Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor)
  • File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect
  • Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan
  • Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  • Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami
  • Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti

PETUNJUK BAGI PENULIS
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (JPM RAFA)
UIN RADEN FATAH PALEMBANG

  1. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini meliputi hasil penelitian, gagasan konseptual, atau kajian dalam bidang pendidikan matematika
  2. Artikel yang dikirim merupakan artikel yang belum pernah dipublikasikan dalam penerbitan apapun dan atau tidak sedang diminta penerbitannya oleh penerbit lain.
  3. Artikel dikirimkan dengan format :
    • Ukuran kertas yang digunakan ukuran A4
    • Panjang tulisan 10 - 15 halaman
    • Margin keliling 3 cm
    • Spasi 1,5
    • Huruf Times New Roman, ukuran 12
    • Semua jenis rumus ditulis menggunakan Mathematical Equation
    • Semua jenis simbol menggunakan simbol standar yang ada di Word Processor.
    • Judul tabel dan gambar ditulis di tengah, sentence case, dengan jarak 1 spasi dari tabel atau gambarnya. Judul tabel diletakkan di atas tabel (sebelum tabel) dan judul gambar diletakkan di bawah gambar (setelah gambar). Penulisan sumber tabel atau gambar diletakkan di bawah tabel dan gambar (center) pada gambar dan sejajar tabel pada tabel dengan huruf 10 pt. Pada gambar, penulisan sumber diletakkan setelah judul gambar dengan jarak 1 spasi. Tulisan dalam tabel 10 pt.
  4. Tata cara penyajian kutipan, rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan dalam Pedoman Penulisan karya Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, atau mencontoh langsung tata cara penulisan yang digunakan dalam artikel yang telah dimuat. Artikel diketik dengan memperhatikan aturan tentang penggunaaan tanda baca dan ejaan yang dimuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.
  5. Perujukan atau pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan, contoh : (Agustiani, 2015:30).
  6. Segala sesuatu yang menyangkut izin pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau hal lain yang terkait HaKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penulis artikel.
  7. Semua artikel ditelaah oleh reviewer menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) artikel atas dasar rekomendasi/saran dari reviewer. Kepastian diterima tanpa revisi, diterima dengan revisi atau ditolak akan diberitahukan lewat e-mail.
  8. Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis.
  9. Artikel dikirim ke alamat email : jpmrafa@radenfatah.ac.id

 

JUDUL DITULIS DENGAN
FONT TIMES NEW ROMAN 14 CETAK TEBAL
(MAKSIMUM 12 KATA)

Penulis11), Penulis22) dst. (Tanpa Gelar Akademik)
[Font Times New Roman 12 Cetak Tebal dan Nama Tidak Boleh Disingkat]
 1Nama Perguruan Tinggi (penulis 1)
email: penulis _1@abc.ac.id
2Nama Perguruan Tinggi(penulis 2)
email: penulis _2@cde.ac.id

Abstrak [Times New Roman 12 Cetak Tebal dan Miring]
Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang berisikan isu-isu pokok, tujuan penelitian, metode/pendekatan dan hasil penelitian. Abstrak  ditulis dalam satu alenia, tidak lebih dari 150 kata. (Times New Roman 12, spasi tunggal, dan cetak miring).
Keywords: Maksimum 5 kata kunci dipisahkan dengan tanda koma. [Font Times  New Roman 11 spasi tunggal, dan cetak miring]

1.   PENDAHULUAN [Times New Roman 12 bold]
Pendahuluan mencakup latar belakang atas isu atau permasalahan serta urgensi dan rasionalisasi kegiatan (penelitian atau pengabdian). Tujuan kegiatan dan rencana pemecahan masalah disajikan dalam bagian ini. Tinjauan pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis (jika ada) dimasukkan dalam bagian ini. Bagian pendahuluan memiliki panjang 15-20% dari total halaman artikel. [Times New Roman, 12, normal].

2.   METODE PENELITIAN
Metode penelitian menjelaskan rancangan kegiatan, ruang lingkup atau objek, bahan dan alat utama, tempat, teknik pengumpulan data, definisi operasional variabel penelitian, dan teknik analisis data. [Times New Roman, 12, normal].

3.   HASIL DAN PEMBAHASAN
Bagian ini menyajikan hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan. [Times New Roman, 12, normal].

4.   SIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan. [Times New Roman, 12, normal].

5.   DAFTAR PUSTAKA
Sumber rujukan diutamakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. [Times New Roman, 12, normal].

Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.
Buku:
Anderson, D.W., Vault, V.D., & Dickson, C.E. 1999. Problems and Prospects for the  Decades Ahead: Competency Based Teacher Education. Berkeley: McCutchan Publishing Co.

Tessmer, M. 1993. Planing and Conducting Formative Evaluations. London: Kogen page.

Buku kumpulan artikel:
Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.

Artikel dalam buku kumpulan artikel:
Russel, T. 1998. An Alternative Conception: Representing Representation. Dalam P.J. Black & A. Lucas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science (hlm. 62-84). London: Routledge.

Artikel dalam jurnal atau majalah:
Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor, XX (4): 57-61.

Artikel dalam koran:
Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11.

Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama pengarang):
Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3.

Dokumen resmi:
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Buku terjemahan:
Ary, D., Jacobs, L.C., & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:
Kuncoro, T. 1996. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Malang Jurusan Bangunan, Program Studi Bangunan Gedung: Suatu Studi Berdasarkan Kebutuhan Dunia Usaha Jasa Konstruksi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP MALANG.

Makalah seminar, lokakarya, penataran:
Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin, 9-11 Agustus.

Internet (karya individual):
Hitchcock, S., Carr, L., & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html), diakses 12 Juni 1996.

Internet (artikel dalam jurnal online):
Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id), diakses 20 Januari 2000.

Internet (bahan diskusi):
Wilson, D. 20 November 1995. Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discussion List, (Online), (NETTRAIN@ubvm.cc.buffalo.edu), diakses 22 November 1995.

Internet (e-mail pribadi):
Naga, D.S. (ikip-jkt@indo.net.id). 1 Oktober 1997. Artikel untuk JIP. E-mail kepada Ali Saukah (jippsi@mlg.ywcn.or.id).

 

NB: Untuk tulisan hasil kajian memuat :
1). PENDAHULUAN, 2). PEMBAHASAN, 3). SIMPULAN, 4). DAFTAR PUSTAKA