PENGEMBANGAN BUKU PERCOBAAN SAINS SEDERHANA BERBASIS KARAKTER UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Qorina Widadiyah Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
Keywords: pengembangan,buku, percobaan sains sederhana, pendidikan karakter,anak usia 5-6 tahun

Abstract

Pengembangan buku percobaan sains sederhana merupakan salah satu  buku dengan guna membantu anak dalam kegiatan bermainnya. Percobaan sains anak usia 5-6 tahun ini diteliti sebagai upaya untuk membiasakan anak bekerja keras untuk memperoleh pengetahuan. Melalui buku percobaan sains ini, diharapkan dapat menembangkan karakter anak usia 5-6 tahun. Buku yang dapat mendukung proses kegiatan bermain anak ini memiliki pokok bahasan warna dan perubahannya. Tujuan dari peneltian ini adalah mengembangkan buku percobaan sains sederhana pokok bahasan warna dan perubahannya dengan objek penelitin anak usia 5-6 tahun. Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development. Hasil dari penelitian buku percobaan sains sederhana memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 90%, ahli media mencapai 95%, ahli mata pelajaran mencapai 92,5%, dan hasil uji coba lapangan mencapai 97,2%, hasil belajar  anak rata-rata nilai pre-test  61,93  dan  nilai post-test  86,5.  Pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 4, 493 ≥ 1,071 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap buku percobaan sains sederhana yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga buku percobaan sains sederhana layak digunakan dalam kegiatan bermain. Kata   Kunci:   pengembangan, buku, percobaan sains sederhana, pendidikan karakter, anak usia 5-6 tahun.

References

Amy Shillady. 2012. Resources for Technology and Young Children: New Tools and Strategies for Teachers and Learners.
Arikunto. 2003. Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Amiruddin, Zen.Statistik Pendidikan Pendidikan. Yogyakarta:Teras.
Degeng.1989. Ilmu Pengetahuan dan Taksonomi Variabel.Jakarta:
Depdikbud. DickWalter, Lou Carey. 1987. The Systematic Design of Instruction Glecview, Ilionis: Scot, Foresman and Company USA.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2014. Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia nomor 137, tahun 2014, tentang standar nasional pendidikan anak usia dini.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan pelaksanaan pendidikan karakter. Jakarta: Badan penelitian dan pengembangan pusat kurikulum dan perbukuan.
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademika Permata.
Pat Beckley. 2012. Learning in Early Chilhood. London: SAGE.
Syamsidah. 2013. Permainn Bola Estafet Sebagai Media Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. ISSN: 23012-60804.
Sukiman, dkk. 2017. Menumbuhkan Kemandirian Kepada Anak. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Published
29-06-2018
How to Cite
Widadiyah, Q. (2018). PENGEMBANGAN BUKU PERCOBAAN SAINS SEDERHANA BERBASIS KARAKTER UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 63-81. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v2i1.2236