Analisis Persepsi Peserta Didik Terhadap Lembar Kerja Peserta Didik Pembelajaran Fisika SMA Negeri 8 Palembang

  • Anggun Purnamasari UIN Raden Fatah Palembang
  • Karoma Karoma Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Indonesia
  • K.A. Bukhori Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Indonesia
  • Andi Putra Sairi Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Indonesia

Abstract

Guru sebagai fasilitator harus mampu menggunakan dan memilih bahan ajar yang baik. Salah satu bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran yaitu LKPD. Dalam menyusun LKPD guru harus memiliki kompetensi khusus. sehingga persepsi peserta didik akan terbentuk dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran Fisika kelas XI di SMA Negeri 8 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian dipilih melalui purposive sampling yang berdasarkan kriteria interaksi tertinggi dalam pembelajaran Fisika di kelas XI MIPA 1 tahun 2019/2020 dengan jumlah 36 peserta didik. Hasil penelitian bahwa persepsi peserta didik terhadap kriteria kualitas LKPD pada pembelajaran Fisika mengenai kriteria kualitas LKPD terdapat tiga syarat yaitu syarat didaktik meliputi LKPD yang mengikuti asas belajar mengajar yang efektif  telah terlaksana dengan sangat baik yang menunjukkan persentasi sebesar 84,72%, syarat konstruksi meliputi LKPD yang mempunyai cara penulisan menurut aturan baku  telah terlaksana dengan sangat baik yang menunjukkan persentasi sebesar 86,11%, dan syarat teknis meliputi LKPD yang mempunyai penampilan menarik telah terlaksana dengan sangat baik yang menunjukkan persentasi sebesar 89,81%.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Braun, V. & Clarke, V. (2006, Januari). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), p.77-101. Retrieved http://eprints.uwe.ac.uk/11735/2/thematic_analysis_revised_-_final.pdf

Creswell, J.W (2014). Research design: Qualitative, quantitative and mixed method approaches. California, CA: SAGE Publication.

Darmodjo, H. dan Jenny R.E Kaligis. (1992). Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.

Kurniawati, Enik dkk. (2019). The Development of Student Worksheets (LKPD) in Learning Science through Group Investigation Learning to Train Critical Thinking Skills of Junior High School Students. Mathematics, Informatics, Science, and Education Internasional Conference (MISEIC 2019)

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2014) Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. (Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musfah, J. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru : Melalaui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Putra, N. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Rahmadina, Siti dkk. (2017). Persepsi Guru terhadap Penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik di SMP Negeri 3 Terbanggi Besar Lampung Tengah. Lampung: Universitas Lampung.
Rakhmat, J. (2010). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2012) Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Farindo Persada.
Situmorang, J.B dan Winarno. (2008). Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik. Klaten: Macanan Jaya Cemerlang.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Statiska Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syarifuddin. (2013). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta: Budi Utama.

Syaodih, N. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Publisher.
Wulandari, Wike T dkk. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Learning Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Untuk Siswa SMA Kelas X. Jambi: Univesitas Jambi.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Published
19-07-2020
How to Cite
Purnamasari, Anggun, Karoma Karoma, K.A. Bukhori, and Andi Sairi. “Analisis Persepsi Peserta Didik Terhadap Lembar Kerja Peserta Didik Pembelajaran Fisika SMA Negeri 8 Palembang”. JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya) 4, no. 1 (July 19, 2020): 6-15. Accessed September 21, 2020. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/5568.