EFEKTIVITAS METODE EKSPERIMEN DALAM PENGGUNAAN KOMPONEN INSTRUMEN TERPADU TERMODINAMIKA
Main Article Content
Abstract
Proses pembelajaran yang berlangsung selama ini masih menjadikan siswa sebagai penerima informasi atau siswaanya menja diobjek dalam pembelajaran. Pembelajaran di kelas biasanya diarahkan kepada kemampuan siswa untuk menghafal informasi sebanyak-banyaknya tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya.Sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa tidak mencapai hasil yang diharapkan. Salah satu upaya yang bias dilakukan guru agar siswa lebih aktif dalam belajar adalah melalui Metode Eksperimen Dengan Menggunakan KIT (Komponen Instrumen Terpadu) Termodinamika. Penelitian ini bertujuan agar hasil belajar siswa lebih baik, khususnya pada materi Termodinamika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIA dan XIC SMA Negeri 1 Sungai liat tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 43 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperimen tipe posttest-only control design .Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu metode eksperimen dengan menggunakan KIT (Komponen Instrumen Terpadu) dan hasil belajar siswa setelah penggunaan Metode Eksperimen Dengan Menggunakan KIT (Komponen Instrumen Terpadu) Termodinamika. Pengumpulan data dilakukan dengan tes.Data yang diperoleh dari hasil tes yang dianalisis dengan menggunakan uji t. Dari hasilpenelitian, dengan pengaruh Metode Eksperimen Dengan Menggunakan KIT (Komponen Instrumen Terpadu)Termodinamika didapat hasil belajar pada kelas eksperimen pada test akhir dengan rata-rata 79 dan kelas control dengan rata-rata 71.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
“EFEKTIVITAS METODE EKSPERIMEN DALAM PENGGUNAAN KOMPONEN INSTRUMEN TERPADU TERMODINAMIKA”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 1, no. 1 (March 17, 2017): 39–45. Accessed April 11, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1200.
Section
Artikel
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
How to Cite
“EFEKTIVITAS METODE EKSPERIMEN DALAM PENGGUNAAN KOMPONEN INSTRUMEN TERPADU TERMODINAMIKA”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 1, no. 1 (March 17, 2017): 39–45. Accessed April 11, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1200.