Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Main Article Content

Makhdad Anugrah
Muhamad Fauzi
Mukti Ali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental design. Populasi yang ditargetkan adalah anggota ekstrakurikuler pramuka di SMA YWKA Palembang dengan sampel penelitian yang diperoleh dari teknik Purposive Sampling yaitu 35 siswa. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) distribusi responden pada variabel ekstrakurikuler pramuka menunjukkan bahwa 14,28% dari siswa berada dalam kategori "Sangat Tinggi" dengan interval kelas di atas 66,51. Sebanyak 48,57% responden termasuk dalam kategori "Tinggi," yang memiliki interval kelas antara 60,6 hingga 66,51. Adapun 22,85% siswa berada dalam kategori "Rendah" dengan interval kelas 54,68 hingga 60,6. Terakhir, 14,28% siswa tergolong dalam kategori "Sangat Rendah" dengan interval kelas di bawah 54,68. Selain itu, untuk motivasi belajar siswa, data menunjukkan bahwa 17,14% responden berada dalam kategori "Sangat Tinggi" dengan interval kelas lebih dari 67,38. Sebanyak 37,14% siswa termasuk dalam kategori "Tinggi," dengan interval kelas antara 61,45 hingga 67,38. Sementara 31,43% siswa berada dalam kategori "Rendah," yang memiliki interval kelas antara 55,52 hingga 61,45. Terakhir, 14,29% siswa berada dalam kategori "Sangat Rendah" dengan interval kelas di bawah 55,52. (2) Terdapat pengaruh signifikan pada variabel Y, yaitu motivasi belajar siswa SMA YWKA Palembang, dengan hasil kumulatif sebesar (55,522-61,454). (3) Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kegiatan Pramuka dan motivasi belajar, dengan nilai thitung 5,31 dan ttabel 1,692 pada tingkat signifikansi 0,05%. Hasil uji menunjukkan thitung > ttabel (5,31 > 1,692), sehingga Hipotesis Alternatif (Ha)diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan motivasi belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Anugrah, M., Fauzi, M., & Ali, M. (2024). Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 54-61. https://doi.org/10.19109/muaddib.v7i1.24476
Section
Articles

How to Cite

Anugrah, M., Fauzi, M., & Ali, M. (2024). Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 54-61. https://doi.org/10.19109/muaddib.v7i1.24476

References

Amreta, M. Y. (2018). Pengaruh kegiatan pramuka terhadap karakter siswa madrasah ibtidaiyah di era digital. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 26–38.

Anita, Y., Kenedi, A. K., Hamimah, H., Azizah, Z., Arwin, A., Safitri, S., & Khairani, R. (2023). Pelatihan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Teknologi untuk Guru Sekolah Dasar. MONSU’ANI TANO: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 367–380.

Anni, A. R., & Tri, C. (2019). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Arisca, L., Karoma, K., Syarifuddin, A., & Syarnubi, S. (2020). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di SMP Negeri 06 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 2(3), 295–308.

Fathurrohman, S. S. P. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rafika Aditama.

Fauzi, D. (2024). Analisis Dampak Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Disiplin dan Motivasi Belajar Siswa SDN 1 Banyurasa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(2), 472–481.

Firmansyah, Z. A. (2019). Panduan Resmi Pramuka. Jakarta: Wahyumedia.

Gunawan, R. (2018). Pengembangan Kompetensi Guru IPS. Bandung: Alfabeta.

Ismail, F. (2018). Statistika Untuk Penelitian Dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.

Janah, R., Nurfadilah, K., & Qomariyah, S. (2023). Peran Motivasi Belajar Berpartisipasi dalam Peningkatan Prestasi Peserta Didik di SMK Azzainiyyah. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(3), 87–99.

Khodijah, N. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Mahardika, I. K., Melinda, A., Putri, N. T., Avkarinah, Z. I., Fadilah, R. E., & Yusmar, F. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMAN 4 Probolinggo. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 441–444.

Nofianti, A. (2018). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 2(2), 120–129.

Nurrahman, N., Oviyanti, F., & Syarnubi, S. (2021). Hubungan Antara Kegiatan Ekstrakurikuler dengan Keaktifan Siswa dalam Berdiskusi di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 4 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 3(2), 166–175.

Prawira, P. A. (2018). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahman, R., Alimron, A., & Fauzi, M. (2021). Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Stres pada Siswa di SMA Negeri 1 Jejawi. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 10(2), 327–331.

Rizkyka, A. N., Rizkina, A., & Ramadhani, M. I. (2024). Peran Aktivitas Ekstrakurikuler dalam Pengembangan Keterampilan Sosial dan Prestasi Akademis Siswa Sekolah Dasar. Anterior Jurnal, 23(2), 41–45.

Sardiman. (2018). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syah, M. (2020). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wijaya, N. ardy. (2018). Membumikan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yusdinar, P., & Manik, Y. M. (2023). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap pembentukan karakter siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 183–190.

Yusup, J., & Rustini, T. (2019). Panduan Wajib Pramuka Super Lengkap. Jakarta: Bmedia.