Metode Tafsir Al-Qur’an Sebagai Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan

Main Article Content

Feri Andi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode tafsir Al-Qur'an dan metode pembelajaran dalam konteks pendidikan agama. Dengan pendekatan kualitatif melalui metode studi kepustakaan, penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis sumber-sumber data kredibel, termasuk jurnal ilmiah, e-book, artikel pendidikan, dan buku-buku terkait. Data dikumpulkan, diverifikasi, dan dianalisis secara deskriptif dan kritis untuk mengungkap tema-tema utama dan hubungan antara metodologi tafsir dan metode pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tafsir berperan krusial dalam pendidikan agama dengan menyediakan pemahaman mendalam tentang Al-Qur'an yang meliputi makna ayat, konteks historis, dan metode penafsiran. Metode tafsir seperti tafsir al-tahlili, tafsir al-ijmali, tafsir al-muqaran, dan tafsir al-maudu’i masing-masing menawarkan pendekatan yang berbeda dalam pembelajaran, dari analisis mendalam hingga pemahaman tematik. Penelitian ini juga menemukan bahwa penerapan metode tafsir dalam kurikulum pendidikan agama dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan menyesuaikan materi ajar dengan kebutuhan siswa yang beragam. Pendekatan ini tidak hanya memperkaya pemahaman siswa tentang Al-Qur'an tetapi juga memfasilitasi penerapan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, integrasi metodologi tafsir dalam pendidikan memungkinkan pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif, relevan, dan adaptif terhadap berbagai latar belakang siswa, menciptakan pengalaman belajar yang lebih inklusif dan komprehensif.

Article Details

How to Cite
Andi, F. (2024). Metode Tafsir Al-Qur’an Sebagai Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 19-27. https://doi.org/10.19109/muaddib.v7i1.23877
Section
Articles

How to Cite

Andi, F. (2024). Metode Tafsir Al-Qur’an Sebagai Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 19-27. https://doi.org/10.19109/muaddib.v7i1.23877

References

Amin, M. (2019). Perkembangan Kajian Teoritis Tafsir di Barat dan Pengaruhnya Terhadap Sarjana Muslim. Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 19(2), 154–171.

Awadin, A. P., & Hidayah, A. T. (2022). Hakikat Dan Urgensi Metode Tafsir Maudhu’i. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 2(4), 651–657.

Bahri, S. (2021). Kawasan Penelitian Pendidikan Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(2), 58–67.

Baidan, N. (2011). Metode Penafsiran Al-Quran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bali, M. M. E. I., & Fadilah, N. (2019). Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 1–25.

Eza, F. (2021). Tafsir Metode Muqaran dan Maudhu’i. Jurnal Ilmiah Al-Furqan: Al-Qur’an Bahasa Dan Seni, 8(1), 44–48.

Fuad, A. Z., Alfin, J., & Nasih, A. M. (2017). Membangun Etika dan Kepribadian di Lembaga Pendidikan Islam: Sebuah Perspektif Psikologi Qur’ani. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 309–338.

Hasibuan, U. K., Ulya, R. F., & Jendri, J. (2020). Tipologi Kajian Tafsir: Metode, Pendekatan dan Corak dalam Mitra Penafsiran al-Qur’an. Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 2(2), 224–248.

Jafar, I., & Amrullah, M. N. (2018). Bentuk-Bentuk Pesan Dakwah Dalam Kajian Al-Qur’an. Jurnal Komunikasi Islam, 8(1), 41–66.

Laili, R. N., Fransiska, E. M., & Hikam, M. A. N. (2023). Karakteristik Tafsir Tahlili dan Tafsir Ijmal. Mashadiruna Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(3), 303–312.

Muckhotob, H. (2003). Studi Al Quran Komprehensif. Yogyakarta: Gramedia.

Muin, M. (2021). Menggali Prinsip-Prinsip Pluralisme Agama dalam Sorotan Al-Quran: Analisis Hermeneutis Pemikiran Wahbah Zuhaili dalam Tafsir Al-Munir. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(1), 113–134.

Nata, H. A. (2016). Pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Prenada Media.

Prasetiya, B., Rofi, S., & Setiawan, B. A. (2018). Penguatan nilai ketauhidan dalam praksis pendidikan islam. JIE (Journal of Islamic Education), 3(1), 1–15.

Rokim, S. (2017). Mengenal Metode Tafsir Tahlili. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(3), 41–56.

Ruslan, R., & Musbaing, M. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Tafsir Al-Qur’an. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 215–230.

Siregar, N. H., Zulheldi, Z., & Samad, D. (2024). Tafsir Al-Qur’an Relevansinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(1), 292–304.

Sudarma, U. (2022). Pendidikan karakter dalam mewujudkan sumber daya manusia berdaya saing menuju Indonesia Emas. Sharia: Jurnal Kajian Islam, 1(1), 37–55.

Tambunan, S. R., Faza, A. M. D., & Yuzaidi, Y. (2024). Implementasi Program Kegiatan Organisasi Rohis Terhadap Pengetahuan Al-Qur’an Peserta Didik Di SMAN 1 Medang Deras Kabupaten Batu Bara. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 7(3), 126–136.

Tim Penyusun Kamus. (2007). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Umar, K. N. (2022). Memahami Al-Qur’an di masa post truth. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yahya, A., Yusuf, K. M., & Alwizar, A. (2022). Metode Tafsir (al-Tafsir al-Tahlili, al-Ijmali, al-Muqaran dan al-Mawdu’i). PALAPA, 10(1), 1–13.

Zainudin, U. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. HASBUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 351–356.