PENERAPAN STRATEGI PBAS (PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.19109/pairf.v4i3.7799Keywords:
PBAS (Student Activity Oriented Learning), Learning OutcomesAbstract
The research was conducted to see hoe to implementation of the PBAS (Student Activity Oriented Learning) strategy of MA Al-Fatah Palembang. Anda also to see how student learning outcomes in the experimental class and control class.The type of research used here is experimental research with the Posstest – Only Control Design design.this research uses a quantitative approach. Furthermore, in the research the data method used was the method of observation, tests, and documentation.The learning outcomes that are carried out, the implementation of the PBAS (Student Activity Oriented Learning) strategy is carried out in the tages of planning, implementation, and evaluation.The result showed that the student learning outcomes of the experimental class were higher than the control class, with the result of the t test hypotesis: (t0 =6,142) and the size shown in the t value table (ttabel 5%=2,02 dan ttabel 1%= 2,71) accepted, the proposed acceptance is 2,02<6,124>2,71, and the null hypotesis is rejected. This means that the increase in learning outcomes after implementing the PBAS (Student Activity Oriented Learning). Strategy.References
Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: RinekaCipta. 2010.
Astuti, Marlian. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) Kelas VIII MTS Hasnah Pekanbaru. “ Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasih Riau Pekanbaru. 2009.
Ayundawati, Dyah. “Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa melalui supervisi akademik dengan pendekatan kemitraan “Jurnal Kahuripan, 2, No. 2 (2019): 1-18.
Dokumen Data Tata Usaha Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang Misyuraidah, FiqihI. Palembang: Grafika Telindo, 2017.
Mulyasa. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Nurlaila. Ilmu Pendidikan Islam. Palembang: UIN Raden Fatah, 2017.
Observasi, Letak Geografis Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang, 12 Oktober 2020 Pukul 09:30
Priansah, Donni Juni. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran Bandung: Pustaka Setia, 2016.
Rizal, Samsu, Ahmad Syarifuddin, and Syarnubi Syarnubi. "Pengaruh Akun Dakwah Youtube Terhadap Perilaku Religiusitas Siswa di MAN 2 Palembang." Jurnal PAI Raden Fatah 1, no. 3 (2019): 351-370.
Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2008.
Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group. 2008
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2006.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada,2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,2018.
Supardi, Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik (konsep dan Aplikasi) Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2016.
Susanto, Ahmad Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar (Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.
Syarnubi, Syarnubi. "Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan." Tadrib 5, no. 1 (2019): 87-103.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar MengajarJakarta: Rineka Cipta, 2010.
Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Jakarta: Rajawali pers, 2011.
Wahab, Rohmalina. Psikologi Belajar. Palembang: Grafika Telindo Press, 2015.
Walid, Ahmad. Strategi Pembelajaran IPA. Bengkulu: Pustaka Belajar, 2017.
Wawancara dengan Rostiana Sartika S.Ag Selaku Guru Hasil di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang 3 Maret 2020 Pukul 10.00 WIB
Wawancara dengan Siti Nurul Atqoh, S. Ag., M.Si. “Selaku Waka Kurikulum di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang 27 Oktober 2020 Pukul 10.30 WIB, “ n.d.
Zahra, Muhammad Abu. Ushul Fiqih. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2008.
Astuti, Marlian. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) Kelas VIII MTS Hasnah Pekanbaru. “ Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasih Riau Pekanbaru. 2009.
Ayundawati, Dyah. “Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa melalui supervisi akademik dengan pendekatan kemitraan “Jurnal Kahuripan, 2, No. 2 (2019): 1-18.
Dokumen Data Tata Usaha Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang Misyuraidah, FiqihI. Palembang: Grafika Telindo, 2017.
Mulyasa. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Nurlaila. Ilmu Pendidikan Islam. Palembang: UIN Raden Fatah, 2017.
Observasi, Letak Geografis Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang, 12 Oktober 2020 Pukul 09:30
Priansah, Donni Juni. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran Bandung: Pustaka Setia, 2016.
Rizal, Samsu, Ahmad Syarifuddin, and Syarnubi Syarnubi. "Pengaruh Akun Dakwah Youtube Terhadap Perilaku Religiusitas Siswa di MAN 2 Palembang." Jurnal PAI Raden Fatah 1, no. 3 (2019): 351-370.
Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2008.
Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group. 2008
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2006.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada,2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,2018.
Supardi, Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik (konsep dan Aplikasi) Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2016.
Susanto, Ahmad Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar (Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.
Syarnubi, Syarnubi. "Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan." Tadrib 5, no. 1 (2019): 87-103.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar MengajarJakarta: Rineka Cipta, 2010.
Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Jakarta: Rajawali pers, 2011.
Wahab, Rohmalina. Psikologi Belajar. Palembang: Grafika Telindo Press, 2015.
Walid, Ahmad. Strategi Pembelajaran IPA. Bengkulu: Pustaka Belajar, 2017.
Wawancara dengan Rostiana Sartika S.Ag Selaku Guru Hasil di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang 3 Maret 2020 Pukul 10.00 WIB
Wawancara dengan Siti Nurul Atqoh, S. Ag., M.Si. “Selaku Waka Kurikulum di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang 27 Oktober 2020 Pukul 10.30 WIB, “ n.d.
Zahra, Muhammad Abu. Ushul Fiqih. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2008.
Downloads
Published
31-07-2022
Issue
Section
Articles
How to Cite
PENERAPAN STRATEGI PBAS (PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. (2022). Jurnal PAI Raden Fatah, 4(3), 239-252. https://doi.org/10.19109/pairf.v4i3.7799