Evaluasi Kualitas Layanan Referensi di Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta Menggunakan Model TERRA

Main Article Content

Ulfiani Latifah
Katrin Setio Devi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan referensi di Perpustakaan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Analisis berbasis model TERRA digunakan untuk mengukur lima dimensi kualitas layanan, yaitu Tangibles, Empathy, Responsiveness, Reliability, dan Assurance. Pendekatan kuantitatif deskriptif diterapkan melalui teknik purposive sampling terhadap 30 mahasiswa aktif yang memiliki pengalaman aktual menggunakan layanan referensi. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert empat tingkat dan dianalisis menggunakan distribusi frekuensi berbantuan IBM SPSS Statistics 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi Assurance memperoleh tingkat kepuasan tertinggi, diikuti oleh Reliability dan Responsiveness, sedangkan dimensi Tangibles dan Empathy berada pada kategori baik namun memerlukan peningkatan pada aspek kelengkapan koleksi dan komunikasi interpersonal. Temuan ini menunjukkan bahwa layanan referensi ISI Surakarta telah efektif memenuhi kebutuhan akademik mahasiswa, namun tetap diperlukan inovasi dalam pengembangan koleksi berbasis seni dan optimalisasi ruang referensi. Studi ini mengonfirmasi bahwa layanan referensi di lingkungan pendidikan seni memerlukan adaptasi layanan berbasis karakteristik pengguna yang lebih kompleks, meliputi preferensi visual, kreatif, dan kolaboratif. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi layanan perpustakaan yang lebih adaptif terhadap dinamika kebutuhan informasi mahasiswa seni, serta memperluas aplikasi model TERRA dalam konteks akademik non-konvensional. Hasil studi ini juga menawarkan dasar empiris untuk integrasi evaluasi layanan berbasis persepsi pengguna dalam pengelolaan perpustakaan pendidikan tinggi seni di era transformasi digital

Article Details

How to Cite
Ulfiani Latifah, & Katrin Setio Devi. (2025). Evaluasi Kualitas Layanan Referensi di Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta Menggunakan Model TERRA. TADWIN: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(1), 13-24. https://doi.org/10.19109/tadwin.v6i1.27982
Section
Articles

How to Cite

Ulfiani Latifah, & Katrin Setio Devi. (2025). Evaluasi Kualitas Layanan Referensi di Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta Menggunakan Model TERRA. TADWIN: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(1), 13-24. https://doi.org/10.19109/tadwin.v6i1.27982

References

Arain, M., Campbell, M. J., Cooper, C. L., & Lancaster, G. A. (2010). What is a pilot or feasibility study? A review of current practice and editorial policy. BMC Medical Research Methodology, 10(1), 1–7. DOI 10.1186/1471-2288-10-67

Asemi, A., Ko, A., & Nowkarizi, M. (2021). Intelligent libraries: a review on expert systems, artificial intelligence, and robot. Library Hi Tech, 39(2), 412-434.

DOI 10.1108/LHT-02-2020-0038

Cassell, K. A., & Hiremath, U. (2023). Reference and information services: An introduction. American Library Association. https://books.google.co.id/books?id=sZHQEAAAQBAJ&lpg

Chuanning, H., & Iglesias, J. C. (2023). Online Learning in the Arts: Assessing Opportunities and Obstacles in Higher Education. International Journal of Science and Engineering Applications, 12(12), 44 - 47, DOI10.7753/IJSEA1212.1010

Cox, J. (2021). Positioning the academic library within the institution: A literature review. Positioning the Academic Library within the University, 9-33.

DOI 10.1080/13614533.2018.1466342

Dalal, H. A., & Shane, R. I. (2023). Taking the stage: Theatre design students and research. The Journal of Academic Librarianship, 49(6), 102795.

