Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata PelajaranFikih Kelas X Materi Jual Beli

Main Article Content

Imam Tauhid
Awaluddin Jamil
Mardiah Astuti
Laila Rahmi Hasanah
Rika Hasmayanti Agustina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih materi jual beli di kelas X. Metode yang diterapkan adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Dua kelompok yang sudah ada, yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelompok kontrol, digunakan dalam penelitian ini. Kelas eksperimen menerapkan model Probing Prompting, sementara kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data kuantitatif dikumpulkan melalui observasi keaktifan belajar, serta tes pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Probing Prompting memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Uji homogenitas varians menunjukkan bahwa varians antara kelompok homogen, sementara uji normalitas mengonfirmasi bahwa data terdistribusi normal. Uji t-test menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel baik untuk keaktifan belajar (2.553 > 0.013) maupun hasil belajar (6.261 > 1.667), mengindikasikan pengaruh positif model pembelajaran terhadap kedua aspek tersebut. Uji MANOVA lebih lanjut mengonfirmasi bahwa model Probing Prompting memiliki pengaruh signifikan pada keaktifan dan hasil belajar peserta didik, dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dan fhitung 19.509 > ftabel 3.14.

Article Details

How to Cite
Tauhid, I., Jamil, A., Astuti, M., Rahmi Hasanah, L., & Hasmayanti Agustina, R. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata PelajaranFikih Kelas X Materi Jual Beli. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 62-71. https://doi.org/10.19109/muaddib.v7i1.24479
Section
Articles

How to Cite

Tauhid, I., Jamil, A., Astuti, M., Rahmi Hasanah, L., & Hasmayanti Agustina, R. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata PelajaranFikih Kelas X Materi Jual Beli. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 62-71. https://doi.org/10.19109/muaddib.v7i1.24479

References

Adisaputro, S. E. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Milenial Membentuk Manusia Bermartabat. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1), 1–27.

Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Model Pendidikan Inovatif Abad 21. Yogyakarta: Samudra Biru.

Anggal, N., Yuda, Y., & Amon, L. (2020). Manajemen Pendidikan: Penggunaan Sumber Daya Secara Efektif Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Bandung: CV. Gunawana Lestari.

Azizah, S. N., & Sri, M. A. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa KElas X SMAN 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(2), 31–38.

Daga, A. T. (2021). Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1075–1090.

Hairunisa, N. (2023). Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning Pada Materi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Sumber Agung Kecamatan Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat. Unisan Jurnal, 1(5), 241–250.

Hastiwi, F., Khasanah, U., & Wahyuningsih, S. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas IV SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 251–262.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Krisno, A. (2016). SINTAKS 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMMPress.

Kunandar. (2007). Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lestari, N. A. P., Kurniawati, K. L., Dewi, M. S. A., Hita, I. P. A. D., Astuti, N. M. I. P., & Fatmawan, A. R. (2023). Model-model pembelajaran untuk kurikulum merdeka di era society 5.0. Bandung: Nilacakra.

Mendrofa, D., Telamubauna, D., Zega, N. A., & Harefa, A. R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Hiliserangkai Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 5521–5531.

Nurlatifah, S. (2024). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN 2 Kota Kediri. PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 2(1), 15–31.

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100–111.

Rasyid, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitattif dan Kuantitatif. Kediri: IAIN Kediri Press.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.

Widiansyah, A. (2017). Peran ekonomi dalam pendidikan dan pendidikan dalam pembangunan ekonomi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 17(2), 207–215.