Peran Media Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di Era Digital

Main Article Content

Mustopa Mustopa
Muhammad Isnaini
Abdurrahmansyah Abdurrahmansyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penggunaan media pembelajaran, mengidentifikasi tantangan dalam implementasinya, dan solusi untuk mengatasi kendala yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memastikan validitas data, digunakan triangulasi dengan membandingkan informasi dari berbagai sumber. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video dalam pembelajaran PAI memiliki potensi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang kompleks. Namun, implementasinya di SMK Negeri 2 Batanghari Jambi masih terbatas dan seringkali hanya digunakan sebagai tambahan, bukan sebagai metode utama. Guru cenderung lebih nyaman menggunakan metode ceramah, sementara media video lebih sering dianggap sebagai alat bantu. Tantangan utama dalam penggunaan media video meliputi kurangnya kesiapan guru, keterbatasan infrastruktur teknologi, dan karakteristik materi PAI yang memerlukan pendekatan lebih mendalam. Guru sering kali kurang percaya diri atau merasa tidak cukup terampil dalam menggunakan teknologi secara efektif, dan ini diperburuk oleh kurangnya pelatihan serta dukungan infrastruktur seperti akses internet yang tidak memadai. Untuk mengatasi tantangan ini, penelitian ini mengusulkan beberapa solusi strategis, termasuk pelatihan intensif bagi guru mengenai integrasi media video dalam pengajaran, peningkatan infrastruktur teknologi di sekolah, serta pengembangan metode pembelajaran interaktif yang melibatkan penggunaan media video secara lebih terstruktur dan evaluatif. Dukungan dari pihak sekolah dan pemerintah dalam penyediaan sumber daya dan pelatihan diharapkan dapat mengoptimalkan penggunaan media video, sehingga dapat berkontribusi lebih signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI.

Article Details

How to Cite
Mustopa, M., Isnaini, M., & Abdurrahmansyah, A. (2024). Peran Media Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 28-36. https://doi.org/10.19109/muaddib.v7i1.24475
Section
Articles

How to Cite

Mustopa, M., Isnaini, M., & Abdurrahmansyah, A. (2024). Peran Media Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 28-36. https://doi.org/10.19109/muaddib.v7i1.24475

References

Adha, M. M., & Ulpa, E. P. (2021). Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Karakter Anak/Peserta Didik Di Era Modern. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 90–100.

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107.

Alamin, Z. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran Agama Islam Di Era Digital. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 7(1), 84–91.

Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85.

Faizah, F. G., & Muthi, I. (2024). Strategi Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Digital Interaktif Pada Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone. Jurnal Ilmiah Multidisipin, 2(8), 360–364.

Fauzi, M. N. (2023). Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1661–1674.

Frimayanti, A. I. (2017). Latar Belakang Sosial Berdirinya Lembaga Pendidikan Islam Terpadu di Indonesia. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 27–45.

Hartati, Y. (2021). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam1, 1(3), 335–342.

Maulido, S., Karmijah, P., & Rahmi, V. (2024). Upaya meningkatkan pendidikan masyarakat di daerah terpencil. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(1), 198–208.

Oktavia, P., & Khotimah, K. (2023). Pengembangan metode pembelajaran pendidikan agama islam di era digital. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan), 2(5), 66–76.

Putri, N. A., Handoyo, E., Martitah, M., & Mustofa, M. S. (2023). Penguatan Literasi Pendidikan Anti Korupsi berbasis Kearifan Lokal dalam Pembalajaran IPS. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (pp. 561–569).

Redhana, I. W. (2024). Literasi Digital: Pedoman Menghadapi Society 5.0. Yogyakarta: Samudra Biru.

Salisah, S. K., Darmiyanti, A., & Arifudin, Y. F. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Digital Tinjauan Literatur. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 36–42.

Saputra, H. (2023). Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Abshar: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 2(1), 17–26.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Palembang: Tiram Media.

Zulfikhar, R., Mustofa, M., Hamidah, E., Sapulete, H., Sitopu, J. W., & Sari, M. N. (2024). Dampak Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Akademis Mahasiswa Perguruan Tinggi. Journal on Education, 6(4), 18381–18390.