PENINGKATAN MINAT PENULISAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH MAHASISWA DALAM MENUNJANG DAYA SAING PERGURUAN TINGGI
Main Article Content
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk memberikan analisis mengenai strategi penguatan minat menulis karya ilmiah mahasiswa sehingga kemauan dan kemampuan menulis mahasiswa menjadi meningkat. Artikel ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa wawancara dan dokumentasi. Terdapat permasalahan utama dalam strategi penguatan penulisan yaitu perlunya sosialisasi pentingnya publikasi dan pendampingan kepada mahasiswa sehingga dapat mengurangi kendala-kendala yang dirasakan mahasiswa. Alternatif yang dilakukan dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi mahasiswa dalam menulis karya ilmiah mahasiswa. Mahasiswa yang menjadi responden adalah ketua program studi, sekretaris dan mahasiswa program studi ilmu politik Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang angkatan 2018. Hasil Analisis didapatkan dalam pembimbingan karya ilmiah terdapat 2 pembimbing pada satu karya, sehingga diperlukan koordinasi dan kolaborasi antara mahasiswa dan 2 pembimbing dalam penulisannya. Namun, dalam penulisan mahasiswa dalam bimbingan belum dapat secara utuh merepresentasikan bimbingan yang diberikan sehingga membuat penyelesaian menjadi lama dan tidak terfokus dengan baik. Dampaknya seperti proses penyelesaian penulisan terasa kurang optimal serta lamanya proses penyelesaian penulisan karya ilmiah mahasiswa.
Article Details
How to Cite
PENINGKATAN MINAT PENULISAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH MAHASISWA DALAM MENUNJANG DAYA SAING PERGURUAN TINGGI. (2021). TABAYYUN, 2(2), 15-21. https://doi.org/10.19109/tabayyun.v2i2.11616
Section
Articles
How to Cite
PENINGKATAN MINAT PENULISAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH MAHASISWA DALAM MENUNJANG DAYA SAING PERGURUAN TINGGI. (2021). TABAYYUN, 2(2), 15-21. https://doi.org/10.19109/tabayyun.v2i2.11616