Kompetensi Qira’ah Naskah Arab Pada Mahasiswa Non Pesantren di Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah memetakan kompetensi qiraah mahasiswa non pesantren di Program studi Bahasa dan Sastra Arab dalam membaca naskah Arab? Bagaimana pula skor kompetensi mahasiswa non pesantren tersebut dalam membaca naskah Arab? Permasalahan ini akan peneliti bahas dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang berangkat dari teori ke lapangan kemudian kembali ke teori untuk diuji kebenarannya.Adapun sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik penarikan purposive sampling. Teknik penarikan sampel ini dipilih berdasarkan karakteristik penelitian, yaitu mahasiswa non pesantren pada program studi Bahasa dan Sastra Arab UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan membaca teks bahasa Arab pada tahap penyimpulan teks mahasiswa lulusan non pesantren masuk dalam kategori rendah. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh pengalaman dan latar belakang sekolah mahasiswa tersebut sebelum masuk ke perguruan tinggi Islam. Latar belakang dan pengalaman ini sangat penting bagi mahasiswa yang ingin studi lanjut ke perguruan tinggi pada program studi bahasa dan sastra Arab, agar bisa mengikuti proses belajar mengajar secara cepat dan lulusan yang berkualitas. Kemudian perolehan skor kemampuan membaca teks bahasa Arab pada tahap menyimpulkan teks pada tes pertama skor terendah adalah 10, skor terendah pada tes kedua adalah 20. Kemudian skor rata-rata pada tes pertama adalah 55,6 dan pada tes kedua 46,5. Skor nilai tengah pada tes pertama adalah 60, dan pada tes kedua 45. Skor nilai paling banyak pada tes pertama adalah 40,50, dan 60, dan pada tes kedua 30,40,50.
Article Details
How to Cite
“Kompetensi Qira’ah Naskah Arab Pada Mahasiswa Non Pesantren Di Program Studi Bahasa Dan Sastra Arab”. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam 18, no. 2 (December 2, 2018): 54–68. Accessed April 16, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/2784.
Section
Artikel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
“Kompetensi Qira’ah Naskah Arab Pada Mahasiswa Non Pesantren Di Program Studi Bahasa Dan Sastra Arab”. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam 18, no. 2 (December 2, 2018): 54–68. Accessed April 16, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/2784.