Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis dan Keagamaan Anak Usia Dini (TK dan SD) dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam

Main Article Content

Fadlan Masykura Setiadi
Sri Maryati
Angge Sapto Mubharokkh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, gadget telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari anak-anak. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan analisis data sekunder dari berbagai sumber terpercaya. Data dikumpulkan melalui tinjauan pustaka yang meliputi jurnal, artikel ilmiah, dan laporan penelitian terkait. Pendekatan kualitatif diterapkan untuk mengidentifikasi dan menganalisis dampak yang timbul akibat penggunaan gadget di kalangan anak-anak usia dini, serta bagaimana gadget mempengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget dapat memberikan manfaat edukatif dan hiburan yang signifikan. Gadget memberikan akses mudah ke berbagai aplikasi pendidikan yang mendukung proses pembelajaran dan pengembangan keterampilan digital anak-anak, seperti kemampuan memecahkan masalah dan kreativitas. Penggunaan teknologi juga dapat meningkatkan akses ke sumber informasi dan alat belajar yang mendukung prestasi akademik. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa dampak negatif yang signifikan. Penggunaan gadget yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan berkurangnya interaksi sosial tatap muka antara anak-anak, yang penting untuk perkembangan keterampilan sosial dan emosional mereka. Selain itu, gadget dapat mengganggu pola tidur anak, terutama jika digunakan menjelang waktu tidur, yang dapat mempengaruhi kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan. Penurunan aktivitas fisik juga menjadi perhatian, karena waktu yang dihabiskan di depan layar seringkali mengurangi waktu bermain aktif dan olahraga.

Article Details

How to Cite
Masykura Setiadi, F., Maryati, S., & Mubharokkh, A. S. (2024). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis dan Keagamaan Anak Usia Dini (TK dan SD) dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 1-11. https://doi.org/10.19109/muaddib.v7i1.24432
Section
Articles

How to Cite

Masykura Setiadi, F., Maryati, S., & Mubharokkh, A. S. (2024). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis dan Keagamaan Anak Usia Dini (TK dan SD) dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 1-11. https://doi.org/10.19109/muaddib.v7i1.24432

References

Ainiyah, N. (2018). Remaja millenial dan media sosial: media sosial sebagai media informasi pendidikan bagi remaja millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236.

Alawiyah, D., Mulkiyan, M., & Erwin, M. (2022). Problematika dan pendampingan anak yang mengalami gangguan gadget. Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 8(1), 36–53.

Anggraini, E. (2019). Mengatasi kecanduan gadget pada Anak. Yogyakarta: Serayu publishing.

Atikah, C., Rusdiyani, I., & Ridela, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Tema Binatang Purba Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok B (5-6) Tahun di TK Tunas Insan Kamil Kota Serang. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 9(2), 89–101.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330.

Damayanti, E., Ahmad, A., & Bara, A. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Di Sorowako. Martabat, 4(1), 1–22.

Darpi, C. (2024). Pengaruh Penggunaan Gawai terhadap Perkembangan Anak Usia Dini dari Perspektif Orang Tua. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 129–136.

Fitriyani, F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 307–314.

Hidayat, A., & Maesyaroh, S. S. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(5), 356–368.

Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (2020). Penggunaan gadget oleh anak usia dini pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 16–28.

Hikmaturrahmah, H. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Musawa: Journal for Gender Studies, 10(2), 191–218.

Hisyam, M., & Pamungkas, C. (2016). Indonesia, globalisasi, dan global village. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Hurlock, E. B. (2016). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.

Isdiyantoro, M. J., & Maftuhah, A. (2023). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini Saat Penggunaan Gadget di RA Masyithoh XV Pangenjurutengah. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 6(1), 58–68.

Nahdiyah, A. C. F., Chairy, A., Fitria, N., & Volta, A. S. (2023). Sisi Gelap Layar: Investigasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Psikologi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi (JIPP), 1(4), 169–175.

Nugroho, C. (2020). Cyber Society: Teknologi, Media Baru, dan Disrupsi Informasi. Jakarta: Prenada Media.

Pradevi, A. P. (2020). Hubungan pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget dengan kemampuan empati anak. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 49–56.

Purwaningtyas, F. D., Septiana, Y., Aprilia, H., & Candra, G. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 4(1), 1–9.

Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan teknologi gadget sebagai media pembelajaran: Utilization of gadget technology as a learning media. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 1–10.

Rahmat, S. T. (2018). Pola asuh yang efektif untuk mendidik anak di era digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 143–161.

Resnawati, D., & Hurri, I. (2024). Analisis Penggunaan Gawai Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini di PAUD Sarbiyaatul Amanah. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 5(3), 1–11.

Romadhon, S., Sari, M. C., & Alatas, M. A. (2024). Dampak Pemanfaatan Gawai terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-6 Tahun: Pendekatan Ramah Anak. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 478–490.

Salaudin, O., & Harbelubun, B. (2021). Teknologi, Meningkatkan atau Memenjarakan Kreativitas Anak? Jakarta: Alineaku.

Saniah, A., Marsithah, I., Fitri, N., & Fauza, R. (2024). Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Bagi Mahasiswa Almuslim. Maras: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(2), 995–999.

Sefianti, A. V., Hawa, A., & Blagov, A. (2023). Strategi Menjaga Kesehatan Mata Anak SD Di Era Digital. JANACITTA, 6(2), 134–144.

Subagijo, A. (2020). Diet dan detoks gadge. Jakarta: Noura Books.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Suriyanti, I., & Rahayu, S. (2023). Pengaruh Kecanduan Ponsel terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Empat Sampai Sepuluh Tahun di Gereja Bethel Indonesia Tabgha Batam Center. Jurnal Imparta, 2(1), 21–32.

Witarsa, R., Hadi, R. S. M., Nurhananik, N., & Haerani, N. R. (2018). Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial siswa sekolah dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 9–20.