Metode Tafsir Al-Qur’an Sebagai Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Amin, M. (2019). Perkembangan Kajian Teoritis Tafsir di Barat dan Pengaruhnya Terhadap Sarjana Muslim. Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 19(2), 154–171.
Awadin, A. P., & Hidayah, A. T. (2022). Hakikat Dan Urgensi Metode Tafsir Maudhu’i. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 2(4), 651–657.
Bahri, S. (2021). Kawasan Penelitian Pendidikan Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(2), 58–67.
Baidan, N. (2011). Metode Penafsiran Al-Quran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bali, M. M. E. I., & Fadilah, N. (2019). Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 1–25.
Eza, F. (2021). Tafsir Metode Muqaran dan Maudhu’i. Jurnal Ilmiah Al-Furqan: Al-Qur’an Bahasa Dan Seni, 8(1), 44–48.
Fuad, A. Z., Alfin, J., & Nasih, A. M. (2017). Membangun Etika dan Kepribadian di Lembaga Pendidikan Islam: Sebuah Perspektif Psikologi Qur’ani. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 309–338.
Hasibuan, U. K., Ulya, R. F., & Jendri, J. (2020). Tipologi Kajian Tafsir: Metode, Pendekatan dan Corak dalam Mitra Penafsiran al-Qur’an. Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 2(2), 224–248.
Jafar, I., & Amrullah, M. N. (2018). Bentuk-Bentuk Pesan Dakwah Dalam Kajian Al-Qur’an. Jurnal Komunikasi Islam, 8(1), 41–66.
Laili, R. N., Fransiska, E. M., & Hikam, M. A. N. (2023). Karakteristik Tafsir Tahlili dan Tafsir Ijmal. Mashadiruna Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(3), 303–312.
Muckhotob, H. (2003). Studi Al Quran Komprehensif. Yogyakarta: Gramedia.
Muin, M. (2021). Menggali Prinsip-Prinsip Pluralisme Agama dalam Sorotan Al-Quran: Analisis Hermeneutis Pemikiran Wahbah Zuhaili dalam Tafsir Al-Munir. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(1), 113–134.
Nata, H. A. (2016). Pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Prenada Media.
Prasetiya, B., Rofi, S., & Setiawan, B. A. (2018). Penguatan nilai ketauhidan dalam praksis pendidikan islam. JIE (Journal of Islamic Education), 3(1), 1–15.
Rokim, S. (2017). Mengenal Metode Tafsir Tahlili. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(3), 41–56.
Ruslan, R., & Musbaing, M. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Tafsir Al-Qur’an. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 215–230.
Siregar, N. H., Zulheldi, Z., & Samad, D. (2024). Tafsir Al-Qur’an Relevansinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(1), 292–304.
Sudarma, U. (2022). Pendidikan karakter dalam mewujudkan sumber daya manusia berdaya saing menuju Indonesia Emas. Sharia: Jurnal Kajian Islam, 1(1), 37–55.
Tambunan, S. R., Faza, A. M. D., & Yuzaidi, Y. (2024). Implementasi Program Kegiatan Organisasi Rohis Terhadap Pengetahuan Al-Qur’an Peserta Didik Di SMAN 1 Medang Deras Kabupaten Batu Bara. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 7(3), 126–136.
Tim Penyusun Kamus. (2007). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Umar, K. N. (2022). Memahami Al-Qur’an di masa post truth. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Yahya, A., Yusuf, K. M., & Alwizar, A. (2022). Metode Tafsir (al-Tafsir al-Tahlili, al-Ijmali, al-Muqaran dan al-Mawdu’i). PALAPA, 10(1), 1–13.
Zainudin, U. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. HASBUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 351–356.