Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pemecahan Masalah Akademik Siswa di SMK Muhammadiyah 2 Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerjasama yang dilakukan antara guru dan orang tua dalam pemecahan masalah akademik siswa. Pendekatan yang digunakan didalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian dapat diidentifikasi menjadi tiga yaitu place, person dan paper. Sumber data dalam penelitian terdiri dari guru al-Islam, orangtua dan siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang diperoleh dilapangan dianalisis menggunakan langkah-langkah reduksi data (merangkum), display (penyajian data), dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis masalah siswa dapat berupa masalah siswa yang kesulitan mendapatkan cara belajar, Kesulitan dalam memahami materi ajar, kesulitan menentukan sumber belajar, dan penundaan pengerjaan tugas-tugas. Bentuk kerjasama guru dan orangtua dapat dilakukan dalam bentuk kolaborasi dalam kegiatan pembelajaran, membangun hubungan komunikasi yang baik, mengadakan kegiatan kunjungan kerumah siswa, mengoptimalkan pemanfaatan media (eduMU).
Article Details
How to Cite
Arafat, Y., & Astuti, M. (2020). Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pemecahan Masalah Akademik Siswa di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Muaddib: Islamic Education Journal, 3(2), 89-98. https://doi.org/10.19109/muaddib.v3i2.7842
Section
Articles
How to Cite
Arafat, Y., & Astuti, M. (2020). Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pemecahan Masalah Akademik Siswa di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Muaddib: Islamic Education Journal, 3(2), 89-98. https://doi.org/10.19109/muaddib.v3i2.7842
References
Anggrosino, M. V. (2007). Naturalistic Observation.
Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Hamalik, O. (1990). Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Tarsito.
Holis, A. (2007). Peranan Keluarga/Orang Tua dan Sekolah dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 1(1), 22–43.
Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 (2003).
Miarso, Y. (2005). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif.
Nurkholis. (2006). Manajemen Berbasis Sekolah : Teori, Model, dan Aplikasinya. Grasindo.
Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Hamalik, O. (1990). Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Tarsito.
Holis, A. (2007). Peranan Keluarga/Orang Tua dan Sekolah dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 1(1), 22–43.
Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 (2003).
Miarso, Y. (2005). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif.
Nurkholis. (2006). Manajemen Berbasis Sekolah : Teori, Model, dan Aplikasinya. Grasindo.