Pembelajaran Audio Visual CD Interaktif Terhadap Keterampilan Menyimak

  • Uma Nenni Uma Nenni UIN Raden Intan Lampung
  • Sari Wulandari
  • Erfha Nurrahmawati
Keywords: Media Audio Visual, CD Interaktif, Keterampilan Menyimak

Abstract

Tidak disadari keterampilan menyimak tidak begitu diperhatikan oleh sekolah.Sekolah hanya terfokus kepada anak menulis dan membaca untuk bekal mereka memasuki sekolah yang lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual CD untuk anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan metode perkembangan Borg and Gall. Tahapan pengembangan meliputi lima tahapan : analisis kebutuhan, perencanaan pengembangan produk awal, pengujian terbatas, revisi hasil uji produk. Analisis kebutuhan dilkukan dalam penelitian ini untuk mengetaui apakah media pembelajaran Audio Visual CD Ineraktif layak digunakan. Dari hasil penilaian bahwa pengembangan media pembelajaran audio visual CD Interaktif  ”Sangat Layak” digunakan. Hasil penilaian Guru I sebesar 96%, penilaian Guru 2 sebesar 98%, penilaian Guru 3 sebesar 96%, penilaian Guru 4 sebesar 92%. Rata-rata seluruh penilaian Guru 95%  dari hasil penilaian bahwa pengembangan media pembelajaran audio visual CD Interaktif”Sangat Baik” digunakan.

References

Abdullah, M. H. (n.d.). (2014).Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Tema Budi Pekerti Siswa Di Sekolah Dasar Mamik Wijayanti. jurnal JPGSD. No.03.2.10
Chusnil, I. (n.d.). (2012). Pemanfaatan Media CD Interaktif dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab Kelas VIII A MTs N Kendal Tahun Ajaran 2011/2012. journal unnes. No.1.Vol.1
Hakim, M. N. (2018).PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN SISWA KELAS III MIS DARUL ULUM MUHAMMADIYAH BULUKUMBA . jurnal SILAMPARIBISA. No.1.189–204. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.79
Hartono, M., Santoso, A. G., Raya, C. L., & Yulianto, B. (n.d.). (2016). AUDIO VISUAL MEDIA COMPONENTS IN EDUCATIONAL GAME FOR ELEMENTARY STUDENTS. journal ComTech. No.4, 255–265.
Jampel, I. N., & Puspita, K. R. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI AKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGAMATI BERBANTUAN AUDIOVISUAL. International Journal of Elementary Education. No.3.197-102.
Masitha, A. D., & Maureen, I. Y. (2013). PEMANFAATAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN TEMA ALAM SEMESTA UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENYIMAK INFORMATIF ANAK KELOMPOK BERMAIN USIA 3-4 TAHUN PPT BINA BALITA. Jurnal Mahasisea Teknologi
Pendidikan.No.3.Vol.5
meriyati. (n.d.). (2018). PENGARUH PEMANFAAT MEDIA INTERAKTIF LIMBAH BEKAS TERHADAP BERFIKIR KREATIF MAHASISWA. jurnal Al-athfal. No.1.Vol.1
Ramadhani, R., & Muhtadi, A. (2018). Development of Interactive Multimedia in Learning Islamic Education. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. No.6. 9–15.
Rusilowati, T. S. A. (2012). PENGEMBANGAN MATERI AJAR MEMBACA CERITA ANAK BERMUATAN BERMUATAN NILAI-NILAI KARAKTER. Journal of Primary Education No.1 (1).
Saputra, A. (n.d.). (2017). PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN PIANIKA. jurnal Untan. No.8. 1–8.
SARAGIH, M. S. (2015). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. jurnal r (PGSD) FKIP Untan Pontianak.2-14.
Windaviv, S. (n.d.). (2014). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJARANAK DI KELOMPOK B TK PERWANIDA REJOSO NGANJUK. jurnal mahasiswa unesa. No.1. 1–6.
Yasmi, F., & Hutabri, E. (n.d.). (2017) . THE NEED OF INTERACTIVE CD MEDIA DEVELOPMENT BASED ON CHARACTER IN COURSE OF DEVELOPMENT OF PARTICIPANTS IN HIGHER EDUCATION. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. No.3. 117-118
Yusantika, F. D., & Suyitno, I. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal pendidikan. No.2. 251–258.
Published
29-09-2022
How to Cite
Uma Nenni, U. N., Wulandari, S., & Nurrahmawati, E. (2022). Pembelajaran Audio Visual CD Interaktif Terhadap Keterampilan Menyimak. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 39-50. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.11462