3(5), 899–914.

Haryadi, D. (2020). Otoritas keagamaan baru: Habituasi dan arena dakwah era digital. Islamic Insights Journal, 2(2), 69–82.

Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher’s companion. California: Sage.

Laka, L., Darmansyah, R., Judijanto, L., Lase, J. F. E., Haluti, F., Kuswanti, F., & Kalip, K. (2021). Pendidikan karakter gen z di era digital. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lestari, I. P., Amin, S., & Wekke, I. S. (2021). Model pencegahan kenakalan remaja dengan pendidikan agama Islam. Indramayu: Penerbit Adab.

Nopandri, Y. (2022). Pengaruh lingkungan sekolah yang baik terhadap kualitas prestasi siswa di Sdit Al-Husna Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(9), 75–88.

Nurulita, N. (2021). Penyuluhan agama di era digital. Bandung: Lekkas.

Salsabila, U. H., Ariyanto, A., Aziz, H. F., & Ma’arif, A. M. S. (2022). Implikasi teknologi terhadap pendidikan Islam di era globalisasi. Wardah, 23(2), 308–329.

Sormin, Y., & Dewi, D. A. (2022). Menginternalisasi nilai-nilai pancasila pada generasi milenial untuk menumpas gerakan intoleransi menuju Indonesia maju. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9885–9892.

Suteja, J. (2017). Peran kyai dalam pembinaan mental spiritual santri remaja di Pondok Pesantren Kota Cirebon. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(1), 1–21. Retrieved from http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/orasi/article/view/1406

Syahidah, S. (2023). Pola asuh kyai dalam mempersiapkan generasi penerus (studi kasus pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-aat Al-Qur’aniyyah (HMQ) Kediri). JMPT: Jurnal Manajemen Pendidikan Tihamah, 1(1), 54–65.

Ulfah, M. (2020). Digital parenting: Bagaimana orang tua melindungi anak-anak dari bahaya digital? Tasikmalaya: Edu Publisher.

Umami, I. (2018). Peran tokoh agama dalam pembinaan harmonisasi kehidupan dan akhlak masyarakat di Kota Metro Lampung. FIKRI: Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 3(1), 259–276.

Yuhaniah, R. (2022). Psikologi agama dalam pembentukan jiwa agama remaja. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(1), 12–42.