Exploring the Role of Islamic Resilience and Self-Identity in Muslim Women's Da'wah Experiences
Main Article Content
Abstract
Article Details
Psikis: Jurnal Psikologi Islami by http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/psikis is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
How to Cite
References
Affandi, M., & Mubarok, A. S. (2022). Resiliensi mahasiswa santri tahfidz ditinjau dari kecerdasan spiritual dan religiusitas. Jurnal Psikologi Islam, 9(2), 43–56. https://doi.org/10.47399/jpi.v9i2.204
Akbar, N. F., & Faristiana, A. R. (2023). Perubahan sosial dan pengaruh media sosial tentang peran instagram dalam membentuk identitas diri remaja. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 98–112. 10.59024/simpati.v1i3.225
Anugraheni, A. R., Rahmani, A. N., Vionita, V. K., & Husna, A. N. (2020, May). Resiliensi pada wirausahawan wanita: studi literatur. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 94-99). https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/954
Apriawal, J. (2022). Resiliensi pada karyawan yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) Resilience in employees who have been termination (PHK). Jurnal Ilmu Psikologi Dan Kesehatan, 1(1). https://doi.org/10.47353/sikontan.v1i1.330
Arif, M. (2012). Pendidikan agama islam inklusif multikultural. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–18.
Ayu K.W, F. D., Hidayati, N. O., & Mardhiyah, A. (2017). Gambaran resiliensi pada remaja. Jurnal Keperawatan ’Aisyiyah, 4(1). https://doi.org/10.33867/jka.v4i1.2
Aziz, M., & Aziz, M. (2022). Muslim religious identity formation: Factors that promote a muslim religious identity among a sample of muslim college students. Journal of Islamic and Muslim Studies, 7(2), 1–27.
Azisi, A. M. (2020). Peran agama dalam memelihara kesehatan jiwa dan sebagai kontrol sosial masyarakat. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 11(2), 55–75. https://doi.org/10.15548/alqalb.v11i2.1683
Bashori, K., & Moerdijat, R. L. (2023). Islamic adaptive resilience in post-conflict schools and natural disasters of Aceh: A longitudinal case study. International Journal of Islamic Educational Psychology, 4(2), 291-313. DOI: https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i2.20674
Dewi, K. S., & Najicha, F. U. (2024). Pendidikan kewarganegaraan sebagai strategi mempertahankan identitas nasional era globalisasi. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 33–38. https://doi.org/10.56393/decive.v4i1.2066
Efendi, N., & Ibnu Sholeh, M. (2023). Dinamika sosial dalam proses pengambilan keputusan dalam manajemen pendidikan islam. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(2).
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i2.421
Eriyanti, F. (2006). Dinamika posisi identitas etnis Tionghoa dalam tinjauan teori identitas sosial. Jurnal Demokrasi, 5(1).
Erlina, L. (2020). Efikasi diri dalam meningkatkan kemampuan mobilisasi pasien. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.
Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj Press.
Fahmi, F., & Hamdiyah, A. B. (2020). Potret islam sebagai agama dan peradaban modern. Jurnal Pendidikan dan Keislaman: Vol. III (Issue 2). https://doi.org/10.30821/alfatih.v3i2.91
Febriana, L., & Qurniati, A. (2021). Pendidikan agama Islam berbasis religiusitas. EL-TA’DIB (Journal of Islamic Education), 1(1). https://doi.org/10.36085/eltadib.v1i1.1450
Firmansyah, A. (2020). Pengaruh perhatian orang tua terhadap peningkatan akhlak anak. Alim| Journal of Islamic Education, 2(1), 139–150. 10.51275/alim.v2i1.174
Fitriani, S. (2020). Keberagaman dan toleransi antar umat beragama. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 20(2). https://doi.org/10.24042/ajsk.v20i2.5489
Hakim, A. R., Mardhiyah, A., Novtadijanto, D. M. I., Nurkholifah, N., Ramdani, Z., & Amri, A. (2021). Pembentukan identitas diri pada kpopers. Motiva: Jurnal Psikologi, 4(1), 18–31.
Hanewald, R. (2011). Reviewing the literature on “at-risk” and resilient children and young people. In Australian Journal of Teacher Education (Vol. 36, Issue 2). https://doi.org/10.14221/ajte.2011v36n8.3
Haq, A. L. A., & Rohmadani, Z. V. (2023). Efforts to increase learning motivation and resilience of ptm/a students during the covid-19 pandemic using islamic neuro linguistic programming. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 9(2), 236-244. DOI: https://doi.org/10.19109/psikis.v9i2.11661
Hendriani, W. (2017). Adaptasi positif pada resiliensi akademik mahasiswa doktoral. Humanitas, 14(2). https://doi.org/10.26555/humanitas.v14i1.5696
Hidayah, N., & Huriati, H. (2016). Krisis identitas diri pada remaja “identity crisis of adolescences.” Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 10(1), 49–62.
