Strategi Humas Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Dalam Membangun Citra Positif Pemerintah Daerah

Isi Artikel Utama

Suhaini Oktari
Aliasan Aliasan
Muslimin Muslimin

Abstrak

Strategi Humas Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Dalam Membangun Citra Positif Pemerintah Daerah. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan humas dalam membangun sebuah citra positif. Dalam hal ini yang menjadi fokus utama adalah humas pemerintah provinsi. Seperti yang kita ketahui bahwa humas pemerintah ini berada di bawah naungan instansi pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Secara umum, tugas humas adalah untuk membangun citra positif sebuah organisasi. Humas Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sendiri memiliki tugas yang telah diatur dalam Peraturan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 55 tahun 2016, yaitu bertugas memberikan pelayanan administratif dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi perangkat daerah di bidang hubungan masyarakat dan keprotokolan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.  Selain itu, penelitian ini merupakan penelitian lapangan, maka dari itu semua data yang diperlukan akan diperoleh dari data primer yaitu memperoleh data dari informan yang berasal langsung dari Humas Pemprov Sumsel dan data sekunder berupa tulisan, gambar, atau media lainnya yang berkaitan dengan Humas Pemprov Sumsel. Setelah itu, ketika data sudah terkumpul, maka selanjutnya data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hingga pada akhirnya, penelitian ini menemukan benang merah permasalahannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Humas Pemprov Sumsel adalah mengikuti kemajuan teknologi dengan memanfaatkan semua media yang ada dan melakukan kerjasama dengan semua media dan dinas-dinas terkait.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Strategi Humas Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Dalam Membangun Citra Positif Pemerintah Daerah. (2023). TABAYYUN, 4(1), 226-262. https://doi.org/10.19109/tabayyun.v4i1.18400
Bagian
Articles

Cara Mengutip

Strategi Humas Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Dalam Membangun Citra Positif Pemerintah Daerah. (2023). TABAYYUN, 4(1), 226-262. https://doi.org/10.19109/tabayyun.v4i1.18400

Referensi

Anggoro, M. Linggar. Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2008.
Annur, Saipul. Metodologi Penelitian Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press. 2008.
Ardianto, Elvinarno. Public Relations Praktis. Bandung: Widya Padjadjaran. 2009.
Ardianto, Elvinaro. Handbook of Public Relations, Pengantar Komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2011.
Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. Depok: Rajawali Pers. 2018.
Cangara, Hafied. Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers. 2013.
El Ishaq, Ropingi. Public Relations Teori Dan Praktek. Malang: Intrans Publishing. 2017.
Gassing, Syarifuddin S., Suryanto. Public Relations. Yogyakarta: Andi Offset. 2016.
Herimanto, Bambang., dkk. Public Relation dalam organisasi. Yogyakarta : Penerbit Santusta. 2007.
Iriantara, Yosal. Humas Pemerintah 4.0. Bandung: Media Nusantara. 2018.
Kriyantono, Rachmat. Public Relations & Krisis Management: Pendekatan Critical Public Relation, Etnografi Kritis Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2012.
Lattimore. Public Relations, Profesi dan Praktik. Salemba Humanika. 2010.
Moore, Frazier. Humas: Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004.
Morissan. Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana. 2008.
Morissan. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2013.
Narkubo, Cholid dan Abu Achmad. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2015.
Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana. 2010.
Nurudin. Sistem Komunikasi Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2010.
Ruslan, Rosady. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2006.
Ruslan, Rosady. Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: Fajar Interpratama Madiri. 2003.
Ruslan Rosady. Praktik Dan Solusi Public Relations Dalam Situasi Krisis Dan Pemulihan. Jakarta: Gahlia Indonesia. 1997.
Uchjana Effendy, Onong. Human Relation & Public Relation. Bandung: CV Mandar Maju. 2009.
Widjaja, Amin. Dasar – Dasar Customer Relationship Management. Jakarta: Harvindo. 2008.
Laksamana, Agung. “Humas Indonesia Menuju Industri 4.0”. WartaEkonomi.co.id. Diakses pada tanggal 5 maret 2023
Areni Bertta Safitri. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Skripsi “Peranan Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah (Studi di Humas Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan)”. Universitas Sriwijaya Palembang. 2017.
Dio Alif Utama. Fakultas Dakwah Dan Komunikasi. Skripsi “Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kota Palembang”. UIN Raden Fatah Palembang. 2018.
Ema Noviana. Fakultas Dakwah Dan KomunikasI. Skripsi “Strategi Komunikasi Humas Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Palembang Dalam Meningkatkan Citra Pada Masyarakat”. UIN Raden Fatah Palembang. 2022.
Wawancara :
Septriandi Setia Permana, S.STP.,M.Si., Kepala Bagian, Wawancara, Pemerintah Humas Pemprov. Sumatera Selatan, (09 Mei 2023)
Komalasari, S.Si., Staff Pemberitaan dan Audiovisual, Wawancara, Humas Pemprov. Sumatera Selatan, (09 Mei 2023)