Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan

Main Article Content

Syahrudin Syahrudin
Ermis Suryana
Maryamah Maryamah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi yang diterapkan oleh Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri 144 Kota Palembang dalam membentuk karakter religius siswa melalui program keagamaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan naturalistik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 144 Kota Palembang dan melibatkan kepala sekolah, guru PAI, siswa, wali kelas V dan VI, serta orang tua siswa sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan strategi komprehensif yang mencakup kegiatan ekstrakurikuler keislaman, perayaan Hari Besar Islam, pembiasaan rutinitas keagamaan, dan kolaborasi dengan orang tua serta lembaga keagamaan lokal. Strategi ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan praktik agama siswa serta penanaman nilai-nilai religius dalam kehidupan sehari-hari mereka. Siswa menunjukkan perkembangan positif dalam pelaksanaan ibadah, pemahaman Al-Qur’an, dan keterlibatan dalam kegiatan keagamaan. Perubahan ini juga tercermin dalam perilaku sosial siswa yang lebih baik, konsisten dengan nilai-nilai agama, dan peningkatan keterlibatan siswa dalam aktivitas keagamaan baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Article Details

How to Cite
Syahrudin, S., Suryana, E., & Maryamah, M. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 46-53. https://doi.org/10.19109/muaddib.v7i1.24477
Section
Articles

How to Cite

Syahrudin, S., Suryana, E., & Maryamah, M. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 46-53. https://doi.org/10.19109/muaddib.v7i1.24477

References

Abdurachman, A., Hanafiah, N., & Sukandar, A. (2021). Manajemen Program Pembiasaan Shalat Berjamaah dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa. Edukasi: Journal of Educational Research, 1(3), 101–115.

Abidin, A. M. (2019). Penerapan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler melalui metode pembiasaan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196.

Fauziah, H. U., Suhartono, E., & Pudjantoro, P. (2021). Implementasi penguatan pendidikan karakter religius. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(4), 437–445.

Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher’s companion. California: Sage.

Ixfina, F. D. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter Religius di Lembaga Pendidikan MI Nurul Yaqin Surabaya. Tarsib: Jurnal Program Studi PGMI, 1(1), 25–31.

Jailani, A. K. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Identitas Keislaman Remaja dan Responsnya terhadap Tantangan Identitas Modern. Ar-Rahman: Journal Of Religious Studies, 1(1), 1–12.

Jannah, M. (2019). Metode dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 77–102.

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.

Khamalah, N. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215.

Muzaini, M. C., & Salamah, U. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 9(1), 82–99.

Nurazizah, A., Rukajat, A., & Ramdhani, K. (2022). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa di era milenial. PeTeKa, 5(3), 361–372.

Rozak, A. (2023). Analisis Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas Vii Di Sekolah Mts Negeri 01 Pamulang Tangerang Selatan: Pendekatan Metode Literature Study and Review (Lsr). El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 1–8.

Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulhan, M. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Visipena, 9(1), 159–172.

Widawati, R., Adistiani, A., Shaheeb, D. S., Mughni, F., Dzakiyah, H., & Alfaiza, M. T. (2024). Keefektifan Pembelajaran PAI Sejak Sekolah Dasar Sampai Sekolah Menengah Atas dengan Pendekatan Personal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 19489–19494.