Pembinaan Keagamaan pada Majelis Kajian Muallaf Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembinaan keagamaan pada kajian muallaf di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo Palembang dan dampak dari pembinaan keagamaan pada kajian muallaf di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo Palembang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah kualitatif (studi kasus). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisa yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa Pembinaan keagamaan di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo Palembang untuk muallaf meliputi pengajaran aqidah, ibadah, akhlak, dan pembacaan Al-Qur'an. Pembinaan ini juga membantu muallaf menyesuaikan diri dengan komunitas Muslim, dengan fokus pada pengembangan sikap yang baik dan ikut serta dalam kegiatan sosial. Pendampingan dilakukan secara berkala untuk memastikan mereka terus memahami dan menjalankan ajaran Islam dengan baik. Dampak dari pembinaan keagamaan pada kajian muallaf di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo Palembang yaitu para muallaf menunjukkan kekonsistenan dalam menjalankan shalat, puasa, dan ibadah lainnya. Muallaf juga menunjukkan perubahan dalam hal kejujuran dan kesabaran. Selain itu melalui pembinaan, muallaf mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang Islam.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Awaru, A. O. T., Hidayat, A. R., Syukur, M., & Rahman, A. (2023). Menjelajahi Dukungan Sosial Bagi Mualaf Baru di Kota Makassar: Perspektif Kontemporer. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 77–88.
Bustomi, O., Suprapti, S., Ngisti, A., Khairani, A., Nurhalimah, N., Fadzlullah, F., & Norlita, N. (2022). Implementasi Pembinaan Muallaf Melalui Pendidikan Islam Di Kota Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 3(1), 47–62.
Dalimunthe, D. S. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. Al-Murabbi Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75–96.
Harahap, I., Addini, S., Harahap, I., Khairunnisa, R., & Sirait, R. R. (2023). Bimbingan Keagaman Yayasan Bina Mullaf Dalam Pembinaan Keagamaan para Mullaf: Studi Kasus Pembinaan Muallaf Al-Muhajirin Bumi Asri Medan. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 5(3), 902–910.
Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher’s companion. California: Sage.
Huda, N. (2022). Baitul Mal Wa Tamwil: Sebuah Tinjauan Teoretis. Jakarta: Amzah.
Muhdhori, H. (2017). Treatmen dan kondisi psikologis muallaf. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 16–39.
Piaget, J. (1970). Piaget’s theory of cognitive development. New York: Pantheon Books.
Setiawati, R., & Romli, K. (2019). Pembinaan keagamaan dan ekonomi bagi mualaf oleh Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia di Lampung. Jurnal Dakwah Risalah, 30(2), 154–167.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ulya, U. (2020). Peran Yayasan Mualaf Center Indonesia dalam Membina Keagamaan Mualaf di Depok. Harmoni, 19(1), 162–171.
Yahanan, Y. (2021). Pulau Zakat: Harapan dan Tantangan. Jurnal An-Nahl, 8(2), 126–134.