PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA MATEMATIKA II MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS JAMBI
Main Article Content
Abstract
Kurangnya motivasi belajar mahasiwa pada matakuliah fisika matematika II menjadi masalah yang serius karena akan menyebabkan rendahnya tingkat kelulusan mahasiswa iu sendiri. Di samping itu, metode yang digunakan oleh dosen juga cenderung lecture-centered sehingga menyebabkan kurangnya aktivitas mahasiswa selama kegiatan pembelajaran di kelas. Oleh sebab itu dilakukan sebuah penelitian dengan tujuan mendeskripsikan sejauh mana model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur penelitian dilakukan secara bersiklus yaitu dimulai dari perencanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi. Adapun objek penelitian ini adalah mahasiswa program studi fisika tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 33 orang yang mengambil mata kuliah fisika matematika II. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi, tes, dan angket motivasi. Hasil penelitian ini yaitu meningkatnya motivasi belajar mahasiswa dengan menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw dalam mata kuliah fisika matematika II di FST UNJA. Hal ini didasari dari data bahwa motivasi mahasiswa selama siklus I sebesar 73,62% dengan kategori “cukup” dan meningkat menjadi 83,53 % dengan kategori “tinggi” selama siklus II.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
“PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA MATEMATIKA II MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS JAMBI”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 2, no. 1 (June 13, 2018): 21–27. Accessed April 11, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/2802.
Section
Artikel
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
How to Cite
“PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA MATEMATIKA II MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS JAMBI”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 2, no. 1 (June 13, 2018): 21–27. Accessed April 11, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/2802.
References
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning.Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.
Anni, Catharina Tri, dkk 2006. Psikologi Belajar. Universitas. Negeri Semarang Press.Semarang
David W. Johnson. 2010. Colaborative Learning: Strategi Pembelajaran Untuk Sukses Bersama. Nusamedia. Jakarta
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Kuntjojo. 2010. Model – model Pembelajaran. Universitas Nusantara. Kediri.
Luhut P. Panggabean. (1996). Penelitian Pendidikan. Jurusan. Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan. Bandung
Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana.2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama. Jakarta.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Gravindo Persada. Jakarta.
Sarwono, S.W. 2000. Teori-teori Psikolologi Sosial. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. PT.Rineka. Jakarta.
Sudjana. 2002. Metode Statistika Edisi keenam. PT. Tarsito. Bandung.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung. Bandung.
Uno, H.B. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.
Anni, Catharina Tri, dkk 2006. Psikologi Belajar. Universitas. Negeri Semarang Press.Semarang
David W. Johnson. 2010. Colaborative Learning: Strategi Pembelajaran Untuk Sukses Bersama. Nusamedia. Jakarta
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Kuntjojo. 2010. Model – model Pembelajaran. Universitas Nusantara. Kediri.
Luhut P. Panggabean. (1996). Penelitian Pendidikan. Jurusan. Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan. Bandung
Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana.2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama. Jakarta.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Gravindo Persada. Jakarta.
Sarwono, S.W. 2000. Teori-teori Psikolologi Sosial. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. PT.Rineka. Jakarta.
Sudjana. 2002. Metode Statistika Edisi keenam. PT. Tarsito. Bandung.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung. Bandung.
Uno, H.B. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.