Pedoman Penulisan

Pedoman Penulisan

Sebagai bagian dari proses pengiriman, penulis diminta untuk memeriksa kepatuhan kiriman mereka dengan semua item berikut, dan kiriman dapat dikembalikan ke penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.Kiriman belum pernah diterbitkan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah diberikan di Komentar kepada Editor). File pengiriman dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect. Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.

Teksnya satu spasi; menggunakan font 12 poin; menggunakan huruf miring, bukan menggaris bawahi (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir. Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Panduan Penulis, yang dapat ditemukan di Tentang Jurnal. Jika mengirimkan ke bagian jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat, instruksi dalam Memastikan Tinjauan Buta telah diikuti.

PEDOMAN PENULIS

1. Naskah harus sepenuhnya ditulis dalam bahasa Indonesia, termasuk hasil penelitian, penelitian lapangan atau penelitian sastra dan artikel yang mencerminkan fenomena sosial-politik.

2. Artikel belum pernah dipublikasikan di media lain dan tidak mengandung unsur plagiarisme.

3. Naskah diketik menggunakan program Microsoft Word ukuran A4, sekitar 5.000-6.000 kata dalam New Times Roman ukuran 12 pts, dan spasi 1,5.

4. Sistem penulisan hasil penelitian terdiri dari: judul harus pendek, cerah, dan informatif, tetapi tidak melebihi 12 kata. Itu harus tepat dengan masalah yang dibahas. Judul artikel tidak mengandung singkatan yang tidak umum. Gagasan utama harus ditulis terlebih dahulu dan diikuti dengan penjelasannya.

Nama dan institusi penulis.

Nama penulis harus disertai dengan institusi penulis, alamat institusi, dan alamat email, tanpa gelar akademik dan jabatan.

Abstrak.

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan panjang sekitar 200-250 kata, sedangkan batasan kata kunci 3-5 kata. Abstrak dibuat dalam satu paragraf yang terdiri dari latar belakang, tujuan, metode, dan hasil atau kesimpulan penelitian.

Pengantar.

Pendahuluan harus memuat (secara singkat dan berurutan) latar belakang umum dan tinjauan pustaka (state of the art), masalah penelitian utama, pertanyaan penelitian atau hipotesis. Jika ada tinjauan pustaka harus dimasukkan dalam bab ini. Di bagian akhir pendahuluan, tujuan penulisan artikel harus disebutkan.

Metode.

Bagian metode harus menguraikan metode yang digunakan dalam mengatasi masalah termasuk metode analisis. Ini harus berisi rincian yang cukup yang memungkinkan pembaca untuk mengevaluasi kesesuaian metode serta keandalan dan validitas temuan.

Hasil dan Diskusi. Bagian ini terdiri dari hasil penelitian dan cara pembahasannya. Hasil yang diperoleh dari penelitian harus didukung dengan data yang memadai. Hasil penelitian dan penemuan harus merupakan jawaban, atau hipotesis penelitian yang dikemukakan sebelumnya pada bagian pendahuluan. Komponen berikut harus tercakup dalam diskusi: Bagaimana hasil Anda berhubungan dengan pertanyaan atau tujuan awal yang diuraikan di bagian Pendahuluan (apa/bagaimana)? Apakah Anda memberikan interpretasi secara ilmiah untuk setiap hasil atau temuan Anda yang disajikan (mengapa)? Apakah hasil Anda konsisten dengan apa yang telah dilaporkan peneliti lain (apa lagi)? Atau ada perbedaan

Kesimpulan dan rekomendasi

Pernyataan penutup harus berisi ringkasan dan rekomendasi. Ringkasan harus menunjukkan jawaban yang diberikan untuk hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan yang diperoleh. Ringkasan tidak boleh berisi pengulangan hasil dan diskusi penelitian, melainkan harus berisi ringkasan hasil dan temuan penelitian seperti yang diharapkan dalam tujuan atau hipotesis penelitian. Rekomendasi harus menyajikan hal-hal yang selanjutnya akan dilakukan terkait dengan konsep penelitian selanjutnya.

Referensi.

Literatur yang tercantum dalam Daftar Pustaka hanya memuat sumber yang dirujuk atau termasuk dalam artikel yang terdiri dari:

1. Semua referensi yang dikutip dalam teks artikel harus ditulis di bagian daftar pustaka.

2. Semua referensi harus menggunakan Aplikasi Reference Manager seperti Endnote, Mendeley, Zotero, dll.

3. Semua referensi harus bersumber dari sumber primer yang 80% terdiri dari jurnal ilmiah yang telah diterbitkan dalam 10 (sepuluh) tahun terakhir. Sisanya 20%, dapat berupa artikel jurnal atau lainnya yang relevan (Skripsi, Buku, Prosiding dan laporan penelitian).

4. Semua referensi yang disebutkan harus ditulis dalam referensi menggunakan gaya edisi keenam American Psychological Association (APA) dan disusun dari A sampai Z.

5. Periksa keakuratan setiap artikel yang dirujuk dan pastikan setiap karya yang dikutip dalam artikel ditulis dalam Referensi. Karya yang tidak dikutip tetapi disebutkan dalam Referensi akan dihilangkan oleh editor.

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:

Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.

Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.

Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama prosespengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan