Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Amreta, M. Y. (2018). Pengaruh kegiatan pramuka terhadap karakter siswa madrasah ibtidaiyah di era digital. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 26–38.
Anita, Y., Kenedi, A. K., Hamimah, H., Azizah, Z., Arwin, A., Safitri, S., & Khairani, R. (2023). Pelatihan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Teknologi untuk Guru Sekolah Dasar. MONSU’ANI TANO: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 367–380.
Anni, A. R., & Tri, C. (2019). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Arisca, L., Karoma, K., Syarifuddin, A., & Syarnubi, S. (2020). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di SMP Negeri 06 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 2(3), 295–308.
Fathurrohman, S. S. P. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rafika Aditama.
Fauzi, D. (2024). Analisis Dampak Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Disiplin dan Motivasi Belajar Siswa SDN 1 Banyurasa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(2), 472–481.
Firmansyah, Z. A. (2019). Panduan Resmi Pramuka. Jakarta: Wahyumedia.
Gunawan, R. (2018). Pengembangan Kompetensi Guru IPS. Bandung: Alfabeta.
Ismail, F. (2018). Statistika Untuk Penelitian Dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.
Janah, R., Nurfadilah, K., & Qomariyah, S. (2023). Peran Motivasi Belajar Berpartisipasi dalam Peningkatan Prestasi Peserta Didik di SMK Azzainiyyah. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(3), 87–99.
Khodijah, N. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Mahardika, I. K., Melinda, A., Putri, N. T., Avkarinah, Z. I., Fadilah, R. E., & Yusmar, F. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMAN 4 Probolinggo. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 441–444.
Nofianti, A. (2018). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 2(2), 120–129.
Nurrahman, N., Oviyanti, F., & Syarnubi, S. (2021). Hubungan Antara Kegiatan Ekstrakurikuler dengan Keaktifan Siswa dalam Berdiskusi di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 4 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 3(2), 166–175.
Prawira, P. A. (2018). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rahman, R., Alimron, A., & Fauzi, M. (2021). Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Stres pada Siswa di SMA Negeri 1 Jejawi. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 10(2), 327–331.
Rizkyka, A. N., Rizkina, A., & Ramadhani, M. I. (2024). Peran Aktivitas Ekstrakurikuler dalam Pengembangan Keterampilan Sosial dan Prestasi Akademis Siswa Sekolah Dasar. Anterior Jurnal, 23(2), 41–45.
Sardiman. (2018). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Syah, M. (2020). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wijaya, N. ardy. (2018). Membumikan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yusdinar, P., & Manik, Y. M. (2023). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap pembentukan karakter siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 183–190.
Yusup, J., & Rustini, T. (2019). Panduan Wajib Pramuka Super Lengkap. Jakarta: Bmedia.