Ekskalasi Pondok Pesantren Daarul Khair Di Muara Jaya Kecamatan Kotabumi Lampung Utara Pada Tahun 1991-2003
Isi Artikel Utama
Abstrak
Dalam penelitian ini peneliti mengkaji mengenai latar belakang berdirinya pondok pesantren Daarul Khair dan perkembangan pondok pesantren Daarul Khair di Muara Jaya Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara pada tahun 1991-2003. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis yang mempunyai empat tahapan yaitu: pertama heuristik yang berguna untuk mencari informasi atau sumber mengenai penelitian, kedua kritik sumber yang berguna untuk menguji otentisitas dan kredibilitas dari bahan-bahan sumber, ketiga adalah interpretasi yaitu melakukan penafsiran terhadap sumber yang didapat dan yang terakhir adalah historiografi yaitu melakukan penulisan laporan hasil akhir dari penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pondok pesantren Daarul Khair adalah sebuah pondok pesantren yang didirikan di Muara Jaya Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara, pesantren ini dibangun atas dasar ingin menyebarkan ajaran-ajaran Islam demi keselamatan umat pada tahun 1991, kemudian terjadi perkembangan setiap tahunnya pada pondok pesantren hal ini dapat dilihat dari tahun 1991-2003 yang ditandai dengan perkembangan dari beberapa aspek yaitu: santri, guru, kurikulum pesantren, serta sarana dan prasarana.
Kata Kunci: Pondok Pesantren, Daarul Khair, Kecamatan Kotabumi
Kata Kunci: Pondok Pesantren, Daarul Khair, Kecamatan Kotabumi
Rincian Artikel
Cara Mengutip
“Ekskalasi Pondok Pesantren Daarul Khair Di Muara Jaya Kecamatan Kotabumi Lampung Utara Pada Tahun 1991-2003”. TAMADDUN 22, no. 1 (October 22, 2022): 75–87. Accessed June 7, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/11752.
Bagian
Artikel
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Cara Mengutip
“Ekskalasi Pondok Pesantren Daarul Khair Di Muara Jaya Kecamatan Kotabumi Lampung Utara Pada Tahun 1991-2003”. TAMADDUN 22, no. 1 (October 22, 2022): 75–87. Accessed June 7, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/11752.
Referensi
Aini, Nining Khurrotul. (2021). Model Kepemimpinan Transformasional Pondok Pesantren. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing
Baharuddin, I. (2014). Tumbuh dan Berkembangnya Pesantren di Indonesia. Forum Pedagogik, 111–124
Daulay, Haidar Putra. (2012). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kencana
Fahham, Achmad Muchaddam. (2015). Pendidikan Pesantren Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter, dan Perlindungan Anak. Jakarta: Publica Institute Jakarta
Herman. (2013). Sejarah Pesantren di Indonesia. Jurnal Al-Ta’dib, 6(2), 145–158
Karimah, U. (2018). Pondok Pesantren dan Pendidikan: Relevansinya Dalam Tujuan Pendidikan. Jurnal Misykat, 03, 137–154
Krisdiyanto, G. (2019). Sistem pendidikan pesantren dan tantangan modernitas. Jurnal Tarbawi, 15(01), 11–21
Lismina. (2018). Pengembangan Kurikulum di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia
Mahdi, A. (2013). Sejarah dan Peran Pesantren Dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Islamic Review, 1–20
Maksum, A. (2015). Model Pendidikan Toleransi di Pesantren Modern dan Salaf. Pendidikan Agama Islam, 81–108
Nursyarief, A. (2014). Pendidikan Islam di Indonesia Dalam Lintasan Sejarah (Perspektif Kerajaan Islam). Jurnal Lentera Pendidikan, 17(63), 256–271
Susilo, Agus dan Ratna W. (2020). Sejarah Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Islam dan Sastra Islam. 20 (2), 83-95
Suyatno. (2012). Dekonstruksi Pendidikan Islam Sebagai Subsistem Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Islam, I
Syarifuffin dkk. Peranan K.H. Anwar dalam Perkembangan Pesantren Nurul Islam Seri Bandung 1932-1959. Jurnal Tamaddun: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam. (2021). Vol:9 (2).
Tolib, A. (2015). Pendidikan di Pondok Pesantren Modern. 1(1), 60–66
Usman, M. I. (2013). Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sejarah Lahir, Sistem Pendidikan, dan Perkembangannya Masa Kini). Jurnal Al-Hikmah, XIV, 101–119.
Wardiyono, Kelik. (2021). Manajemen Kepemimpinan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an. Jombang: CV.Ainun Media
Yudiyanto, Muhammad. (2020). Revitalisasi Peran Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah. Sukabumi: Farha Pustaka
Zuhri. (2016). Convergentive Design Kurikulum Pendidikan Pesantren (Konsepsi dan Aplikasinya). Yogyakarta: Deepublish
Baharuddin, I. (2014). Tumbuh dan Berkembangnya Pesantren di Indonesia. Forum Pedagogik, 111–124
Daulay, Haidar Putra. (2012). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kencana
Fahham, Achmad Muchaddam. (2015). Pendidikan Pesantren Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter, dan Perlindungan Anak. Jakarta: Publica Institute Jakarta
Herman. (2013). Sejarah Pesantren di Indonesia. Jurnal Al-Ta’dib, 6(2), 145–158
Karimah, U. (2018). Pondok Pesantren dan Pendidikan: Relevansinya Dalam Tujuan Pendidikan. Jurnal Misykat, 03, 137–154
Krisdiyanto, G. (2019). Sistem pendidikan pesantren dan tantangan modernitas. Jurnal Tarbawi, 15(01), 11–21
Lismina. (2018). Pengembangan Kurikulum di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia
Mahdi, A. (2013). Sejarah dan Peran Pesantren Dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Islamic Review, 1–20
Maksum, A. (2015). Model Pendidikan Toleransi di Pesantren Modern dan Salaf. Pendidikan Agama Islam, 81–108
Nursyarief, A. (2014). Pendidikan Islam di Indonesia Dalam Lintasan Sejarah (Perspektif Kerajaan Islam). Jurnal Lentera Pendidikan, 17(63), 256–271
Susilo, Agus dan Ratna W. (2020). Sejarah Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Islam dan Sastra Islam. 20 (2), 83-95
Suyatno. (2012). Dekonstruksi Pendidikan Islam Sebagai Subsistem Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Islam, I
Syarifuffin dkk. Peranan K.H. Anwar dalam Perkembangan Pesantren Nurul Islam Seri Bandung 1932-1959. Jurnal Tamaddun: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam. (2021). Vol:9 (2).
Tolib, A. (2015). Pendidikan di Pondok Pesantren Modern. 1(1), 60–66
Usman, M. I. (2013). Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sejarah Lahir, Sistem Pendidikan, dan Perkembangannya Masa Kini). Jurnal Al-Hikmah, XIV, 101–119.
Wardiyono, Kelik. (2021). Manajemen Kepemimpinan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an. Jombang: CV.Ainun Media
Yudiyanto, Muhammad. (2020). Revitalisasi Peran Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah. Sukabumi: Farha Pustaka
Zuhri. (2016). Convergentive Design Kurikulum Pendidikan Pesantren (Konsepsi dan Aplikasinya). Yogyakarta: Deepublish