Ekskalasi Pondok Pesantren Daarul Khair Di Muara Jaya Kecamatan Kotabumi Lampung Utara Pada Tahun 1991-2003

Isi Artikel Utama

Erik Rahmana Putra
Syarifuddin Syarifuddin

Abstrak

Dalam penelitian ini peneliti mengkaji mengenai latar belakang berdirinya pondok pesantren Daarul Khair dan perkembangan pondok pesantren Daarul Khair di Muara Jaya Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara pada tahun 1991-2003. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis yang mempunyai empat tahapan yaitu: pertama heuristik yang berguna untuk mencari informasi atau sumber mengenai penelitian, kedua kritik sumber yang berguna untuk menguji otentisitas dan kredibilitas dari bahan-bahan sumber, ketiga adalah interpretasi yaitu melakukan penafsiran terhadap sumber yang didapat dan yang terakhir adalah historiografi yaitu melakukan penulisan laporan hasil akhir dari penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pondok pesantren Daarul Khair adalah sebuah pondok pesantren yang didirikan di Muara Jaya Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara, pesantren ini dibangun atas dasar ingin menyebarkan ajaran-ajaran Islam demi keselamatan umat pada tahun 1991, kemudian terjadi perkembangan setiap tahunnya pada pondok pesantren hal ini dapat dilihat dari tahun 1991-2003 yang ditandai dengan perkembangan dari beberapa aspek yaitu: santri, guru, kurikulum pesantren, serta sarana dan prasarana.
Kata Kunci: Pondok Pesantren, Daarul Khair, Kecamatan Kotabumi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
“Ekskalasi Pondok Pesantren Daarul Khair Di Muara Jaya Kecamatan Kotabumi Lampung Utara Pada Tahun 1991-2003”. TAMADDUN 22, no. 1 (October 22, 2022): 75–87. Accessed June 7, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/11752.
Bagian
Artikel

Cara Mengutip

“Ekskalasi Pondok Pesantren Daarul Khair Di Muara Jaya Kecamatan Kotabumi Lampung Utara Pada Tahun 1991-2003”. TAMADDUN 22, no. 1 (October 22, 2022): 75–87. Accessed June 7, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/11752.

Referensi

Aini, Nining Khurrotul. (2021). Model Kepemimpinan Transformasional Pondok Pesantren. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing

Baharuddin, I. (2014). Tumbuh dan Berkembangnya Pesantren di Indonesia. Forum Pedagogik, 111–124

Daulay, Haidar Putra. (2012). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kencana

Fahham, Achmad Muchaddam. (2015). Pendidikan Pesantren Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter, dan Perlindungan Anak. Jakarta: Publica Institute Jakarta

Herman. (2013). Sejarah Pesantren di Indonesia. Jurnal Al-Ta’dib, 6(2), 145–158

Karimah, U. (2018). Pondok Pesantren dan Pendidikan: Relevansinya Dalam Tujuan Pendidikan. Jurnal Misykat, 03, 137–154

Krisdiyanto, G. (2019). Sistem pendidikan pesantren dan tantangan modernitas. Jurnal Tarbawi, 15(01), 11–21

Lismina. (2018). Pengembangan Kurikulum di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia

Mahdi, A. (2013). Sejarah dan Peran Pesantren Dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Islamic Review, 1–20

Maksum, A. (2015). Model Pendidikan Toleransi di Pesantren Modern dan Salaf. Pendidikan Agama Islam, 81–108

Nursyarief, A. (2014). Pendidikan Islam di Indonesia Dalam Lintasan Sejarah (Perspektif Kerajaan Islam). Jurnal Lentera Pendidikan, 17(63), 256–271

Susilo, Agus dan Ratna W. (2020). Sejarah Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Islam dan Sastra Islam. 20 (2), 83-95

Suyatno. (2012). Dekonstruksi Pendidikan Islam Sebagai Subsistem Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Islam, I

Syarifuffin dkk. Peranan K.H. Anwar dalam Perkembangan Pesantren Nurul Islam Seri Bandung 1932-1959. Jurnal Tamaddun: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam. (2021). Vol:9 (2).

Tolib, A. (2015). Pendidikan di Pondok Pesantren Modern. 1(1), 60–66

Usman, M. I. (2013). Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sejarah Lahir, Sistem Pendidikan, dan Perkembangannya Masa Kini). Jurnal Al-Hikmah, XIV, 101–119.

Wardiyono, Kelik. (2021). Manajemen Kepemimpinan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an. Jombang: CV.Ainun Media

Yudiyanto, Muhammad. (2020). Revitalisasi Peran Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah. Sukabumi: Farha Pustaka

Zuhri. (2016). Convergentive Design Kurikulum Pendidikan Pesantren (Konsepsi dan Aplikasinya). Yogyakarta: Deepublish