DOI 10.1016/j.acalib.2023.102795

Ghani, S. A. (2021). Membangun interpersonal skills pustakawan dalam layanan informasi perpustakaan. LIBRIA, 13(1). DOI 10.22373/10600

Kang, Q., Song, Z., Lu, J., Shi, T., & Yang, J. (2022). COVID-19 impact on the Chinese top academic libraries: Libraries' response to space, collection and services. The Journal of Academic Librarianship, 48(4), 102525. DOI 10.1016/j.acalib.2022.102525

Mardhotillah, A. I., & Irawati, I. (2024). Evaluasi perilaku layanan referensi dan informasi di Perpustakaan Universitas Islam Malang dengan menggunakan pedoman RUSA. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 8(1), 186–202.

DOI 10.17977/um008v8i12024p186-202

Mulyani, R. (2015). Persepsi Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan Referensi di UPT Perpustakaan UNPAD. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 3(1).

DOI 10.24198/jkip.v3i1.10275

Nurislaminingsih, R., Rachmawati, T. S., & Winoto, Y. (2020). Pustakawan referensi sebagai knowledge worker. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(2), 169–182. DOI 10.14710/anuva.4.2.169-182

Oh, D. G. (2020). Beyond providing information: An analysis on the perceived service quality, satisfaction, and loyalty of public library customers. Libri, 70(4), 345–359. DOI 10.1515/libri-2020-0006

Oladokun, O., & Mooko, N. P. (2023). Academic libraries and the need for continuing professional development in Botswana. IFLA Journal, 49(1), 117–131.

DOI 10.1177/03400352221103901

Onuoha, J., & Chukwueke, C. (2023). Extent of accessibility and utilization of reference materials by Nigerian University Undergraduates. American Journal of Operations Management and Information Systems, 8(1), 12-20.

DOI 10.11648/j.ajomis.20230801.12

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40. https://www.marketeurexpert.fr/wp-content/uploads/2023/12/servqual.pdf

Pebrian, P., Winoto, Y., & Saefudin, E. (2019). Hubungan ketersediaan koleksi dan kompetensi pustakawan dengan kepuasan pemustaka. Jurnal Pustaka Budaya, 6(1), 25–30. DOI 10.31849/pb.v6i1.2229

Putra, I. P., & Irawati, I. (2018). Inovasi layanan referensi di perpustakaan perguruan tinggi dan dampaknya terhadap aksesibilitas informasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 7(1), 23–31. DOI 10.24198/jkip.v6i1.13464

Putriaurina, A. D., Syam, R. Z. A., & Ruqayah, F. (2021). Layanan perpustakaan sekolah berdasarkan Standar Nasional Indonesia. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 5(2). DOI 10.30742/tb.v5i2.1653

Rahman, M. F. N., & Jumino, J. (2020). Peran desain interior dalam menunjang kenyamanan pengguna di perpustakaan Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(1), 81–98.

DOI 10.14710/anuva.4.1.81-98

Santi, A., & Mardah, S. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa pada Perpustakaan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin. Jurnal Mirai Management, 8(2), 357–364.

DOI 10.37531/mirai.v8i2.4745

Sistarina, A. (2020). Implementasi literasi informasi sebagai upaya Perpustakaan Universitas Airlangga mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan, 10(2), 104–115.

DOI 10.20473/jpua.v10i2.2020.104-115

Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, M. D. (2020). Layanan perpustakaan perguruan tinggi dalam menghadapi pandemi Covid-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(2), 271–286.

DOI 10.14710/anuva.4.2.271-286

Syafi’i, M. Z., & Masruri, A. (2023). Empati dan pendengaran aktif dalam layanan informasi di perpustakaan. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(3), 161–171. 10.59687/educaniora.v1i3.80

Wahyuni, S., & Safri, T. M. (2022). Analisis kinerja pustakawan dalam memberikan jasa layanan informasi di Perpustakaan UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 6(2), 221–231.

DOI 10.18326/pustabiblia.v6i2.221-231

Yuliana, L., & Mardiyana, Z. (2021). Peran pustakawan terhadap kualitas layanan perpustakaan. Jambura Journal of Educational Management, 2(1), 53–68.

DOI 10.37411/JJEM.V2I1.526