Konsep Dasar Butir Instrumen Penilaian Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini

  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Akreditasi, Instrument Penilaian, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui konsep dasar dari tiap butir yang terdapat dalam Instrument Penilaian Akreditasi (IPA) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tulisan ini merupakan hasil penelusuran dari berbagai sumber terpercaya atau dapat disebut sebagai studi pustaka. Data-data yang didigunakan dalam penelitian ini ialah data data yang berupa karya-karya ilmiah tertulis seperti jurnal, artikel, buku dan karya tertulis lainnya. Fokus tulisan ini memuat dasar konseptual tiap butir penilaian yang kehadirannya dalam mengukur performa satuan PAUD yang digunakan assessor pada saat visitasi. Butir tersebut terdiri dari delapan standar: (1) Standar pencapaian perkembangan anak; (2) Standar isi; (3) Standar proses; (4) Standar kompetensi pendidik; (5) Standar sarana dan prasarana; (6) Standar pengelolaan; (7) Standar pembiayaan; (8) Standar penilaian pendidikan. Analisis yang digunakan berupa analisis deskriptif, sehingga membatasi kegiatan hanya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan tanpa memerlukan riset lapangan. Hasil penelusuran pustaka menunjukkan bahwa setiap butir yang ada dalam instrument penilaian akreditasi PAUD telah sesuai dengan dasar teori yang ada.

References

Agustiningsih, R. (2015). Implementasi Prinsip-Prinsip Penilaian Dalam Evaluasi Pembelajaran Di TK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Danim, S. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Damayanti, E., Nurhasanah, Nurafia, Kamal, E.E. (2019). Deteksi Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia 2-3 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Nanaeke, Volume 2 Nomor 1 Tahun 2019: 10-24.
Fadlillah, M., Filasofa, L.M.K., Akbar, E., Fauziyah, S., & Wantini. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan. Jakarta: Kencana.
Hartati, S. (2017). Pengembangan Model Asesmen Perkembangan Anak Taman Kanak-Kanak Di DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan Usia Dini (JPUD). Volume 11 Nomor 1 Tahun 2017.
Hartati, S. (2017). Penyelenggaraan Program PAUD (Studi Evaluatif Di Pos PAUD Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta). Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS, Vol 12 No 2 Tahun 2017.
Indrawan, I. (2015). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Iswantiningtyas, V., dan Wulansari, W. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceeding of The ICECRS, Vol 1 No 3 Tahun 2018.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Kurniasih, I. & Sani, B. (2015). Pendidikan Karakter: Internalisasi dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Jakarta: Kata Pena.
Kurniawan, N. (2017). Pengaruh Standar Sarana dan Prasarana Terhadap Efektifitas Pembelajaran Di TK Al-Firdaus. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, Vol 2 No 2 Tahun 2017.
Lukitasari, F. (2017). Implementasi Kurikulum Pendidikan Berbasis Budaya dalam Pengembangan Karakter Anak Di TK Pedagogia. Jurnal Kebijakan Pendidikan, Edisi 5 Vol VI Tahun 2017.
Masganti, S. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Jilid 1. Jakarta: Perdana Publishing.
Muflihin, M.H. (2015). Administrasi Pendidikan. Klaten: Gema Nusa.
Mulyasa. (2012). Manajemen Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Santrock, J. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudono, A., Tangyong, A.F., Vijaya, E.S., Hadis, F.A., Pangemanan, F., Moeslim, M., Akrab, S., & Padmonodewo, S. (2009). Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.
Suryana D., (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Suyadi. (2017). Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Tiyani, N.L.P. (2017). Potensi Dukungan Budaya Lokal dalam Pembelajaran Kurikulum 2013: Kasus Muatan Sikap pada Tema Berbagai Pekerjaan. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 1 Nomor 3 Tahun 2017.
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.
Zaenab, S. (2015). Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing (Pengantar Manajemen Pendidikan, Praktik, Teori, dan Aplikasi). Yogyakarta: Deepublish.
Zahro, F, I. (2015). Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PG PAUD STKIP Siliwangi. Volume 1 Nomor 1 Tahun 2015
Published
02-06-2020
How to Cite
Damayanti, E. ( ). Konsep Dasar Butir Instrumen Penilaian Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 134 - 138. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v3i2.4495