Gambaran Motivasi Berprestasi Peer Group Religius Pada Mahasiswa

Main Article Content

Taufiq Ahmad Syauqi

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran atau persepsi mahasiswa yang ada dalam peer grouptentang motivasi berprestasiserta religiusitas yang ada pada diri mereka. Metode penelitian menggunakan kualitatif studi kasus. Informan pada penelitian ini melibatkan  9 mahasiswa yang terbagi menjadi 3 peer group dengan karakteristik masing-masing dan 1 staff pengajar. Hasil penelitian menunjukkan menurut individu di dalam peer group, motivasi berprestasi akademik maupun non-akademik pada mahasiswa mereka dipengaruhi oleh teman di dalam peer group, dan religiusitas dapat mempengaruhi motivasi berprestasi mereka. Religiusitas dapat secara sendiri mempengaruhi motivasi berprestasi, dan dapat terbentuk di dalam peer group sehingga secara tidak langsung berpengaruh pada motivasi berprestasi pada mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Gambaran Motivasi Berprestasi Peer Group Religius Pada Mahasiswa. (2019). Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 5(2), 133-139. https://doi.org/10.19109/psikis.v5i2.2936
Section
Articles December 2019

How to Cite

Gambaran Motivasi Berprestasi Peer Group Religius Pada Mahasiswa. (2019). Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 5(2), 133-139. https://doi.org/10.19109/psikis.v5i2.2936

References

Ancok, D & Suroso, F. N. (2011). Psikologi Sosial: Solusi Islam Atas Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Baron, R.A & Byrne, D. (2005). psikologi Sosial. Jakarta: penerbit Erlangga.

Dewi, E. (2017). Pengaruh Religiusitas dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs Al-Quraniyah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. 2(2).

Efendi, A. L. R. & Y. (2014). Hubungan Antara Konsep Diri dalam Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. Fkip Unila.

Eisenkopf, G. (2010). Peer effects, motivation, and learning. Economics of Education Review, 29(3), 364–374. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2009.08.005

Hawari, D. (2011). Dimensi Kesehatan Jiwa dalam Rukun Iman dan Islam. Jakarta: Fakultas Kedokteran UI.

Manggarani, K & Supraptiningsih, E. (2011). Hubungan antara Peran Kelompok Teman Sebaya dengan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung Angkatan PDF Download Gratis. Prosiding
Psikologi. Retrieved from https://docplayer.info/44385969-Hubungan-antara-peran-kelompok-teman-sebaya-dengan-
motivasi-berprestasi-pada-mahasiswa-fakultas-psikologi-universitas-islam-bandung-angkatan-2011.html

Mustain, A. (2014). Hubungan religiusitas dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas XI SMAN 1 Kraksaan Probolinggo.

Rahmawati, T. (2007). Studi Deskriptif mengenai Adversity Quotient pada Siswa Kelas XI.

Santrock, J. W. (2003). Perkembangan Remaja. Jakarta: penerbit Erlangga.

Sari, A.W & Zulkaida, A. (2009). Hubungan Antara Konformitas Kelompok dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja Akhir. Gunadarma.

Suriani & Hermansyah. (2014). Pengaruh Peer Group Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja | Hermansyah | Jurnal Ilmu Keperawatan. Gaster, 2(1). Retrieved from
http://jurnal.unsyiah.ac.id/JIK/article/view/5186

Susilowati, T & Sari, I. . (2014). Hubungan Dukungan Sosoal Teman Sebaya (Peer Group) dengan Minat Mahasiswa Mengijuti Program Pofesi Ners di Stikes Aisyiyah Surakarta. In Agustus.

Yudha, R. I., & idris, I. (2014). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada SMK Bidang Manajemen Bisnis Jurusan Pemasarandi Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 1(2).