MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR ANAK USIA DINI MELALUI METODE QUANTUM TEACHING

  • Renti Aprisyah Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia
Keywords: Menggambar, Metode Quantum Teaching

Abstract

Penelitian ini memecahkan masalah pada rendahnya kemampuan menggambar anak B1 TK Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu melalui metode Quantum Teaching, Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah anak B1 TK Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu yang berjumlah 19 orang anak. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan portofolio. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode quantum teaching dapat meningkatkan kemampuan menggambar anak. Pada siklus I rata-rata kemampuan menggambar anak adalah 53% dan pada siklus 2 rata-rata kemampuan menggambar anak meningkat menjadi 76%. Kata kunci: Menggambar, Metode Quantum Teaching

References

Armstrong, Thomas. 2005. 7 Kinds Of Smart. Jakarta: Gramedia.
Chatib, Munif. 2011. Gurunya Manusia. Bandung: Mizan Pustaka.
Chatib, Minuf. 2013. Kelasnya Manusia. Bandung: Mizan Pustaka.
Deporter, Bobbi dan Hernacki. 2011. Quantum Learning. Bandung: Kaifa. Deporter, dkk. 2011. Quantum Teaching.
Bandung: Kaifa. Gardner, Howard. 2003. Kecerdasan Majemuk Dalam Praktek. Jakarta: Interaksara.
Giesecke, dkk. 2001. Gambar Teknik. Jakarta: Erlangga.
Goble, Frank G. 1987. Mahzab Ketiga. Yogyakarta: Kanisius.
Gunawan, Adi W. 2007. Born To Be A Genius. Jakarta: Gramedia.
Halimah, Leny, dkk. 2007. Jurnal: Menumbuh Kembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa SD Melalui Metodelogi Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Tematik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia diunduh dari http://jurnal.upi.edu/pendidikan-dasar/view/78/menumbuhkembangkan -kecerdasan- majemuk-siswa-sd-melalui-penerapan-metodologi-quantum-teaching-dalam-pembelajaran-tematik-developing-multiple-intelligences-of-elementry-student-through-the- application-of-quantum-teaching- menthod-in-a-thematic-learning- .html pada tanggal 20 Desember 2013 pukul 16.13 WIB.
Hariyadi, Moh. 2009. Statistik Pendidikan Panduan Lengkap dari Design Sampai Analisis Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.
Khairiah, Icha. 2013. Skripsi: Mengembangkan Kecerdasan Visual-Spasial Melalui Bermain Konstruktif Pada Anak Usia Dini. Bengkulu: Universitas Bengkulu
Musfiroh, Tadkirotun. 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Noorlaila, Ita. 2010. Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Yogyakarta: Pinus.
Papalia, Diane E. 2009. Human Develpment. Jakarta: Salemba Humanika.
Partini. 2010. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo.
Riko. 2011. Skripsi: Penerapan Metode Quantum Learning Menggunakan Media Social Networking Website Facebook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X6 Pada Konsep Suhu Dan Kalor di SMA 1 Talang Empat Bengkulu Tengah. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Sa’ud, Udin Syaefudin. 2009. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdiknas.
Susanti, Irna. 2011. Skripi;Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Playing Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak di RA Darul Ma’arif Kab. Semarang. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo
Suyadi. 2009. Anak Yang Menakjubkan. Yogyakarta: Diva Press.
Wardhani, Igak. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wortham. 2006. Early Chilhood Curriculum Development. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Yus. Anita. 2005. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Published
29-06-2018
How to Cite
Aprisyah, R. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR ANAK USIA DINI MELALUI METODE QUANTUM TEACHING. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 82-94. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v2i1.2237