DAMPAK PENGASUHAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK

  • Elsa Cindrya Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Keywords: pengasuhan, sosial, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk : (1) Mendeskripsikan konsep pengasuhan yang diterapkan pada anak usia dini, (2) Mendeskripsikan dampak pengasuhan pada perkembangan anak usia dini, (3) Mendeskripsikan dampak pengasuhan terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Subjek Penelitian anak usia dini yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi deskriptif. Analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan pembuatan catatan lapangan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Bentuk pengasuhan anak yang diterapkan orang tua mayoritas menggunakan gaya didikan yang keras dan pemaksaan yaitu Incubator “Hothouse” Parenting, (2) Perkembangan sosial anak sangat dipengaruhi oleh proses perlakuan atau bimbingan orang tua terhadap anak dalam mengenalkan berbagai aspek kehidupan sosial atau norma-norma kehidupan Kata Kunci: pengasuhan, sosial, anak usia dini

References

Abdulsyani.2012. Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.
Afrizal. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Al. Tridhonanto. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Bambang Syamsul Arifin. 2015. Psikologi Sosial. Bandung: Pustaka Setia.
Basrowi. 2005. Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghia Indonesia.
Diane E Papalia. 2014. Menyelami perkembangan manusia. Salemba Humanika: Jakarta.
Didik Supriyanto, Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan Keagamaan Orangtua, Vol. III, No. 1, Maret 2015, Dosen Tetap STITINU Al Hikmah Mojokerto
E.B Surbakti. 2009. Parenting Anak-anak, Jakarta: PT. Gramedia. 2012. h. 7 Eddy Fadlyana, Shinta Larasaty. Pernikahan Usia Dini dan Permasalahannya. Sari Pediatri, Vol. 11, No. 2. Bandung: FK Universitas Padjajaran/RS Dr Hasan Sadikin.
Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan kuantitatif & kualitatif. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.
Farida Agus Setiawati, Pendidikan Moral dan Nilai-nilai Agama pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas, Paradigma, No. 02 Th. I, Juli 2006 ISSN 1907-297X. Universitas Yogyakarta.
George Boerce. 2008. Psikologi Sosial. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
George S. Morrison. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks, Jakarta.
Harlock. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta:Erlangga .
Hurlock.1980. Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.
James P. Spradley.1997. Metode Etnografi pengantar Amri Marzali penerjemah Misbah Zulfa Elizabet. Yogyakarta: Tiara Wacana.
James P. Spradley. 1980. Participant Observation. New York: Holt, Rinehart and Winston.
James P. Spradley.1979. The Ethnographic Interview. United states of Amerika: Holt, Rinehart and Winston.
James P. Spredley. 1994. Participant Observation. New York: Mc. Graw- Hill Book Company.
Jhon W Santrock. 2012. Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
John W. Santrock. 2007. perkembangan anak Jilid 1 Alih bahasa Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti. Jakarta : Erlangga.
John W. Santrock. 2007. Remaja. Jakarta: Erlangga.
K. Eileen Allen, Lynn R. Marotz. 2010. Profil Perkembangan Anak, PT Indeks, Jakarta.
Lexy J, Moleong. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Cet XXIX. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lexy J. Moleong. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Martinis yamin dkk. 2013. Panduan PAUD. Jakarta: Referensi. Gaung persada press group.
Maryaeni. 2005. Metode penelitian kebudayaan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Michele Borbara, 2010. The Big Book of Parenting Solutions, Jakarta: PT. Grafika Mardi Yuana.
Muhammad, Idrus. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Myrnawati, Crie Handini. 2012. Metodologi Penelitian Untuk Pemula. Jakarta: FIP Press.
Robert A. Baron dkk. 2013. Psikologo Sosial. Jakarta: Erlangga. 2003.
Simon J. Sebire. 2016. Examining a conceptual model of parental nurturance, parenting practices and physical activity among 5-6 year olds, Social science & Medicine.
Soerjono, soekanto. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung.
Suranto AW. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
W.A Gerungan. 2004. Psikologi social. Ban dung: PT. Refika Aditama.
Yesmil Anwar. 2013. Sosiologi Untuk Universitas. Bandung: PT. Refika Aditama.
Yudrik Jahja. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yuliani, Nurani Sujiono. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT INDEKS.
Published
18-02-2020
How to Cite
Cindrya, E. ( ). DAMPAK PENGASUHAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1-23. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v2i1.2235