PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PAUD AL-IKHWAN PALEMBANG

  • Febriyanti febri Fabillah Universitas Islam Negeri Raden Fatah
Keywords: pengelolaan, manajemen, pendidikan anak usia dini

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap keistimewaan PAUD Al-Ikhwan, keistimewaan tersebut antara lain ada beberapa program pendidikan yang diunggulkan dan ada pula program ekstrakurikuler dari beberapa program tersebut siswa-siswi PAUD Al-Ikhwan mendapatkan prestasi dengan banyak mengikuti berbagai macam perlombaan yang ada di kota Palembang. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian dengan judul “Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al-Ikhwan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hasil pengelolaan program pendidikan anak usia dini yang mencakup planning, organizing, actuating, controling dan evaluation.Serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pengelolaan pendidikan anak usia din. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Pemeriksaan tentang keabsahan data dilakukan dengan cara trianggulasi dan dikombinasikan dengan teori yang  ada.  Teknik  analisis  data  dengan  cara  pengumpulan  data,  reduksi  data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, dalam pengelolaan program pendidikan anak usia dini di PAUD Al-Ikhwan telah menggunakan metode palnning, organizing, actuating, controling dan evaluation. Dalam mengadakan suatu kegiatan selalu dilaksanakan perencanaan terlebih dahulu dalam program pendidikan anak usia dini, setelah itu kemudian melakukan pengorganisasian atau pengelompokkan dari program-program pendididkan anak usia dini baik terkait program unggulan dan program   ekstrakurikulerserta   berkomunikasi   dengan   anggota   dan   melakukan kerjasama dengan pihak lain. Sedangkan untuk pelaksanaannya dalam pendidikan anak usia dini selalu menyisipkan materi dan praktek keagamaan diantaranya, melakukah shalat dhuha, menghafal surat pendek, menghafal doa-doa, dan menghafal asmaul husna. Sedangkan dalam pengawasan dilakukan setiap hari dengan kepala PAUD, dan jika ada suatu masalah langsung ditangani dengan sesegera mungkin. Kedua,  faktor  pendukung  internal  dalam  pengelolaan  pendidikan  anak  usia  dini adalah  adanya  model  pembelajaran  yang  bervariatif  dan  inovatif,  sarana  dan prasarana yang mendukung, pendidik atau guru yang telah memiliki kualifikasi akademik, serta adanya kerjasama antara kepala PAUD dan guru-guru. Faktor pendukung eksternal adalah adanya hubungan kerjasama atau mitra PAUD. Faktor penghambat dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini adalah adanya tekanan dari orangtua dan kurangnya perhatian orangtua. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang ada adalah, dengan menjalin komunikasi dengan orangtua peserta didik.

References

Arief, Armai. 2002. Pengenatar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta. Ciputat Pers.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Asmawati. 2002. Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Rineka Cipta.
Ahnan, Maftuh. Asy. B2012. Kumpulan Hadits Terpilih Shahih Bukhari. Surabaya. Terbit Terang.
Annur, Saipul. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Palembang. Grafika Telindo Pers.
Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.
Departemen Agama RI. 1983-1984. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta. Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an.
Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta. Rajawali Pers.
Depdikbud. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta PT. Balai Pustaka. Depdikbud. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Rineka Cipta.
Latif, Mukhtar. Dkk. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta. Kencana Prenamedia.
Mulyasa. H.E. 2014. Manajemen PAUD. Bandung. Remaja Rosdakarya. Mulyasa. H.E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Moleong .J Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. PT. Rineka Cipta. Nasution. 1996. Metodologi Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung. Tarsito.
Sudjana. Nana. 1995. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Sekolah. Bandung. Sinar Baru Al-Gasindo.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian, Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung. CV. Alfabeta.
Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetansi dan Praktiknya. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Susilo, Setiadi. 2016. Pedoman Akreditasi PAUD. Jakarta. Bee Media Pustaka.
Susilo, Setiadi. 2016. Pedoman Penyelenggaraan PAUD. Jakarta. Bee Media Pustaka.
Sabiq. Sayyid. 1994. Islamuna. Terj. Zainuddin, dkk. Islam di Pandang Dari Segi
Rohani, Moral, Sosial. Jakarta. Rineka Cipta. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003.
Yahya Kusbudiah, “Pengelolaan Pembelajaran di RA/TK/PAUD Sebagai Upaya Mengoptimalkan Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini” http://bdkbandung.kemenag.go.id./jurnal/276 (16 Mei 2016)
Published
25-06-2019
How to Cite
Fabillah, F. (2019). PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PAUD AL-IKHWAN PALEMBANG. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 45 - 65. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3165