Implementasi Pendidikan Karakter Anak Yatim Piatu di Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa Cabang Serang

Main Article Content

Hanafi Hanafi
Ridwan Nurkarim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter di Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa Cabang Serang, dengan fokus pada nilai-nilai karakter yang ditanamkan, metode pembelajaran yang digunakan, dan tantangan yang dihadapi dalam proses pelaksanaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang memungkinkan pemahaman mendalam mengenai implementasi pendidikan karakter di lembaga spesifik. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan pengurus dan tenaga pendidik, serta analisis dokumen perencanaan dan evaluasi program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter di Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa dimulai dengan persiapan yang matang dan terstruktur. Perencanaan meliputi kegiatan pembelajaran, ekstrakurikuler, dan kegiatan keagamaan yang bertujuan menanamkan nilai-nilai Islami secara sistematis. Kegiatan pembelajaran dijadwalkan secara rutin dan melibatkan mata pelajaran akademik serta program pengembangan potensi diri yang sesuai dengan jenjang pendidikan anak. Kegiatan keagamaan, termasuk sholat berjamaah dan hafalan Al-Qur’an, merupakan bagian integral dari rutinitas harian yang mendukung pembentukan karakter moral anak. Evaluasi program dilakukan setiap tiga bulan untuk menilai perkembangan dan efektivitas pendidikan karakter. Penelitian ini menemukan bahwa Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa berhasil menanamkan nilai-nilai karakter melalui komitmen kuat semua elemen yang terlibat, termasuk pengurus, tenaga pendidik, dan relawan. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi konsistensi dalam penerapan nilai-nilai karakter dan keterbatasan sumber daya.

Article Details

How to Cite
Hanafi, H., & Nurkarim, R. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Yatim Piatu di Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa Cabang Serang. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 12-18. https://doi.org/10.19109/5ryczf37
Section
Articles

How to Cite

Hanafi, H., & Nurkarim, R. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Yatim Piatu di Rumah Pintar Yatim dan Dhuafa Cabang Serang. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 12-18. https://doi.org/10.19109/5ryczf37

References

Anshori, I. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74.

Efendi, R., & Ningsih, A. R. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Qiara Media.

Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher’s companion. California: Sage.

Iriany, I. S. (2017). Pendidikan karakter sebagai upaya revitalisasi jati diri bangsa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 54–85.

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.

Majid, M. N., & Usman, M. (2020). Era Masyarakat Informasi. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(1), 1–18.

Masriah, S., Nurlaeli, A., & Akil, A. (2023). Peran Keluarga Dalam Pembentukan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 316–325.

Muhopilah, P., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(2), 99–107.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nuraeni, N. (2020). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogy, 3(2), 65–73.

Praekanata, W. I., Yuliastini, N. K. S., Zagoto, S. F. L., & Ratnaya, I. G. (2023). Kajian Kesehatan Mental pada Anak-Anak Yatim Piatu. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 257–263.

Safaria, T. (2023). Spiritual Intelligence: Pengembangan Kecerdasan Spiritual pada Anak-Jejak Pustaka. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Saragih, I. A., & Sipahutar, A. P. (2023). Analisis Dampak Pelayanan Konseling dalam Mengatasi Problematika Terhadap Penyantunan Anak Yatim Piatu. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1474–1484.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafrizal, S., & Sari, I. R. (2024). Peranan Pendidikan Karakter dalam Membangun Sikap Positif pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 79–100.