Hidayanti, N. (2023). Implikasi self efficacy albert bandura dalam pendidikan agama islam. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(4), 1626–1636.https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.618
Imron, I., Mawardi, I., & Şen, A. (2023). The influence of spirituality on academic engagement through achievement motivation and resilience. International Journal of Islamic Educational Psychology, 4(2), 314-326. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i2.19428
Khafidah, W., & Maryani, M. (2020). Aspek sosial dalam pendidikan. Serambi Tarbawi, 8(1), 67–86. https://doi.org/10.32672/tarbawi.v8i1.3323
Mutamaqin, M. I. (2023). Tiga pondasi pengetahuan dasar dalam pendidikan. Jurnal ReviewPendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2).
Narulita, S., Aulia, R. N., Wajdi, F., & Khumaeroh, U. (2017). Pembentukan karakter religius melalui wisata religi. Prosiding Seminar Nasional Tahunan FIS UNM, 159–162.
Nastasia, K. (2022). Hubungan Antara Resiliensi dengan Stres Kerja pada Guru Pada Masa Pandemi Covid-19. Psyche 165 Journal. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v15i2.170
Nurmiyanti, L. (2018). Pendidikan agama islam sebagai pondasi sosial budaya dalam kemajemukan. Journal Istighna, 1(2). https://doi.org/10.33853/istighna.v1i2.4
Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan karakter religius dan mandiri di pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42.
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619
Rahmawati, H. K. (2016). Kegiatan religiusitas masyarakat marginal di Argopuro. Community Development, 1(2), 35–52.
Rahmiyanti, N. F., & Izzan, A. (2021). Friendship design thinking of the prophet muhammad inspirational hadith of the prophet. Gunung Djati Conference Series, 4, 86–93. : https://conferences.uinsgd.ac.id/gdcs
Ramadhani, F., Situmorang, N. Z., & Prabawanti, C. (2021). Resiliensi pada pekerja perempuan masa pandemi di Yogyakarta. Psyche 165 Journal, 14(1). 10.35134/jpsy165.v14i1.24
Ratri, L. (2011). Cadar, media, dan identitas perempuan muslim. Forum, 39(2), 29–37.
Reyes-Menendez, A., Saura, J. R., & Thomas, S. B. (2020). Exploring key indicators of social identity in the# MeToo era: Using discourse analysis in UGC. International Journal of Information Management, 54. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102129
Safitri, A., Rochmani, S., & Winarni, L. M. (2022). Hubungan tingkat spiritualitas dengan resiliensi pada warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tangerang. Nusantara Hasana Journal, 2(5). https://www.nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/552
Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan media sosial instagram dalam pembentukan identitas diri remaja. Interaksi Online, 6(4), 490–501.
Saleh, A. A., Marissangan, H., Abdullah, S., & Hamid, H. (2024). Religious practices and psychological resilience: Insights from South Sulawesi’s muslim communities during the pandemi. International Journal, 5(10), 4804–4818. 10.61707/pdgekd27
Sarwoko, E. A. (2006). Mekaisme sistem idetifikasi biometrik. Prosiding Seminar Nasional Spmipa.
Sriyanti, D. (2023). Memperkuat pondasi iman: Pendidikan agama islam Di SMAN 9 Kaur kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(2), 133–145.
Suud, F. M., Uyun, M., & Na’imah, T. (2023). Development of achievement motivation training module to improve student academic resilience in disaster areas. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 9(2), 312–323. https://doi.org/10.19109/psikis.v9i2.19286
Suud, F. M., Agilkaya-Sahin, Z., Na’Imah, T., Azhar, M., & Kibtiyah, M. (2024). The impact of family social support on academic resilience in Indonesian and Turkish students: the mediating role of self-regulated learning. International Journal of Adolescence and Youth, 29(1), 2361725. https://doi.org/10.1080/02673843.2024.2361725
Suud, F. M., & Na’imah, T. (2023). The effect of positive thinking training on academic stress of Muslim students in thesis writing: a quasi-experimental study. International Journal of Adolescence and Youth, 28(1). https://doi.org/10.1080/02673843.2023.2270051
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23.
Utami, S. (2018). Kuliner sebagai identitas budaya: Perspektif komunikasi lintas budaya. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 8(2), 36–44. https://core.ac.uk/download/pdf/288330791.pdf
Wahidah, E. Y. (2020). Resiliensi perspektif Al Quran. Jurnal Islam Nusantara, 2(1), 105–120.
Wahyu, W. L., & Julianto, A. (2023). Persepsi Mahasiswa dalam Menggunakan Style Hijab di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.69775/jpia.v4i1.141
Yahya, M. H. (2019). Barakah dalam konteks negara zikir ke arah baldah tayyibah wa rabb ghafur: Barakah in the zikir nation Context towards Baldah Tayyibah Wa Rabb Ghafur. ‘Abqari Journal, 20(1), 122–136. https://doi.org/10.33102/abqari.vol20no2.209
Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati, S. (2017). Peran efikasi diri (self-efficacy) dan kemampuan berpikir positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2228