Pengembangan Media Pop-Up Book pada Guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan

  • Syamsuardi Saodi Universitas Negeri Makassar
  • Hajerah Hajerah Universitas Negeri Makassar
  • Nur Alim Amri Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: media pembelajaran, pop-up book, kompetensi guru

Abstract

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi anak sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajarnya. Kegiatan ini didasarkan pada hasil studi pendahuluan terhadap guru taman kanak-kanak di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros dengan cara interview dan observasi, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan guru-guru terhadap teori dan praktek pengembangan media pembelajaran pop-up book. Hasil interview dan observasi tersebut ditemukan bahwa guru belum memiliki pengetahuan, cara mengembangkan,  dan menerapkan proses pembelajaran dengan menggunakan media pop-up book di kelas. Hasil yang diperoleh dari kemampuan guru telah diberikan perlakuan adalah guru sudah mengetahui bentuk-bentuk media pop-up book, mengembangkan dan menggunakannya dalam proses pembelajaran. Antusiasme guru saat pemberian perlakuan sangat tinggi baik dan memberikan respon yang sangat baik.

References

DAFTAR PUSTAKA
Asmawati, Luluk. 2014. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Conrado, 2014. "Multi-style Paper Pop-up Designs from 3D Models”. International Journal of Eurographics, 33(2).
Fadillah, M. 2017. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Satori D, dkk. 2010. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nugraha, S Rizki. 2016. Media Pembelajaran buku pop up. Online. http://www.tintapendidikanindonesia.com/2016/07/media-pembelajaran-buku-pop-up.html?m=1. Diakses tanggal 6 Desember 2018.
Rohani, Ahmad. 1997. Media Instrutional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Sri Adelia & Azzah Ulya. 2017. The Development of Pop-up Book on the Role of Buffer in the Living Body: European Journal of Social Sciences Education and Research, 4, 213-221.
S.B.Tor & Y.T.Lee. (2004). A Study on the Boundary Conditions of 90° Paper Pop-up Structures di https://www.researchgate.net/publication/37595253 (di akses 29 Desember 2018).
Peraturan Menteri Pendidikan Anak Usia Dini No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini berkaitan dengan kompetensi pendidik.
Van Dyk, Stephen., Cooper-Hewitt, National Design Museum Library. 2011. Paper Engineering .http://www.sil.si.edu/. diunduh pada tanggal 22 Desember 2018.
Published
02-06-2020
How to Cite
Saodi, S., Hajerah, H., & Amri, N. ( ). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 149 - 157. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v3i2.4566