EFEKTIVITAS METODE EKSPERIMEN DALAM PENGGUNAAN KOMPONEN INSTRUMEN TERPADU TERMODINAMIKA

Heriansyah M. Si, Eko slamaet widodo

Abstract


Proses pembelajaran yang berlangsung selama ini masih menjadikan siswa sebagai penerima informasi atau siswaanya menja diobjek dalam pembelajaran. Pembelajaran di kelas biasanya diarahkan kepada kemampuan siswa untuk menghafal informasi sebanyak-banyaknya tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya.Sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa tidak mencapai hasil yang diharapkan. Salah satu upaya yang bias dilakukan guru agar siswa lebih aktif dalam belajar adalah melalui Metode Eksperimen Dengan Menggunakan KIT (Komponen Instrumen Terpadu) Termodinamika. Penelitian ini bertujuan agar hasil belajar siswa lebih baik, khususnya pada materi Termodinamika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIA dan XIC SMA Negeri 1 Sungai liat  tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah  43  siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperimen tipe posttest-only control design .Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu metode eksperimen dengan menggunakan KIT (Komponen Instrumen Terpadu) dan hasil belajar siswa setelah penggunaan Metode Eksperimen Dengan Menggunakan KIT (Komponen Instrumen Terpadu) Termodinamika. Pengumpulan data dilakukan dengan tes.Data yang diperoleh dari hasil tes yang dianalisis dengan menggunakan uji t. Dari hasilpenelitian, dengan pengaruh Metode Eksperimen Dengan Menggunakan  KIT (Komponen Instrumen Terpadu)Termodinamika didapat hasil belajar pada kelas eksperimen pada test akhir dengan rata-rata 79 dan kelas control dengan rata-rata 71.

Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

INDEXED BY