Peningkatan Hasil Belajar Materi Turunan Kelas XI SMAN 2 Palembang Melalui Penerapan Model Discovery Learning

Main Article Content

Fauzia Anisatul Farida
Suarni Suani
Zulkardi Zulkardi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melaluipenerapan model pembelajaran discovery pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XIIPS 3 SMA Negeri 2 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelasyang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu perencanaan, pelaksanaantindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XIIPS 3 SMA Negeri 2 Palembang yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilakukan dalamdua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discoverylearning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabardi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Palembang. Dari analisis data yang dilakukan dapatdisimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar.

Article Details

How to Cite
Farida, F. A., Suani, S., & Zulkardi, Z. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Materi Turunan Kelas XI SMAN 2 Palembang Melalui Penerapan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 78-85. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3252
Section
Artikel

How to Cite

Farida, F. A., Suani, S., & Zulkardi, Z. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Materi Turunan Kelas XI SMAN 2 Palembang Melalui Penerapan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 78-85. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3252

References

Hosnan, M. (2013). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mahardhikawati, E., Mardiyana, & Setiawan, R. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN
PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA
PADA MATERI TURUNAN FUNGSI DITINJAU DARI KECERDASAN LOGISMATEMATIS
SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN
AJARAN 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM)
Solusi, 1(4), 119–128.
Pratiwi, E., Hasyim, A., & Caswita. (2015). PENINGKATAN HASIL BELAJAR
MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY
DI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Jurnal
Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 3(2).
Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). PENERAPAN MODEL DISCOVERY
LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA
MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371–380.
https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.3043
Sinatra, Y. (2014). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI
METODE DISCOVERY LEARNING. Sinteks : Jurnal Teknik, 3(1).