Peningkatan Hasil Belajar Materi Turunan Kelas XI SMAN 2 Palembang Melalui Penerapan Model Discovery Learning
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui
penerapan model pembelajaran discovery pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI
IPS 3 SMA Negeri 2 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI
IPS 3 SMA Negeri 2 Palembang yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilakukan dalam
dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery
learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar
di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Palembang. Dari analisis data yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar.
Article Details
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
References
Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mahardhikawati, E., Mardiyana, & Setiawan, R. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN
PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA
PADA MATERI TURUNAN FUNGSI DITINJAU DARI KECERDASAN LOGISMATEMATIS
SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN
AJARAN 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM)
Solusi, 1(4), 119–128.
Pratiwi, E., Hasyim, A., & Caswita. (2015). PENINGKATAN HASIL BELAJAR
MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY
DI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Jurnal
Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 3(2).
Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). PENERAPAN MODEL DISCOVERY
LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA
MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371–380.
https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.3043
Sinatra, Y. (2014). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI
METODE DISCOVERY LEARNING. Sinteks : Jurnal Teknik, 3(1).