Redesain Dan Tradisi Visualisasi Dalam Iluminasi Naskah Melayu Nusantara
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tulisan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengurai eksistensi tradisi visualisasi masyarakat melayu dalam iluminasi naskah melayu di nusantara serta untuk mendeteksi redesain warisan iluminasi dalam kepentingan masyarakat masa kini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur yang menggunakan sumber data primer dan sekunder yang dicari dengan teknik pengumpulan data literature dari berbagai sumber dan kemudian dianalisis dengan kebutuhan peneliti akan data yang disajikan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini dapat ditarik beberapa kesimpulan, tradisi visualisasi dalam iluminasi naskah melayu nusantara meurpakan refleksi intelektualitas tradisi tulis yang merupakan indicator dari gejala budaya berupa ide, sistem sosial dan praktik. Kemudian, unsur utama yang selalau ada pada naskah melayu di nusantara adalah pucuk rebung yang memiliki filosofi untukj terus tumbuh tinggi kokoh dan kuat dari terpaan angin. Kedua, redesain tradisi visualisasi iluminasi naskah melayu masih terjadi sampai saat ini terutama dalam kepentingan kesejahteraan social ekonomi untuk industry kreatif yang tertuang dalam revitaslisasi desain iluminasi menjadi bentul vector digital yang membantu mmeudahkan untuk diaplikasikan dalam berbagai desain format undangan, lukisan, bingkai cover buku, lukisan, dan batik. Salah satu yang telah terwujud adalah menjadi kain batik di berbagai daerah melayu. Melihat kondisi tersebut, naskah melayu nusantara memiliki peluang besar untuk di redesain dalam konteks kekinian. Hal ini, selain melestarikan tradisi visualisasi iluminasi naskah melayu melalui representasi makna yang khas menjadi warisan budaya yang sangat bernilai.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
“Redesain Dan Tradisi Visualisasi Dalam Iluminasi Naskah Melayu Nusantara”. TAMADDUN 22, no. 2 (January 17, 2023): 121–132. Accessed March 19, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/15421.
Bagian
Artikel
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Cara Mengutip
“Redesain Dan Tradisi Visualisasi Dalam Iluminasi Naskah Melayu Nusantara”. TAMADDUN 22, no. 2 (January 17, 2023): 121–132. Accessed March 19, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/15421.
Referensi
Adisasmito, N. D. (2014). TRANSFORMASI VISUALISASI GAMBAR ILUSTRASI : pada Naskah Jawa Periode 1800-1920, Sebagai Refleksi Gejala Sosial-Budaya Masyarakat Jawa. Jurnal Budaya Nusantara, 1(1), 74–83. https://doi.org/10.36456/b.nusantara.vol1.no1.a298
Adisasmito, N. Y. D. (2012). Wujud Visual Gambar - Ilustrasi Pada Naskah Naskah Tua Nusantara Sebagai Refleksi Intelektualitas Leluhur Bangsa Indonesia. Panggung, 22(3), 306–318. https://doi.org/10.26742/panggung.v22i3.79
Basa, I. M. (2019). Pengembangan Industri Kreatif dari Iluminasi Naskah Kuno Pariangan: Studi Motif Batik Pariagan, Sumatra Barat. Manuskripta, 9(2), 1. https://doi.org/10.33656/manuskripta.v9i2.144
Damayanti, N., & Suadi, H. (2007). Ragam dan Unsur Spiritualitas pada Ilustrasi Naskah Nusantara 1800-1900-an. ITB Journal of Visual Art and Design, 1(1), 66–84. https://doi.org/10.5614/itbj.vad.2007.1.1.6
Evizaria, & Idayanti, L. (2017). Pendataan dan Digitalisasi Naskah Melayu Kuno di Kabupaten Kampar. Imu Budaya, 14(1), 29–38.
Ikhsan, S. (2017). Seni Dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Perennialisme Dalam Pandangan Seyyed Hossein Nasr. Tesis, 1–192.
Irwanto, D. (2018). Historiografi dan Identitas Ulu di Sumatera Selatan. MOZAIK HUMANIORA, 18(2), 157–166.
Junaidi. (2010). Naskah Kuno Melayu Riau sebagai Sumber Penciptaan Karyasastra Masa Kini. Ilmu Budaya, 7(1), 1–56.
Mustafa, H., Mansoor, A. Z., & Haswanto, N. (2015). Iluminasi sebagai Sistem Penyajian Konten Cetak (Studi Kasus Iluminasi Injil Abad Ke-15). Wimba : Jurnal Komunikasi Visual, 3(1), 29–43. https://doi.org/10.5614/jkvw.2011.3.1.2
Pramono, P. (2018). Potensi Naskah-Naskah Islam Minangkabau untuk Industri Kreatif sebagai Pendukung Wisata Religi Ziarah di Sumatera Barat. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 16(2), 328–349. https://doi.org/10.24090/ibda.v16i2.1243
Pratiwi, B. E. (2021). NASKAH PUBLIKASI ILMIAH Pengkajian Seni Tugas Akhir Prodi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni Institute Seni Indonesia Yogyakarta Minat Utama Pengkajian Kriya Tekstil Bella Eka Pratiwi PROGRAM PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN.
