Analisis Semiotika Interaksi Sosial Narapidana Dalam Film 2037 Karya Mo Hong Jin

Isi Artikel Utama

Mega Sari
Hamidah Hamidah
Jufrizal Jufrizal

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dengan hubungan sosial yang dinamis, yaitu hubungan antara individu, kelompok, ataupun kelompok dengan kelompok, dimana hubungan tersebut memiliki hubungan timbal balik. Film 2037 dipilih karena memiliki aspek interaksi sosial yang terjadi dalam satu lingkungan, yaitu para narapidana yang berada di dalam sel tahanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi sosial dan juga bentuk-bentuk interaksi sosial yang terjadi dalam film 2037 sutradara Mo Hong Jin. Hasil dari penelitian ini menemukan bentuk interaksi sosial asosiatif dan disosiatif. Hasil tersebut disajikan dalam bentuk gambar, dialog per-scene dan gesture di setiap scene yang dianalisis tanda denotasi dan konotasinya dalam film 2037. Tanda ditampilkan melalui beberapa aspek seperti latar dan setting film, teknik pengambilan gambar, adegan yang dilakukan pemain karakter dan dialog antar tokoh. Aspek-aspek tersebut lah yang kemudian turut membangun alur cerita film yang menghasilkan sebuah bentuk interaksi sosial.
Kata kunci : Film; Interaksi Sosial; Semiotika;

##plugins.themes.bootstrap3.displayStats.downloads##

##plugins.themes.bootstrap3.displayStats.noStats##

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Analisis Semiotika Interaksi Sosial Narapidana Dalam Film 2037 Karya Mo Hong Jin. (2023). TABAYYUN, 4(1), 264-279. https://doi.org/10.19109/tabayyun.v4i1.18416
Bagian
Articles

Cara Mengutip

Analisis Semiotika Interaksi Sosial Narapidana Dalam Film 2037 Karya Mo Hong Jin. (2023). TABAYYUN, 4(1), 264-279. https://doi.org/10.19109/tabayyun.v4i1.18416

Referensi

Ardiyanto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Arifin, Bambang Samsul. 2015. Psikologi Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.
Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra.
https://m.diadona.id/d-stories/pengertian-film-dan-jenisnya-menurut-parashli-200626s.html diakses pada tanggal 6 November 2022.
Jaya, I Made Laut Mertha. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: QUADRANT
Kurniawan. 2001. Semiologi Roland Barthes. Magelang: IndonesiaTera.
K-Wave. Sinopsis dan Profil Pemain 2037, Film Korea tentang Kehidupan Tahanan Wanita di Penjara. https://www.orami.co.id/magazine/sinopsis-dan-profil-pemain-2037. Diakses 15 Januari 2022.
Literasi, Gramedia. Pengertian Semiotika: Konsep Dasar, Macam, dan Tokoh Pencetusnya. https://www.gramedia.com/literasi/semotika/, Diakses tanggal 19 Maret 2023.
McQuail, Denis. 1994. Teori Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Prasetya, Arif Budi. 2018. Analisis Semiotika Film dan Komunikasi. Malang: Intrans Publishing.
Rohmaniah, Al Fiatu. 2021. Kajian Semiotika Roland Barthes, Al -Ittishol, Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol.2 No.2, 2 Juli 2021.
Riadi, Muchlisin. Pengertian, Sejarah dan Unsur-unsur Film., https://www.kajianpustaka.com/2012/10/pengertian-sejarah-dan-unsur-unsur-film.html. Diakses pada 3 Januari 2023.
Santoso, Slamet. 2010. Teori-teori Psikologi Sosial. Yogyakarta: Reflika Aditama.
Soekanto, Soerjono. 2014. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Silmauly B.S et al. 2020. Representasi Interaksi Sosial antar Kelas dalam Film Parasite. Jurnal E-Komunikasi. Vol, 8 No.2.
Sobur, Alex. 2006. Analisis Teks Media Suatu pengantar Untuk Analisis Wacana, Analsis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sobur, Alex. 2017. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryati. 2017. Sosiologi. Palembang : NoerFikri Offset.
Vera, Nawiroh. 2022. Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Depok: PT RajaGrafindo.