ANALISIS JAWABAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BILANGAN BERPANGKAT PADA MATAKULIAH ASESMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Sunardi Sunardi
Keywords: konsep, penalaran, memecahkan masalah

Abstract

Masalah dalam penelitian ini bagaimana kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikam soal materi bilangan berpangkat. Penelitian ini betujuan: untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal materi bilangan berpangkat yang mengikuti mata kuliah assesmen terutama pada tugas merakit soal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah asesmen sebanyak 46 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes 6 soal esai yang dibedakan menjadi 3 kategori. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh 69,5% mahasiswa yang mampu menjawab dengan benar soal pemahaman konsep (K-I) dengan nomor 1 dan 2 atau dapat di kategorikan baik dalam memahami konsep pada materi bilangan berpangkat, tetapi masih terdapat mahasiswa belum mampu menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu pada situasi yang tepat dalam menyelesaikan soal materi bilangan berpangkat.Kemampuan penalaran (K-II) dengan nomor soal 3 dan 4 didapatkan persentase 57,5% yang dikategorikan cukup dalam menggunakan penalaran pada materi bilangan berpangkat, penyebabnya adalah mahasiswa masih salah dalam mengajukan dugaan sehingga mahasiswa pun salah dalam melakukan manipulasi matematika dan Kemampuan memecahkan masalah (K-III) dengan nomor soal 5 dan 6 didapat persentase 56,5% yang dikategorikan cukup  dalam memecahkan masalah pada materi bilangan berpangkat Saran bagi mahasiswa agar lebih bersungguh-sungguh dalam mempelajari konsep pada materi bilangan berpangkat dan diharapkan mahasiswa sering berlatih sendiri dalam menyelesaikan masalah/soal yang lebih bervariatif, seperti bentuk soal penalaran dan pemecahan masalah agar penguasaan bilangan berpangkat lebih maksimal
Published
01-02-2018