Ridho. (2020). Unsur Spiritualitas pada Iluminasi Naskah Kesultanan dan Masyarakat Palembang (Studi Komparative Naskah Alquran Raden Muhammad Fawaz Diraja dan Naskah Alqur’an M Ali Darul Aitam). UIN Raden Fatah Palembang.
Roza, E., & Mudasir, M. (2019). Naskah Melayu Digital: Sebuah Inovasi Sumber Kajian Pendidikan Islam Berbasis Information and Communication Technology (Ict). POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 44. https://doi.org/10.24014/potensia.v5i1.6473
Sulaiman, A. M., & Bastian, H. (2019). Revitalisasi Desain Iluminasi Pada Naskah Jawa Kuno Di Museum Radya Pustaka Surakarta. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(02), 240–250. https://doi.org/10.33633/andharupa.v5i2.2059
Sumarto, S. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya “aspek sistem religi, bahasa, pengetahuan, sosial, kesenian dan teknologi.” Jurnal Literasiologi, 1(2), 16. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i2.49
Yanuarmi, D. (2020). Aplikasi Motif Manuskrip Pada Batik: Pewarisan Budaya melalui Proses Pembelajaran terhadap Mahasiswa ISI Padangpanjang. Jurnal Studi Budaya Nusantara, 4(1), 35–47. https://jsbn.ub.ac.id/index.php/sbn/article/view/75
Adisasmito, N. Y. D. (2012). Wujud Visual Gambar - Ilustrasi Pada Naskah Naskah Tua Nusantara Sebagai Refleksi Intelektualitas Leluhur Bangsa Indonesia. Panggung, 22(3), 306–318. https://doi.org/10.26742/panggung.v22i3.79
Basa, I. M. (2019). Pengembangan Industri Kreatif dari Iluminasi Naskah Kuno Pariangan: Studi Motif Batik Pariagan, Sumatra Barat. Manuskripta, 9(2), 1. https://doi.org/10.33656/manuskripta.v9i2.144
Damayanti, N., & Suadi, H. (2007). Ragam dan Unsur Spiritualitas pada Ilustrasi Naskah Nusantara 1800-1900-an. ITB Journal of Visual Art and Design, 1(1), 66–84. https://doi.org/10.5614/itbj.vad.2007.1.1.6
Evizaria, & Idayanti, L. (2017). Pendataan dan Digitalisasi Naskah Melayu Kuno di Kabupaten Kampar. Imu Budaya, 14(1), 29–38.
Ikhsan, S. (2017). Seni Dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Perennialisme Dalam Pandangan Seyyed Hossein Nasr. Tesis, 1–192.
Irwanto, D. (2018). Historiografi dan Identitas Ulu di Sumatera Selatan. MOZAIK HUMANIORA, 18(2), 157–166.
Junaidi. (2010). Naskah Kuno Melayu Riau sebagai Sumber Penciptaan Karyasastra Masa Kini. Ilmu Budaya, 7(1), 1–56.
Mustafa, H., Mansoor, A. Z., & Haswanto, N. (2015). Iluminasi sebagai Sistem Penyajian Konten Cetak (Studi Kasus Iluminasi Injil Abad Ke-15). Wimba : Jurnal Komunikasi Visual, 3(1), 29–43. https://doi.org/10.5614/jkvw.2011.3.1.2
Pramono, P. (2018). Potensi Naskah-Naskah Islam Minangkabau untuk Industri Kreatif sebagai Pendukung Wisata Religi Ziarah di Sumatera Barat. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 16(2), 328–349. https://doi.org/10.24090/ibda.v16i2.1243
Pratiwi, B. E. (2021). NASKAH PUBLIKASI ILMIAH Pengkajian Seni Tugas Akhir Prodi Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni Institute Seni Indonesia Yogyakarta Minat Utama Pengkajian Kriya Tekstil Bella Eka Pratiwi PROGRAM PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN.
Ridho. (2020). Unsur Spiritualitas pada Iluminasi Naskah Kesultanan dan Masyarakat Palembang (Studi Komparative Naskah Alquran Raden Muhammad Fawaz Diraja dan Naskah Alqur’an M Ali Darul Aitam). UIN Raden Fatah Palembang.
Roza, E., & Mudasir, M. (2019). Naskah Melayu Digital: Sebuah Inovasi Sumber Kajian Pendidikan Islam Berbasis Information and Communication Technology (Ict). POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 44. https://doi.org/10.24014/potensia.v5i1.6473
Sulaiman, A. M., & Bastian, H. (2019). Revitalisasi Desain Iluminasi Pada Naskah Jawa Kuno Di Museum Radya Pustaka Surakarta. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(02), 240–250. https://doi.org/10.33633/andharupa.v5i2.2059
Sumarto, S. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya “aspek sistem religi, bahasa, pengetahuan, sosial, kesenian dan teknologi.” Jurnal Literasiologi, 1(2), 16. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i2.49
Yanuarmi, D. (2020). Aplikasi Motif Manuskrip Pada Batik: Pewarisan Budaya melalui Proses Pembelajaran terhadap Mahasiswa ISI Padangpanjang. Jurnal Studi Budaya Nusantara, 4(1), 35–47. https://jsbn.ub.ac.id/index.php/sbn/article/view/75