Menelusuri Sejarah dan Beberapa Sastrawan Arab Penganut Aliran Simbolisme

Isi Artikel Utama

Nur Illiyyin Setya Mufti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejarah dan beberapa tokoh sastrawan Arab penganut aliran simbolisme sastra beserta contoh karyanya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pustaka. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, sejarah aliran sastra simbolisme pertama kali muncul di Prancis pada tahun 1884. Aliran ini berakar pada keyakinan bahwa objek dan peristiwa dunia nyata memiliki makna mendalam yang dapat diungkapkan melalui bahasa simbolik. Puisi Simbolisme terkenal dengan keambiguannya yang sengaja dirancang untuk menjadi misterius dan sulit dipahami. Beberapa sastrawan Arab, seperti Dr. Basyar Faris, Ali Ahmad Sa'id, Badr Syakir Sayyab, dan Iliya Abu Madhi, juga mengadopsi aliran ini, menggabungkannya dengan konteks budaya mereka. Penelitian ini membahas pergeseran dari aliran lain ke Simbolisme dan kontribusi sastrawan Arab dalam menggunakan simbol alam dan mitos untuk menyampaikan pesan tentang perasaan dan kondisi manusia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
“Menelusuri Sejarah Dan Beberapa Sastrawan Arab Penganut Aliran Simbolisme”. TAMADDUN 23, no. 2 (December 30, 2023): 84–96. Accessed April 19, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/19611.
Bagian
Artikel

Cara Mengutip

“Menelusuri Sejarah Dan Beberapa Sastrawan Arab Penganut Aliran Simbolisme”. TAMADDUN 23, no. 2 (December 30, 2023): 84–96. Accessed April 19, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/19611.

Referensi

’Abdul Maulā, Muhammad Alāuddīn. “As-Syāir Basyar Fāris wa Ar-Ramziyyah Fī As-Syi’ri.” Syiria.tv, 10 September 2021..
Adonis. Awrāq Fii Ar-Rīh. Bairut: Dār Al-Ādāb, 1988.
Ahyar, Juni. Apa itu sastra : jenis-jenis karya sastra dan bagaimanakah cara menulis dan mengapresiasi sastra. Yogyakarta: Deepublish, 2019.
’Aliy, Fāyiz. Ar-Ramziyah wa Ar-Rūmansiyyah Fī As-Syi’ri Al-’Arabi, 2006.
Amour, Soumia. “Al-Bunyah ar-Ramziyyah fii as-Syi’ri al-‘Araby al-Mu’asir.” Thesis, The Abu Bekr Belkaid University, 2019.
Anwari, Moh. Kanif. “PANDANGAN ADONIS TERHADAP PUISI DAN MODERNITAS.” Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra 11, no. 2 (31 Desember 2012): 197. https://doi.org/10.14421/ajbs.2012.11202.
Aziz, Abd, dan M. Imam Sofyan Yahya. “KRITIK INTRINSIKALITAS DAN EKSTRINSIKALITAS SASTRA MODERN DALAM KAJIAN SASTRA ARAB MODERN.” Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Keislaman 3, no. 1 (21 Oktober 2019): 23–36. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v3i1.31.
“Cerberus.” Diakses 10 Juli 2023. https://abadis.ir/fatofa/%D8%B3%D8%B1%D8%A8%D8%B1%D9%88%D8%B3/.
El-Amiriy, Mufti. “Mengambil Hikmah Dialog Bulbul dengan Hudhud.” Kompasiana.com, 4 April 2013. https://www.kompasiana.com/mufti83/552fa4e16ea83456088b456b/mengambil-hikmah-dialog-bulbul-dengan-hudhud.
Iftitah. Teori kesusastraan Arab: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Cantrik Pustaka, 2022.
“Iliya Abu Madi.” Britannica.com. Diakses 10 Juli 2023. https://www.britannica.com/biography/Iliya-Abu-Madi.
Karam, Anton Ghattas. Ar-Ramziyah wa al-Adab al-‘Araby al-Hadist. Bairut: Dar al-Kasyaf, 1949.
Madya, Elia. “Simbolisme dalam Sajak L’horloge Karya Charles Baudelaire.” Students e-Journals UNPAD 1 (2012). https://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/1649.
Mahliatussikah, Hanik. “Menyelami Sajak ‘Falsafatul Hayat’ Karya Penyair Diaspora Ilya Abu Madhi.” Researchget, 2020. https://www.researchgate.net/profile/Hanik-Mahliatussikah/publication/344486482_Menyelami_Sajak_Falsafatul_Hayat_Karya_Penyair_Arab_Diaspora_Ilya_Abu_Madhi/links/5f7be27392851c14bcb16087/Menyelami-Sajak-Falsafatul-Hayat-Karya-Penyair-Arab-Diaspora-Ilya-Abu-Madhi.pdf.
Maryam, Sitti. “Historisitas Aliran Neo-Klasik Dalam Kesusastraan Arab.” Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies 2, no. 1 (30 Maret 2019): 121–41. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v2i1.3388.
Muzakki, Akhmad. Pengantar teori sastra Arab. Malang: UIN-Maliki Press, 2018.
Nashawi, Nassib. Madkhol Ila Dirasah al-Madaris al-Adabiyah fii as-Syi’ri al-Araby al-Mu’asir. Algeria: Diwan al-Matbuat al-Jami’ah, 1984.
Pahit Manis. “Aliran Sastra Simbolisme,” 7 Juli 2021. https://haikalikhsan.blogspot.com/2021/07/aliran-sastra-simbolisme.html.
Pasha, Abd al-Rahman Rafat. Nahwa Madzhab Islami Fii Al-Adab Wa an-Naqdi. Kairo: Dar al Adab al-Islamiy, 1998.
Sayuti, Suminto A. Modul 1: Hakikat Cerita Rekaan. Universitas Terbuka, 2014. http://repository.ut.ac.id/4751/1/PBIN4211-M1.pdf.
Shidqi, Hamid, dan Jamal Nashari. “At-Thabi’ah ar-Ramziyah fii Syi’ri Badar Syakir Sayyab dan Nimayushij.” Majallah Dirosat fii al-Lughoh al-Arabiyah wa Adabiha, 2013.
Utami, Silmi Nurul, dan Serafica Gischa. “Burung Gagak, Dikenal sebagai Tanda Kematian.” Kompas.com, 2021. https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/24/150209569/burung-gagak-dikenal-sebagai-tanda-kematian?page=all. Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6 Download aplikasi: https://kmp.im/app6.
Yunus, Moch. “Sastra (Puisi) Sebagai Kebudayaan Bangsa Arab.” Humanistika: Jurnal Keislaman 1 (2015).
Zaoush, Mahfudz. “Ar-Romzu al-Fanni fii Syi’ri Badr Syakir as-Sayyab fii Qasidah Cebereus fii Babil.” University Mohamed Boudiaf, 2020.