Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Iklim di MA PP Al-Ikhlas Ujung Bone

Main Article Content

Irfan Paizal
Arifuddin Siraj
Sitti Mania

Abstract

This research strive to present relationship of leadership style of headmaster  with madrasah climate. This research aims to: 1) describe the reality of leadership style of headmaster; 2) describe the reality madrasah climate; and 3) examine the correlation between leadership style of headmaster and madrasah climate at MA PP Al-Ikhlas Ujung Bone. This research is a quantitative by ex post facto method. Instrument used is a questionarre than analyzed by using product moment correlation. This research indicate that: 1) leadership style of headmaster including the good category with percentage of 82,25%; 2) madrasah climate including the high category with percentage of 80,5%; and 3) the correlation between leadership style of headmaster and madrasah climate indicate a positive correlation with correlation coefficient value at 0,643.

Article Details

How to Cite
Paizal, I., Siraj, A., & Mania, S. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Iklim di MA PP Al-Ikhlas Ujung Bone. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 6(2), 17-34. https://doi.org/10.19109/elidare.v6i2.5939
Section
Artikel
Author Biography

Irfan Paizal, Pascasarjana UIN Alauddin Makassar

DAFTAR RIWAYAT HIDUP Nama                                       : Irfanpaizal Tempat/tanggal lahir            : Kampoti, 01 Juli 1994 Jenis kelamin                          : Pria Status                                      : Belum Menikah Agama                                     : Islam Kewarganegaraan                : Indonesia Alamat                                    : Desa Kampoti Kec. Dua Bocco’e Kab. Bone No Hp                                     :085256469397 Email@                                   :irfanpaizal@gmail.com Ayah                                       : H. Jahil Dg. Mappuji Ibu                                           :Hj. Hasimi (Almarhumah) Anak ke                                  : 12 dari 12 bersaudara Riwayat Pendidikan Formal SDN 89 Kampoti Tahun 2007 MTs As’adiyah Uloe yang sekarang (MTs Negeri 5) Tahun 2010 Madrasah Aliyah (MA) Al-Kahfiyah Cabbeng Tahun 2013 STAIN Watampone yang sekarang (IAIN BONE) Tahun 2017 Pascasarjana UIN Alauddin Makassar Tahun 2019 Riwayat Pendidikan Non Formal Prima Education Centre (PEC) Watampone Tahun 2015 Pengalaman Oganisasi PMII Komisariat STAIN Watampone/IAIN BONE Tahun 2013 (Ekstra Kurikuler) Musyawarah Himpunan Mahasiswa Jurusan Tarbiyah (M-HMJ TARBIYAH ) Tahun 2013(Intra Kurikuler) Musyawarah Senat Mahasiswa (MUSEMA) Tahun 2014(Intra Kurikuler) Riwayat Pekerjaan Panitia Pemungutan Suara (PPS Desa Kampoti) Penyelenggara Pilkada (KPU Bone) Tahun 2018 Panitia Pemungutan Suara (PPS Desa Kampoti) Penyelenggara Pilpres, dan Pileg (KPU Bone) Tahun 2019

How to Cite

Paizal, I., Siraj, A., & Mania, S. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Iklim di MA PP Al-Ikhlas Ujung Bone. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 6(2), 17-34. https://doi.org/10.19109/elidare.v6i2.5939

References

Daryanto. 2015. Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Edianto. 2017. “Hubungan antara Manajemen Kepala Madrasah dan Iklim Madrasah dengan Efektivitas Kinerja Guru di SD Negeri Bontokamase Kec. Somba Opu Kab. Gowa”, Tesis. Makassar: Pascasarjana UIN Alauddin.
Ichsan, Fauqa Nuri. 2014. “Pengaruh Iklim Organisasi dan Etos Kerja terhadap Kinerja Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri di Propinsi Sumatera Barat”, Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 2. no. 1. https:// Journal.unj. ac.id./unj/index.php/ jmp/article/ view/2453/ 1883 html. (04 November 2018).
Mania, Sitti. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Makassar: Alauddin University Press.
Masaong, Abdul Kadim dan Arfan A. Tilome. 2011. Kepemimpinan Berbasis Multiple Interlligence: Strategi Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa, E. 2014. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
-------. 2015. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasana, Dedi. 2012. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nofrina, dan Bustari Muchtar. 2015. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Pasaman Kabupaten
Pasama Barat”, Jurnal Riset Manajemen Bisnis Dan Publik, vol. 3 no. 2. http://scoler.google.co.id/scoler?hl=id&as_sdt. (Diakses 05 april 2019).
Ruliana, Poppy. 2016. Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Raja Grafindo Pers.
Shihab, M. Quraish. 2009. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Supardi. 2013. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta: Kencana.
Yulk, Gary. 2015. Kepemimpinan dalam Organisasi, Edisi Ketujuh Seri Bahasa Indonesia. Jakarta: Indeks.