PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Main Article Content

Prestin Experenza
Muhammad Isnaini
Luthfia Irmita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap keterampilan berkomunikasi siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada semester genap yang dimulai tanggal 07 sampai 28 Januari 2019. Populasi  dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIA MA Patra Mandiri Palembang tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 3 kelas  yaitu kelas X MIA 1, X MIA 2, dan X MIA 3. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebaga kelas kontrol. Data keterampilan berkomunikasi siswa diperoleh melalui observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dan taraf signifikansi = 5%. Hasil uji hipotesis Mann-Whitney sebesar Asymp.sig.(2-tailed) sebesar 0,000 <0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap keterampilan berkomunikasi siswa di kelas X MIA pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di MA Patra Mandiri Palembang.
 

Article Details

How to Cite
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. (2019). Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 81-93. https://doi.org/10.19109/ojpk.v3i1.3370
Section
Articles

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. (2019). Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 81-93. https://doi.org/10.19109/ojpk.v3i1.3370

References

Barragato, A. (2015). Think Pair Share (Think/Pair/Share and Variations An Effective Implementation Guide For Active and Assessmendt Faculty Centerfor Innovative Teaching. Central Michigan University. PDF.

Evans, R & Russell, P. (1992). Manajer Kreatif. Jakarta: Binarupa Aksara. Gramedia. Jakarta.

Kasmadi dan Indraspuri, (2010), “Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia Dari Internet pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 1, 574-581.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lie, A. (2002). Mempraktikkan Kooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas.

Martinis, Y & Bansu, I. (2009). Taktik Pengembangan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta : Gaung Persada Perss

Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nurhayati. (2008). Efektifitas Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Bidang Studi Fiqih di MTS Soebono. Tangerang : Mantofani Jombang Ciputat.

Oktaviani, T. & Hidayat, T. (2010). Profil Keterampilan Berkomunikasi siswa SMA Menggunakan Metode Fenetik Dalam Pembelajaran Klasifikasi Arthropoda. Jurnal Pengajaran MIPA. 15(1),13-15.

Purtadi., Sukisman & Sari, L. (2006). Analisis Miskonsepsi Konsep Laju dan Kesetimbangan Kimia Pada Siswa SMA. Yogyakarta.

Ristiyani, E., & Bahriah, E. (2016). Analisis kesulitan belajar kimia siswa di SMAN X kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18-29.

Saputra, K., (2015). Pengaruh Proses Pembelajaran Dan Motiasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Maulana Pegayaman. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5 (1), 1-10.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : Ar-ruzz Media.

Slavin, E. R., (2005). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktek penerjemah: Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Stahl, R. J. (1994) Cooperative learning in social studies: A Handbook for Teacher. New York: Addision Wesley Publishing Company, Inc.

Sukmawati, dkk. (2015). Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Media Couple Card Tema Bunyi Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berkomunikasi Ilmiah. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Syahza & Irianti. (2009). Model-Model Pembelajaran. PLPG 2008 Rayon 5. Riau: Universitas Riau. [Online]. Tersedia: http://almasdi.staff.unri.ac.id/files/2012/06/Model_Pembelajaran-2009.pdf.