SELF-QUESTIONING STRATEGY TREATMENT IN ACADEMIC READING AND ITS CONTRIBUTION TO INCREASE LEARNERS’ METACOGNITIVE READING SKILLS AND READING AWARENESS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Membaca suatu teks membutuhkan strategi-strategi tertentu yang dapat membantu mempermudah pemahaman terhadap isi bacaan. Ada berbagai strategi yang bisa diterapkan guru atau dosen dalam membantu siswa atau mahasiswa memahami suatu teks. Salah satu strategi adalah Self-Questioning Strategy (SQ Strategy). Banyak penelitian menunjukkan efektivitas penggunaan strategi ini dalam membaca. Tulisan ini menguraikan dampak-dampak positif penerapan SQ strategy dalam membantu siswa atau mahasiswa untuk memahami isi teks secara lebih komprehensif, terutama mereka yang mengikuti matakuliah Reading. Secara umum, tulisan ini dibagi dalam dua bagian. Bagian pertama membahas teori-teori yang terkait dengan strategi SQ dan bagian kedua memaparkan hasil-hasil penelitian yang terkait dengan efektivitas penggunaan strategi ini dalam proses memahami teks, terutama dalam hal meningkatkan ketrampilan membaca secara metakognitif dan kesadaran membaca.
Kata Kunci: -selfquestioning strategy, -metacognitive reading, -reading awareness
Kata Kunci: -selfquestioning strategy, -metacognitive reading, -reading awareness
Rincian Artikel
Cara Mengutip
“SELF-QUESTIONING STRATEGY TREATMENT IN ACADEMIC READING AND ITS CONTRIBUTION TO INCREASE LEARNERS’ METACOGNITIVE READING SKILLS AND READING AWARENESS”. TAMADDUN 16, no. 2 (August 24, 2018): 331–352. Accessed March 19, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/2557.
Bagian
Artikel
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Cara Mengutip
“SELF-QUESTIONING STRATEGY TREATMENT IN ACADEMIC READING AND ITS CONTRIBUTION TO INCREASE LEARNERS’ METACOGNITIVE READING SKILLS AND READING AWARENESS”. TAMADDUN 16, no. 2 (August 24, 2018): 331–352. Accessed March 19, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/2557.