IMPLEMENTASI MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KENYAMANAN JAMAAH DI MASJID MU’AWANATUL MUTTAQIEN PLAJU KOTA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.19109/yonetim.v6i1.16171Keywords:
Manajemen Pelayanan, Kenyamanan, JamaahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan jamaah di Masjid Muawanatul Muttaqien Plaju Kota Palembang. Dilakukannya penelitian ini karna adanya keluhan jamaah dengan fasilitas yang kurang mewadai di Masjid Muawanatul Muttaqien. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai bukti adanya manajemen pelayanan dalam meningkatkan kenyamanan jemaah di Masjid Muawanatul Muttaqien. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Masjid Muawanatul Muttaqien dalam penerapan manajemen pelayanan dalam meningkatkan kenyamanan jemaah dapat disimpulkan bahwa di Masjid Mu’awanatul muttaqien pelayanannya sudah tertib, lancar, tepat sasaran, namun belum memuaskan jamaah. Kurangnya pembenahan fasilitas masjid yaitu ruangan yang panas akibat kurangnya kipas angin/AC, kurangnya lapangan parkir untuk mobil dan kurang terjaganya kebersihan didalam masjid. Kenyamanan merupakan faktor terpenting untuk memuaskan jamah. Ada tiga jenis kenyamanan termal, audial, dan visual. Dari tiga jenis kenyamanan hanya kenyamanan visual yang sudah memenuhi kriteia di Masjid Mu’awanatul Muttaqien.Downloads
Published
02-05-2023
Issue
Section
Articles
License
Yonetim: Da'wah Management Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/yonetim.
How to Cite
Sumarlan, Juliana, Nurseri Hasnah Nasution, and Arif Rahman. “IMPLEMENTASI MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KENYAMANAN JAMAAH DI MASJID MU’AWANATUL MUTTAQIEN PLAJU KOTA PALEMBANG”. Yonetim: Jurnal Manajemen Dakwah 6, no. 1 (May 2, 2023): 1–13. Accessed March 15, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/yonetim/article/view/16171.