Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pendidikan Agama Islam
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Ali, K., Syifa, A. M., & Darmaningrum, K. T. (2023). Implementasi Nilai Toleransi dalam Moderasi Beragama Menurut Habib Husain Ja’far Al-Hadar. Mushawwir Jurnal Manajemen Dakwah Dan Filantropi Islam, 1(2), 46–51.
Anwar, K. (2021). Pendidikan Islam multikultural: Konsep dan implementasi praktis di sekolah (Vol. 1). Lamongan: Academia Publication.
Arikarani, Y., Azman, Z., Aisyah, S., Ansyah, F. P., & Kirti, T. D. Z. (2024). Konsep Pendidikan Islam Dalam Penguatan Moderasi Beragama. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 7(1), 71–88.
Awalita, S. N. (2024). Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Rahmatan lil’alamin tingkat Madrasah Ibtida’iyah. Journal of Contemporary Islamic Education, 4(1), 1–12.
Creswell, J. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. California: Sage Publications.
Fonna, N. (2019). Pengembangan revolusi industri 4.0 dalam berbagai bidang. Jakarta: Guepedia.
Futaqi, S. (2018). Konstruksi moderasi Islam (wasathiyyah) dalam kurikulum pendidikan islam. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (pp. 521–530).
Hakim, A. R., & Darojat, J. (2023). Pendidikan multikultural dalam membentuk karakter dan Identitas Nasional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1337–1346.
Hamalik, O. (2011). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.
Herman, Affrida, E. N., Fachrurrazi, A., Hermansyah, S., Sianipar, D., Arifin, … Munandar, H. (2023). ICT dan Inovasi Pendidikan. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.
Hidayati, N., Maemunah, S., & Islamy, A. (2021). Nilai moderasi beragama dalam orientasi pendidikan pesantren di Indonesia. Transformasi, 3(2), 1–17.
Ikhwan, M., Wahyudi, D., & Alfiyanto, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Memperkuat Moderasi Beragama di Indonesia. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 21(1), 1–15.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.
Kemenag. (2021). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. R. I. (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Khoirunnisa, E., & Habibah, E. (2020). Profil keterampilan abad 21 (21st century soft skills) pada mahasiswa. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 2(2), 55–68.
Madjid, N. (2019). Islam, Kemodernan, dan Keindonesiaan. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina.
Marzuqi, B. M., & Ahid, N. (2023). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia: Prinsip Dan Faktor Yang Mempengaruhi. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 4(2), 99–116.
Mukhlis, M., Rasyidi, A., & Husna, H. (2024). Tujuan Pendidikan Islam: Dunia, Akhirat Dan Pembentukan Karakter Muslim Dalam Membentuk Individu Yang Berakhlak Dan Berkontribusi Positif. AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(1), 1–20.
Noviani, D., & Yanuarti, E. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pendidikan Agama Islam. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 57–68.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taufiq, F., & Alkholid, A. M. (2021). Peran Kementerian Agama dalam mempromosikan moderasi beragama di era digital. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(2), 134–147.
Wardani, M. S., Nugroho, N. R. I., & Ulinuha, M. T. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1), 27–33.
Wusthoa, J., & Fadilah, F. (2024). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas X SMAN 20 Gowa. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 6(3), 21–30.
Zuhdi, M. (2015). Teologi Moderasi Beragama. Jakarta: Prenada Media.