Analisis Tes Butir Soal Guru dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan, Untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses pembuatan soal yang
dilakukan oleh guru di SMP Negeri 8 Palembang. Untuk menganalisis dan mendeskripisikan
validitas dan reliabilitas tes butir soal guru dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di
SMP Negeri 8 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method dengan model
sequential sedangkan pendekatan nya menggunakan explanatory, Kemudian untuk populasi dalam
penelitian ini siswa kelas VIII dan guru Agama, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari
22 siswa perwakilan dari setiap kelas VIII dan guru agama kelas VIII. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif
dengan model miles huberman, sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan uji validitas. Hasil
dari penelitian ini adalah penyusunan soal yang dilakukan di SMP N 8 Palembang sudah baik tetapi
belum termasuk kriteria K13 yang digunakan saat ini. Butir soal instrumen pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam yang dibuat oleh guru di SMP Negeri 8 Palembang telah memenuhi kriteria
valid yaitu dengan indeks aiken 0,86 dengan kategori mediacore (sedang). Reliabillitas pada soal tes
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 0,67 dalam kategori tinggi.
Article Details
How to Cite
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyususnan Instrumen Tes Dan Non Tes. Yogjakarta: Mitra Cendikia Press.
Perarturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. (2007). Jakarta: Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Perarturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. (2016). Jakarta: Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.
Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.